Reputasi Bisnis

5 Cara untuk Bangun dan Tingkatkan Reputasi Bisnis Barumu secara Digital

Di era kreatif masa kini, pertumbuhan bisnis yang inovatif semakin tak terkekang. Hal ini tentu berkontribusi pada semakin ketatnya persaingan antarusaha yang telah lahir dan beroperasi. Karenanya, kamu membutuhkan reputasi bisnis yang baik agar usahamu tidak kalah saing.

Sebenarnya, kamu bisa menempuh banyak cara untuk membangun dan meningkatkan reputasi bisnismu. Namun, sebagai blogger, kelebihan apa yang kamu punya untuk mewujudkannya? Tentu dengan kemelekan digitalmu!

Jadi, langkah-langkah digital seperti apa saja yang bisa kamu lakukan secara digital untuk meningkatkan reputasi bisnis milikmu? Simak beberapa di antaranya dalam pemaparan berikut:

1. Bangunlah Website yang Terpercaya

Reputasi Bisnis

Di era digital ini, banyak sekali bentuk interaksi dan kegiatan yang dilakukan secara online. Alih-alih membangun citra brand melalui presentasi tatap muka, sekarang sudah banyak perusahaan yang menyuguhkan company profile mereka melalui situs yang dimiliki.

Cara serupa juga bisa kamu manfaatkan. Toh, UMKM-UMKM saja juga sudah menerapkan cara ini. Pasalnya, di era ini, orang-orang cenderung mencari informasi menggunakan internet. Ketika seseorang ingin mencari tahu tentang sesuatu, biasanya yang akan dicari pertama kali adalah website-nya.

Oleh karena itu, kamu perlu membangun website yang meyakinkan atas bisnis yang kamu jalankan. Sebab, jika website yang kamu miliki saja tampak meragukan, bagaimana orang-orang bisa tergiur dengan produk/jasa yang kamu tawarkan? Sebaliknya, jika website yang kamu bangun nampak terpercaya, usaha yang kamu jalankan pun akan tampak lebih kredibel juga.

2. Aktif di Media Sosial

Reputasi Bisnis

Kehadiran yang solid melalui berbagai media sosial penting untuk menumbuhkan reputasi bisnis yang kamu miliki. Pasalnya, sebagian besar masyarakat modern kita pasti meluangkan sebagian waktunya untuk berselancar di akun-akun media sosial mereka untuk mendapatkan update-update terbaru.

Dengan menguatkan kehadiranmu melalui media sosial, kesempatanmu untuk lebih terekspos akan lebih terbuka. Ketika brand-mu sudah mulai dikenal dandiingat oleh para pengguna media sosial lain, postingan-postingan yang berisi pembangunan citra bisnismu pun juga pasti akan lebih diperhatikan oleh orang-orang. Dengan begitu, reputasi bisnsimu pun akan terbangun secara perlahan.

3. Kembangkan Identitas Brand-mu

Reputasi Bisnis

Mengembangkan identitas brand merupakan salah satu tahap yang paling penting untuk mendapatkan ‘nama’ bagi usahamu. Sebab, apapun informasi yang melekat pada suatu brand akan dijadikan tolak ukur penilaian orang-orang akan brand tersebut. Karena itu, kamu perlu membangun identitas positif atas brand yang kamu miliki, supaya orang-orang tidak segan untuk menjadikannya sebagai pilihan utama mereka. Ini merupakan bagian dari proses brand marketing yang perlu kamu jalani.

Nah, salah satu cara yang bisa kamu tempuh untuk mengembangkan identitas brand-mu adalah dengan menyebarkannya melalui platform-platform digital, seperti blog, website, ataupun media sosial. Namun perlu diingat, apapun informasi yang kamu taruh secara online mengenai usahamu akan mempengaruhi reputasi bisnis milikmu. Jadi, berhati-hatilah dan usahakan untuk selalu cermat dalam menaruh dan menyebarkan informasi seputar bisnismu.

4. Melakukan Online Networking

Reputasi Bisnis

Kehadiran online itu memang penting dalam menjalankan usaha di masa kini. Namun, itu saja tidaklah cukup. Di samping membangun online presence, kamu juga perlu melakukan networking. Membangun relasi dengan calon kostumer ataupun mitra usaha sangat diperlukan untuk mengembangkan usahamu.

Selain bisa menjadi pangsa pasar yang mendatangkan keuntungan langsung, jaringan yang kamu bangun ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membangun nilai tambah dalam proses bisnismu. Mumpung kamu melek digital, cobalah untuk melakukan proses ini secara online pula. Dengan begitu, kamu jadi bisa mengeliminasi faktor-faktor penghambat seperti jarak yang jauh dan lain sebagainya.

Karena itu, manfaatkanlah platform-platform digital yang bisa memudahkan interaksi sosialmu dengan mudah untuk membangun jaringan bisnis yang kuat secara perlahan. Jika kamu berhasil membangun network yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu, kamupun jadi bisa menuai keuntungan eksponensial dari jaringan ini.

5. Gencarkan Public Relation-mu

Reputasi Bisnis

Persaingan bisnis yang ketat dewasa ini menuntut setiap usaha untuk menggencarkan strategi pemasaran mereka, begitu pula dengan bisnis yang kamu jalankan. Nah, public relation (PR) merupakan salah satu teknik pemasaran yang kini dipercayai sangat efektif untuk meningkatkan business sales. Sebab, PR sendiri berhubungan dengan pembangunan citra bisnismu; apa yang kamu sampaikan kepada konsumen/klien melalui PR merupakan salah satu faktor yang membentuk reputasi bisnis milikmu.

Bagaimana tidak? Melalui PR, kamu menyampaikan apa yang menjadi keunggulan bisnismu pada klien. Melalui PR, kepercayaan dan kesetiaan konsumen bisa terbangun. Melalui PR, kamu juga bisa memasarkan bisnismu secara lebih efektif dibandingkan dengan iklan. Jika kamu bisa menggencarkan teknik pemasaran ini dengan tetap stay true to your brand setiap melakukannya, niscaya reputasi bisnis yang solid bisa kamu bangun dengan lebih mantap.


Itu dia beberapa trik digital yang bisa kamu lancarkan untuk meningkatkan reputasi bisnis yang kamu jalankan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pengembangan bisnismu, ya.

Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi kini telah menyentuh seluk-beluk kehidupan kita. Karenanya, akan lebih baik jika kamu bisa memanfaatkan keterampilan digitalmu untuk menunjang kesuksesan bisnismu, bukan? Oleh karena itu, teruslah gali trik-trik digital modern yang bisa kamu gunakan untuk memajukan bisnismu.

Sumber: momspresso, seafoodnet, Seek Visibility, baligen, inesem, Olloo.

Related Posts

Site Menu