komunitas blogger

Ini Dia 8 Komunitas Blogger Keren di Indonesia yang Wajib Kamu Kenali!

Dengan semakin banyaknya blogger Indonesia yang muncul dan ingin aktif menghasilkan konten-konten positif, semakin banyak juga komunitas blogger yang lahir. Komunitas blogger ini lahir karena ingin memfasilitasi potensi blogger-blogger Indonesia agar mereka bisa lebih produktif dalam menghasilkan artikel yang berkualitas.

Hampir semua komunitas blogger di Indonesia meyakini bahwa konten yang positif bisa ikut membantu negeri ini tumbuh ke arah yang lebih baik. Maka dari itu, edukasi dan pelatihan menjadi hal penting bagi para blogger, agar skill dan wawasan mereka senantiasa ter-upgrade dan tulisan yang mereka hasilkan pun bisa lebih berdampak luas.

Nah, tentunya ada banyak banget komunitas-komunitas blogger di Indonesia. C2live mencoba menghimpun beberapa yang tentunya layak banget untuk kamu kenal. Komunitas apa sajakah itu? Yuk, simak!

1. Blogger Jakarta

Seperti namanya, Blogger Jakarta adalah komunitas bagi para blogger dan penggiat internet pada umumnya yang berdomisili di kawasan DKI Jakarta. Para anggota komunitas ini saling berkolaborasi untuk menciptakan sebuah value edukasi tentang pemanfaatan media blog dengan mengutamakan tanggung jawab konten positif kepada masyarakat secara luas. Secara rutin mereka mengadakan sharing session setiap bulan, untuk berbagi tips menulis, teknik SEO, atau strategi promosi yang bisa bermanfaat.

Komunitas blogger ini memiliki misi untuk memperkenalkan pariwisata Jakarta ke khalayak lewat media blog, karena mereka percaya bahwa konten yang positif bisa memberikan dampak yang positf juga bagi Indonesia.

2. Kumpulan Emak Blogger

Komunitas blogger perempuan ini lebih dikenal sebagai KEB. Komunitas ini pertama kali digagas oleh Mira Sahid, dan setelahnya ia dibantu oleh beberapa blogger perempuan lain mulai memelihara dan mengembangkan komunitas ini hingga anggotanya bisa terus bertambah.

Anggota komunitas ini sangat akrab satu sama lain. Mereka biasa berbagi dan saling berdiskusi lewat sebuah grup di media sosial Facebook. Selain itu, offcial account Twitter mereka pun rajin memberikan edukasi tentang tips menulis dan cara mengelola blog. Nggak hanya itu, KEB pun aktif bertemu di berbagai kegiatan offline, baik yang diselenggarakan oleh internal maupun undangan dari suatu brand tertentu.

Baca juga: 4 Blog Pendidikan Terbaik di Tahun 2018

3. Warung Blogger

Warung blogger awalnya berangkat dari sebuah grup Facebook yang didirikan oleh Lozz Akbar pada Mei 2011. Lozz sendiri sengaja memilih nama ‘Warung’, bukan restauran atau cafe sebagai nama grupnya, dengan harapan agar tercipta sebuah nuansa yang penuh kebersamaan dan kesederhanaan di dalamnya.

Semakin hari Warung Blogger semakin mantap sebagai komunitas dunia maya yang diakui oleh publik. Jumlah anggotanya pun terus bertambah hingga ribuan. Berbagai agenda baik kopdar telah diadakan di beberapa kota di Indonesia. Anggotanya pun nggak hanya berdomisili di Indonesia saja, tapi juga ada yang dari berbagai negara luar. Keren kan komunitas blogger yang satu ini?

4. Dear Blogger Net

Dear Blogger Net hadir dengan visi ingin memberdayakan blogger-blogger Indonesia sesuai potensi masing-masing. Demi mencapai visi tersebut, Dear Blogger Net berusaha rutin mengadakan workshop, menyediakan konten bermanfaat di website, hingga bekerja sama dengan berbagai brand dalam rangka digital campaign.

Selain itu, komunitas ini menggagas program rutin yaitu DBN Charity Visit, di mana komunitas ini berkunjung ke lokasi-lokasi yang aktif melakukan kegiatan sosial yang belum begitu terekspos. Blogger-blogger dari komunitas DBN bergerak, meliput, dan menyebarkannya secara masif melalui blog dan media sosial.

Komunitas blogger ini diinisiasi oleh Haya Aliya Zaki, salah blogger perempuan yang cukup senior di Indonesia. Haya merasa blog sudah bukan lagi sebatas media untuk curhat pribadi, namun juga bisa memberikan ikatan pertemanan bahkan berbagai potensi monetisasi. Dari kesadaran itu Haya ingin membuat sebuah wadah di mana para blogger bisa saling berkenalan, belajar, dan tentunya berkembang bersama.

Baca juga: Haya Aliya Zaki, Blogger Senior yang Menginspirasi

5. Indonesia Social Blogpreneur

Indonesia Social Blogpreneur atau yang biasa disebut ISB lahir dari gagasan Ani Bertha. Visi dan Misi ISB adalah mengedukasi blogger melalui artikel, event online, dan event offline. Lewat adanya ISB, diharapkan blogger-blogger yang tergabung bisa menjadi Agent of Changes bagi lingkungan sekitarnya.

