Off-Page SEO

5 Trik Off-Page SEO untuk Pengembangan Blogmu

Blogger yang ideal bukan hanya seorang blogger yang lihai menulis artikel, namun juga tahu bagaimana ia harus memasarkan tulisannya agar bisa dibaca banyak orang. Salah satu metode pemasaran blog yang paling membuahkan hasil adalah Off-page SEO.

Tujuan SEO sendiri adalah meningkatkan traffic dan page rank dari blogmu. Sehubungan dengan ini, Off-page SEO adalah aktivitas di luar blogging yang juga berdampak positif pada SEO dan performa blogmu secara keseluruhan. Jadi sebenarnya, proses mengembangkan SEO blog enggak melulu harus berkutat dari sisi internal blog itu saja.

Agar lebih jelas, yuk simak 5 trik Off-page SEO yang mudah untuk kamu terapkan:

1. Buat Konten yang Shareable

Sebagai blogger, kamu tentu sudah familiar dengan kalimat “Content is King”. Memang begitulah adanya. Sebelum kamu sibuk mengaplikasikan berbagai trik untuk perkembangan blogmu, pastikan kamu sudah memiliki konten yang berkualitas dan shareable.

Apa sih konten yang shareable itu? Konten shareable adalah konten yang dianggap informatif, menghibur, atau bermanfaat, sehingga pembaca merasa wajib untuk membagikan artikel tersebut ke orang-orang terdekatnya. Itulah sebabnya, kualitas menjadi kunci utama. Jika artikel yang kamu tulis enggak memiliki value positif apapun, pembaca enggak akan terdorong untuk membagikan artikelmu.

2. Libatkan Influencer Lain

Enggak bisa disangkal, hari ini social media influencer memegang peranan yang sangat penting dalam ranah media digital. Itulah sebabnya, kamu harus belajar menjalin relasi dengan mereka. Kamu jadi bisa belajar bagaimana mereka mengolah konten, dan bagaimana memasarkannya agar bisa diterima banyak orang.

Sebagai langkah awal, kamu bisa mention atau tag beberapa influencer yang relevan dengan isi artikelmu. Nantinya mereka akan tertarik untuk membacanya, dan jika ia merasa artikelmu oke, ia pun akan dengan senang hati membagikannya ke followers-nya.

Langkah ini enggak akan berjalan jika sejak awal kamu menulis artikelmu dengan sembarangan. Selain itu, banyak blogger yang malu atau gengsi untuk mention atau tag influencers lainnya. Jangan sampai kamu terjebak dalam mindset yang keliru itu. Enggak perlu merasa gengsi dalam mengusahakan peluang kolaborasi yang positif.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Domain Authority dan Page Authority

3. Sebarkan lewat Komunitas Online

Salah satu perkembangan teknologi yang perlu kamu manfaatkan adalah semakin banyaknya online platform yang memfasilitasi komunitas untuk saling berbagi dan berdiskusi. Contohnya adalah grup di Facebook, WhatsApp, hingga forum online seperti Kaskus. Inilah yang harus bisa kamu manfaatkan dengan cerdas.

Bergabunglah dengan komunitas-komunitas tersebut dan aktiflah berkomunikasi di sana. Jangan lupa sebarkan artikelmu di sana dan ajak mereka membahas topik yang kamu ulas, sehingga bisa terjalin diskusi yang konstruktif. Selain bisa menambah insight untukmu menulis kedepannya, aktivitas ini juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki engagement rate-mu.

4. Berpartisipasi di Platform Tanya Jawab

Selian komunitas, ada juga beberapa situs yang menyediakan platform tanya jawab, yang marak digunakan adalah Quora. Di sana, orang saling berdiskusi dan berbagi referensi. Kamu bisa terlibat dengan mereka seraya menyertakan link artikelmu sebagai sumber referensi.

Selain untuk meningkatkan traffic, cara ini juga ideal untuk membangun kredibilitas blogmu. Karena akan banyak yang mengunjungi blogmu karena mereka membutuhkan sumber referensi. Tentu saja itu harus diimbangi dengan konten yang informatif. Kalau enggak, bisa jadi orang malah akan kapok berkunjung ke blogmu karena enggak merasa mendapat wawasan.

5. Manfaatkan Content Agregator

Konsep content agregator mungkin belum familiar untuk kebanyakan blogger di Indonesia. Padahal, kini sudah ada beberapa content agregator yang bisa bermanfaat untuk blogger, salah satunya adalah C2live.

Content agregator adalah layanan yang bisa membantumu mendapat eksposur yang lebih luas. Nantinya content agregator akan merilis ulang hasil tulisanmu, sambil tetap mencantumkan nama penulis serta sumber tulisan dalam rupa backlink. Dengan begitu, nantinya pembaca yang tertarik bisa langsung berkunjung ke blogmu untuk membaca artikel lainnya.

Selain itu, semakin sering kamu memanfaatkan content agregator, itu artinya semakin banyak juga backlink yang akan kamu dapat. Hal ini tentu merupakan hal penting bagi SEO blogmu.


Banyak yang sudah terlanjur berpikiran SEO itu hal yang ribet dan membingungkan, padahal SEO enggak selamanya ribet. Di atas adalah 5 contoh trik Off-page SEO yang bisa dengan mudah kamu terapkan. Jika kamu disiplin menjalankannya, dalam waktu singkat blogmu akan mendapatkan pertumbuhan yang cukup signifikan.

Jadi, jangan keburu alergi kalau mendengar istilah SEO. Pelan-pelan pelajari beberapa triknya, dan mulai membiasakan diri untuk menerapkannya secara rutin. Dengan begitu, keinginanmu untuk meraih ratusan ribu pembaca dalam sebulan bukanlah mimpi belaka.

Sumber gambar: Digbait, DotWriter, TSMM, Adobe, Derakhti, Elegant Themes.

Related Posts

Site Menu