Link Berkualitas

Lakukan 4 Hal Ini Agar Konten Kerenmu Makin Banyak Menarik External Link

Merasa kontenmu sudah cukup keren dan bermanfaat, tapi halamanmu tak kunjung mendapatkan link berkualitas sebagai rujukan dari situs lain? Itu tandanya, kamu perlu mengerahkan upaya lebih untuk menarik perhatian orang-orang supaya mereka mau menjadikan kontenmu sebagai referensi.

Mengirim e-mail permohonan adalah salah satu upaya yang paling umum dilakukan untuk mendapatkan external link. Permasalahannya, bagaimana cara menarik perhatian seseorang untuk membantu mempromosikan kontenmu ketika ada banyak blogger lain di luar sana yang juga melakukan hal sama?

Mungkin, kamu tidak akan mendapatkan hasil yang instan. Namun demikian, kamu bisa coba beberapa cara berikut untuk membuat kontenmu lebih stand out agar memiliki potensi lebih besar untuk mendapatkan backlink.

Perbaiki isi kontenmu

Link Berkualitas

Konten merupakan hal utama yang akan dipertimbangkan pihak lain ketika ingin memberikan backlink. Tentunya, konten yang rapi dan berkualitas akan lebih menarik untuk dibagikan ketimbang konten yang biasa saja. Akan tetapi, konten yang kamu rasa sudah baik, belum tentu dirasa cukup bermanfaat bagi orang lain.

Bisa jadi, topik yang kamu bahas sudah banyak diulas oleh situs-situs lain. Dalam kasus ini cobalah untuk menjadikan kontenmu terkesan lebih unik dengan membahas sudut pandang berbeda dari ulasan yang sudah ada. Jadi, kontenmu masih akan dirasa memiliki manfaat unik yang layak untuk dijadikan referensi lainnya.

Atau, bisa juga penyampaian yang kamu gunakan kurang sesuai dengan karakteristik pembacamu. Memiliki konten dengan tone yang tepat akan sangat membantu untuk menarik minat pembaca. Sekalinya mereka merasa cocok dan terkesan, akan lebih mungkin bagi para pembacamu untuk memberikan backlink terhadap konten yang kamu sebar.

Incar prospek terhadap situs yang cocok denganmu

Link Berkualitas

Bagi kamu yang sudah pernah mengupayakan link building, mungkin kamu pernah merasakan bahwa mendapat backlink yang berkualitas tidak semudah apa yang didengar. Bisa jadi, itu disebabkan karena kamu melakukan upaya prospecting yang kurang tepat

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan bahwa situs targetmu memiliki reputasi/rank yang baik. Membuat kontenmu tersebar secara luas di mana-mana memang terkesan menggiurkan. Namun, belum tentu semua situs tersebut bisa memberikan backlink yang bermanfaat bagimu. Bisa jadi, kamu malah mendapat backlink yang menurunkan performa blogmu dari situs yang tidak jelas.

Selain itu, relevansi situs target dengan situs blog yang kamu miliki juga penting untuk memastikan bahwa kontenmu akan digemari dan lebih banyak dibagikan lagi. Karenanya, pastikanlah kamu memprospek situs yang pembacanya memiliki ketertarikan terhadap topik-topik yang kamu ulas.

Poles kembali cara pendekatan yang kamu lakukan

Link Berkualitas

Ada berbagai macam cara dalam mengupayakan agar kontenmu bisa mendapat link berkualitas dari situs lain. Mari kita gunakan pengandaian untuk kasus e-mail. Jika kamu masih mempertahankan upaya untuk mendapatkan backlink melalui e-mail, dan selama ini kamu jarang mendapatkan respon dari upaya tersebut, mungkin kamu perlu memoles lagi cara pendekatan yang kamu lakukan.

Kamu pasti menyadari bahwa di era digital ini, banyak sekali promosi yang dilakukan melalui e-mail. Hal ini membuat pemilik akun sering mengabaikan e-mail masuk jika ia tidak mengenal si pengirim atau jika e-mail tersebut tidak memiliki subjek yang menarik. Tentu, ini merupakan kondisi yang menyulitkanmu sebagai pihak yang berupaya melakukan promosi terhadap kontenmu.

Karena itu, kamu perlu pandai-pandai merangkai subjek yang bisa menarik minat targetmu agar mau membuka e-mail-mu. Tidak hanya menarik, pastikan juga kamu menggunakan tutur bahasa yang santun. Hindari penggunaan kalimat perintah dan penggunaan huruf kapital berlebih yang akan menimbulkan kesan tidak sopan.

Di samping itu, kamu juga perlu menyaring kembali targetmu. Hindari menyebarkan promosi pada pihak yang memiliki relevansi rendah dengan kepentinganmu. Sebab, ia akan merasa e-mail yang kamu ajukan tidak memiliki kaitan dengan hal yang ia lakukan. Karenanya, besar kemungkinan bahwa si pemilik akan merasa terganggu. Di sisi lain, jika kamu mengirimkan e-mail permohonan backlink pada pihak yang bergerak di bidang sama denganmu, akan lebih besar kemungkinan bahwa dirinya akan tertarik untuk bekerja sama dengan dirimu.

Follow-up

Link Berkualitas

Ketika kamu sudah mendapat respon dari target untuk memperoleh backlink, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan follow-up hingga kamu benar-benar mendapatkan link tersebut. Terkadang, proses follow up ini juga tidak hanya akan membutuhkan dua sampai tiga e-mail. Bisa jadi, kamu perlu menghubungi targetmu hingga lima kali atau lebih.

Yang jelas, jangan menyerah jika kamu baru sekali tidak mendapat respon dari target. Sebab, bisa saja e-mail-mu tertimbun pada percobaan pertama. Mencoba berkali-kali akan membuat kesempatanmu untuk di-notice oleh si target menjadi lebih besar. Namun, jika kamu sudah mencoba hingga sepuluh kali dan masih tidak mendapat respon apapun, kamu bisa langsung beralih untuk memfokuskan pendekatan pada target lain. Sebab, dengan kondisi seperti itu, kemungkinan besar target tersebut memang belum ingin memberikan external link bagimu.

Nah, sehubungan dengan hal itu, untuk memudahkanmu dalam melakukan follow up terhadap para target secara keseluruhan, mintalah agar targetmu menyatakan dengan jelas jika ia tidak tertarik dengan permohonan yang kamu ajukan melalui e-mail-mu. Ini akan membantumu agar tidak perlu berkali-kali menghubungi target yang sama sekali tidak berminat. Banyak blogger yang sering lupa menawarkan opsi ini pada target melalui e-mail yang dikirimkan. Alhasil, banyak sekali upaya follow up yang malah jadi berujung sia-sia.


Demikianlah empat cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan external link yang lebih banyak dan berkualitas untuk konten blogmu. Sebaiknya, upaya-upaya untuk melakukan link building janganlah kamu sepelekan. Selain bisa membantu meningkatkan popularitas blogmu, kamu juga jadi bisa membangun koneksi dengan berbagai pihak untuk pengembangan blogmu ke depannya.

Memiliki jaringan link yang baik akan memperbesar kesempatan bagi blogmu untuk mendapat rank yang lebih tinggi pada SERP. Dengan begitu, blogmu akan dinilai sebagai sumber yang kredibel karena orang-orang akan menganggap konten blogmu layak untuk dijadikan referensi.

Sumber gambar: Lamvt, beBee, Top Business Analysis, Gigbucks, Backlink Panda.

Related Posts

Site Menu