ISB juga memfasilitasi sesi networking, yaitu para anggota bisa bertemu dengan banyak blogger lain dengan latar belakang pribadi dan konten tulisan yang berbeda-beda. Bahkan ISB juga siap berkolaborasi dengan komunitas lain apabila dirasa perlu, misalnya dengan komunitas vlogger Indonesia atau komunitas street photography. Agenda ini sangat menyenangkan karena sesama anggota bisa mendapat ilmu dan perspektif baru, sehingga mereka bisa lebih jeli lagi dalam mengelola dan mengembangkan blog mereka

6. Kelas Blogger

Kelas Blogger adalah komunitas blogger yang didirikan sejak tahun 2015 di Jakarta, diinisiasi oleh blogger yang juga memiliki gelar Doktor di bidang Ilmu Komunikasi, Rulli Nasrullah alias Kang Arul. Selama ini Kelas Blogger mengkhususkan diri sebagai komunitas yang peduli pada pendidikan praktis, khususnya bagi blogger. Sejak awal mereka memang sengaja memposisikan diri sebagai penyelenggara kegiatan mini workshop gratis bagi blogger agar edukasi yang diberikan bisa menjangkau berbagai kalangan.

Kelas Blogger berusaha menjadi jembatan bagi para blogger untuk mendapatkan berbagai pelatihan yang bisa membantu anggotanya sebagai content creator. Mulai dari pelatihan fotografi, vlog, penulisan skenario, hingga pelatihan wirausaha. Kegiatan-kegiatan positif mereka nggak hanya diselenggarakan di Jakarta. Kelas Blogger juga pernah menggelar kegiatan di Bandung, Serang, Lombok hingga Pangkalpinang.

7. Forum Lingkar Pena

komunitas blogger indonesia

Berbeda dengan beberapa komunitas blogger di atas, komunitas ini terbuka untuk semua jenis penulis kreatif. Mulai dari blogger, cerpenis, penyair, hingga penulis cerita anak. Komunitas ini digagas pada Februari 1997, dan kini telah memiliki 73 cabang dengan total anggota 2.348 orang.

Dengan umur yang sedemikian dewasa, tentu sudah banyak kontribusi yang diberikan FLP pada anggotanya. Mulai dari wadah untuk sharing session, workshop, hingga penerbitan buku. Persebaran di berbagai wilayah di Indonesia juga memudahkan FLP untuk membagikan ilmu pada para penulis kreatif Indonesia. Sehingga kegiatan komunitas ini enggak hanya terfokus di Jakarta saja.

Apabila kamu sendiri adalah seorang penulis kreatif yang merasa butuh wadah untuk mengembangkan diri, jangan ragu untuk bergabung dengan FLP. Karena di sana kamu bisa bertemu dengan mentor yang bisa membimbingmu agar tulisan-tulisanmu lebih matang.

Baca juga: Fakta-fakta Google yang Perlu Diketahui oleh Blogger

8. Ibu-ibu Doyan Nulis

komunitas blogger indonesia

Komunitas blogger Indonesia yang satu ini lahir dari ide Indari Mastuti. Kala itu, ia yang sudah aktif menulis buku merasa kerepotan dengan permintaan penerbit untuk terus menghasilkan tulisan baru. Dari situ ia berpikir untuk memberdayakan teman-teman perempuannya untuk juga menulis. Akhirnya, tepat pada Mei 2010 Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) lahir.

Ide tersebut ternyata membuahkan hasil. Kini komunitas IIDN aktif berkomunikasi lewat sebuah grup Facebook, dan juga rutin mengadakan tatap muka berkala sebagai sarana diskusi dan pendekatan internal. Bahkan, di tahun 2013 Indari Mastuti juga membuka Sekolah Perempuan. Program ini ditujukan bagi mereka yang kurang puas dengan sesi diskusi secara online saja.

Lewat Sekolah Perempuan ini, Indari mengajak beberapa penulis perempuan lainnya untuk mengajar ke penulis-penulis muda lainnya. Materi ajarnya pun masih seputar penulisan. Seperti soal cara mengolah ide kreatif, cara membuat outline, hingga soal personal branding.


Terus tumbuhnya teknologi tentunya bisa memberi dampak positif bagi para pengguna internet di Indonesia, khusunya bagi para blogger. Berbagai bentuk konten dan berbagai potensi cara monetisasi kini bisa terus dieksplorasi. Untuk itu, dengan adanya begitu banyak peluang, penting bagi blogger untuk terus memperluas wawasan. Salah satunya adalah bergabung dengan komunitas blogger dan menimba ilmu dari sana.

Komunitas-komunitas di atas adalah sebagian kecil contoh komunitas blogger Indonesia yang rutin memberikan manfaat bagi para anggotanya. Nggak hanya wadah untuk saling berkenalan dan menambah relasi, namun ilmu dan edukasi yang diberikan sering kali bisa menjadi sudut pandang baru yang bisa membawa banya manfaat bagi anggotanya.

Apabila kamu adalah seorang blogger aktif yang belum bergabung dengan komunitas blogger apapun, ada baiknya kamu segera mendaftar. Pastinya, ilmu yang kamu dapat dari komunitas-komunitas blogger akan jauh lebih banyak dan bermanfaat, dan kemampuanmu untuk meramu sebuah artikel pun akan berkembang dengan pesat!

Sumber: Lia Harahap, Ublik, NchieHanie, Koran Sidak, Youngesteight, Kelas Blogger.

Related Posts

Site Menu