Blogger Kontroversial Indonesia

Kisah Berani 4 Blogger Kontroversial Indonesia dalam Melawan Tabu

Setiap peradaban pasti memiliki budaya. Dari beragam budaya yang ada, kita selalu bisa menemukan adanya norma-norma adat yang dianut masyarakatnya, termasuk yang mengatur tentang tabu. Soal ini, tidak dapat dipungkiri bahwa mayoritas rakyat Indonesia masih memiliki keyakinan yang kuat terhadap tabu. Sebagai negara ketimuran, Indonesia masih memiliki kepekaan yang kuat terhadap pantangan-pantangan yang diwariskan oleh para leluhur mereka dari zaman dulu kala.

Meskipun berbagai budaya tabu masih menjadi ciri khas tersendiri dalam budaya Indonesia, kini, banyak pantangan tersebut yang mulai dianggap tidak masuk akal. Hal tersebut sebenarnya juga dipengaruhi oleh perkembangan zaman. Globalisasi mulai meleburkan budaya lokal dengan budaya luar, sehingga cara kita memandang beberapa hal yang sudah lama ada mulai berubah. Hal serupa juga tidak lepas dialami oleh para blogger Indonesia.

Saat ini, ada beberapa blogger Indonesia yang dianggap “berani” dalam mengungkapkan pendapatnya, termasuk dalam melawan tabu-tabu tersebut. Beberapa dari blogger tersebut bahkan sudah ada yang terkenal karena konten tabunya, lho! Walaupun begitu, masih banyak saja pihak yang mengecam blogger-blogger ini, sehingga kerap menuai kontroversi.

Siapa saja, sih, mereka? Biar kamu tidak penasaran lagi, yuk langsung simak 4 blogger kontroversial Indonesia yang dianggap berani melawan tabu!

1. Pandji Pragiwaksono

Pandji

Siapa yang tidak mengenal Pandji? Sosok kontroversial ini dikenal dengan kiprahnya di dunia stand-up comedy. Meskipun lebih dikenal sebagai komedian, Pandji ternyata mengawali kariernya sebagai penyiar radio di Hard Rock FM Bandung pada tahun 2001. Pandji baru merambah ranah komedi pada tahun 2010, hingga akhirnya menjadi pencetus acara Stand-Up Comedy Indonesia di Kompas TV.

Namun, selain menjadi stand-up comedian, Pandji juga diketahui mengelola blognya sendiri. Dalam blognya Pandji.com, Pandji banyak menulis kritikan-kritikan sosial dan politik yang pedas dan menyentil beberapa kalangan masyarakat. Tidak sedikit hujatan dari masyarakat yang diterimanya. Gaya penulisan dan topik yang edgy inilah yang membuat Pandji termasuk ke dalam salah satu blogger yang berani melanggar tabu.

2. Mariska Lubis

Mariska

Sosok yang satu ini mungkin kurang dikenal oleh generasi millenial saat ini. Tetapi beberapa tahun lalu, Mariska Lubis merupakan salah satu tokoh yang kontroversial di dunia maya. Blogger ini mengawali kariernya sebagai penulis di Kompasiana. Semenjak di menerbitkan tulisannya di Kompasiana, tulisan-tulisan Mariska memang sudah memiliki arah yang mengundang kontroversi. Mariska dikenal suka menulis topik seputar seks.

Saking kontroversialnya, pada September 2009, admin Kompasiana sampai menurunkan posting-an yang berjudul “Kompasiana Perlu Mariska-Mariska Berikutnya”. Hal ini dikarenakan admin Kompasiana merasa bahwa posting-an Mariska kurang tepat untuk di post di Kompasiana, dan lebih cocok untuk di post di blog lain.

Tetapi hal tersebut tidak mengurungkan semangat Mariska untuk menulis seputar topik yang dirasanya perlu untuk dibicarakan secara terbuka. Hal ini dibuktikan dengan diterbitkannya buku perdana karya Mariska yang berjudul “Wahai Pemimpin Bangsa!!! Belajar dari Seks, Dong!!!” pada tahun 2010. Jika kamu ingin baca-baca tulisan karya Mariska yang lainnya, kamu bisa kunjungi asamariska’s blog dan Bilik ML.

Baca juga: 3 Artikel Blog yang Bikin Heboh Netizen

3. Indonesian-Atheists.org

Indonesia-Atheist

Indonesian-Atheists.org merupakan sebuah blog yang digunakan sebagai wadah untuk para penganut Ateisme di Indonesia. Awal kiprah blog ini dimulai semenjak masih berbentuk grup Facebook pada tahun 2008, yang mana saat ini telah memiliki lebih dari 700 anggota. Indonesian-Atheists.org juga memiliki afiliasi dengan Atheist Alliance International.
Di Indonesia, Ateisme sendiri masih menghadapi stigma sosial yang cukup serius. Pada tahun 2012, seorang mantan pegawai negeri asal Padang bernama Alexander Aan dipolisikan lantaran mengunggah posting-an kontroversial yang mempertanyakan Tuhan. Akibat dibuatnya postingan ini, Alexander terpaksa menjalani hukuman penjara selama 2 tahun. Tidak cukup itu, Alexander pun sempat dipukuli oleh sekumpulan orang yang merasa tersinggung dengan postingan tersebut.

4. Ernest Prakasa

Ernest

Sama halnya dengan Pandji, Ernest Prakasa juga dikenal sebagai komedian stand-up. Komedian kelahiran tahun 1982 ini mengawali kariernya di kancah musik. Tetapi setelah enam tahum berkutat di dunia musik, Ernest akhirnya menapakkan kakinya di ranah stand-up comedy. Ernest diangkat sebagai Ketua pertama komunitas “Stand-Up Indo” yang dicetuskannya bersama dengan Pandji Pragiwaksono, Raditya Dika, dan komedian stand-up lainnya.

Dalam penampilannya di panggung stand-up maupun tulisannya di kedua blognya (@ERNESTPRAKASA dan @ComicKomatKamit), Ernest sering membuat konten yang kerap kali dianggap menyinggung perasaan. Seperti sebutan grup etnis tertentu yang selama ini dianggap tabu untuk dikatakan. Isu-isu sosial yang biasanya dapat mengundang konflik sosial pun kerap kali menjadi langganan Ernest.

Baca juga: Belajar Menjadi Social Blogpreneur bersama Ani Berta


Itulah tadi beberapa blogger yang dianggap berani melawan tabu. Bebasnya media blog dari konsekuensi sosial, menjadi alasan banyaknya blogger dan tokoh media sosial lain yang kerap kali mengundang kontroversi dalam posting-annya. Tidak jarang, kontroversi yang mereka ciptakan juga berakhir ke pengadilan.

Meski demikian, keberanian mereka juga kerap kali mengundang support dari masyarakat. Sehingga hal ini memacu mereka untuk tetap menyuarakan pendapatnya meskipun banyak yang akan tidak setuju dengan mereka.

Kisah para blogger diatas dapat menjadi inspirasi kamu untuk mengekspresikan diri kamu dengan lebih bebas. Tetapi kebebasan juga punya konsekuensi, jadi kamu harus lebih bijak dalam memilih apa yang mau kamu bagikan di dunia maya.

Sumber: PinsDaddy, The Jakarta Post, Kompasiana, Jakarta Informer, Indonesian Atheist.


Jangan lupa untuk cek dan ikuti Lomba Blog Hujan Duit untuk mendapatkan saweran duit asli!

Related Posts

Site Menu