Alvin

Lika-Liku Perjalanan Blogger StartupBisnis.com, Alvin

Bisnis merupakan salah satu niche blog yang paling diminati. Tapi, nggak semua orang bisa mengelola blog ini dengan baik sehingga menghasilkan manfaat yang signifikan bagi masyarakat. Kamu juga pasti pernah kan menemukan berbagai blog yang membahas topik bisnis dalam tulisannya, namun pembahasan yang disajikan cenderung terkesan mengambang dan nggak tajam. Akhirnya, pembaca pun nggak menemukan apa yang mereka cari dari tulisan-tulisan semacam itu.

Bukan berarti blogger-bloggernya nggak berusaha, tapi bisa saja cara yang ditempuh kurang tepat. Nah, supaya kamu mendapatkan pencerahan lebih soal bagaimana mengelola dan menghasilkan tulisan bisnis yang baik untuk blogmu, yuk simak sharing dari Alvin di bawah ini! Beliau adalah sosok pengelola blog StartupBisnis.com yang kece dan sering dicari netizen itu, lho! Jangan sampai kamu melewatkan ulasannya, ya!

Profil Alvin

Blog Bisnis

Alvin merupakan alumnus Fakultas Hukum UGM angkatan 2013. Ia menyelesaikan program studinya dalam waktu 3,5 tahun dengan beasiswa penuh. Setelah selesai mengenyam di salah satu universitas terbaik di Yogyakarta tersebut, Alvin memilih untuk pulang kembali ke kediaman keluarganya di Bogor. Kini, sehari-hari beliau menyibukkan diri dengan merintis usaha di bidang jasa dan perdagangan. Selain itu, Alvin juga melanjutkan profesinya sebagai digital marketer strategist yang sudah ia geluti sejak saat ia masih menjalankan kuliah di Yogyakarta.

Kisah Perjalanan Menjadi Digital Marketer Strategist

Blog Bisnis

Walaupun program studi yang ditempuh berkenaan dengan hukum, hal tersebut nggak menghentikan Alvin untuk mempelajari berbagai hal lain di luar bidang tersebut. Pekerjaan full time yang dijalaninya sebagai digital marketer strategist pada saat kuliah menuntutnya untuk melakukan berbagai hal yang nggak diajarkan di bangku kuliah seperti riset, planning, menjalankan kampanye pemasaran, mengorganisasi tim, hingga menulis dan melakukan evaluasi konten untuk mencapai tujuan dari perusahaan tempatnya bekerja.

Secara pribadi, Alvin sendiri memang sangat senang berbagi insight dan pengetahuan yang ia miliki kepada orang-orang di sekitarnya. Sebab, salah satu tujuan hidupnya adalah supaya dirinya bisa berbagi manfaat ke banyak orang. Karenanya, sekarang pun sebagai digital marketer strategist, Alvin masih aktif membantu mengembangkan NGO terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang massive open online course, yaitu IndonesiaX, hingga portal informasi lain seperti Duniafitnes, DigitalMarketer.id, Organiks, dan StartupBisnis.com.

Tergerak Menulis Karena Motivasi

Blog Bisnis

Menurut Alvin, manusia biasanya tergerak melakukan suatu pekerjaan karena 2 hal utama, yaitu menghindari sengsara atau mengejar benefit. Hal yang sama diyakininya juga berlaku pada blogger. Sepanjang dirinya aktif di dunia blogging, ia menyaksikan banyak blogger yang bersemangat hanya di fase-fase awal. Namun, seiring berjalannya waktu, semangat mereka mengendur. Ia mengamati bahwa ada banyak blogger yang fokus utamanya adalah untuk mencari uang, dan ketika jumlah yang didapatkan nggak sesuai harapan, fokus mereka menjadi hilang dan motivasi mereka pun lenyap.

Padahal, hakikat utama blogging adalah untuk berbagi informasi bermanfaat bagi pembaca. Menurut Alvin, blog seharusnya dibangun sebagai media penyampaian solusi dan inspirasi. Dengan demikian, pembaca yang sudah bersedia mengorbankan waktu, kuota, dan usaha untuk berkunjung dan membaca posting-an kita bisa mendapatkan manfaat yang setimpal. Semangat inilah yang terus Alvin hidupi setiap kali ia menulis artikel inspiratif bagi pembacanya.

Menurutnya, masalah income bisa tetap didapatkan dengan berbagai cara, mulai dari pemanfaatan Google Adsense, menjual e-book, menyediakan course, memperdagangkan produk fisik, bahkan menawarkan space untuk iklan. Semua bisa dilakukan sambil blogging. Yang terpenting baginya adalah, jangan sampai tujuan monetizing mengurangi manfaat yang bisa kamu berikan bagi pembaca.

Mengajarkan Apa yang Ia Lakukan

Blog Bisnis

Dalam membagikan informasi bagi audiesnya, baik itu berupa tulisan, video, maupun lisan, Alvin selalu menjunjung tinggi prinsip yang ia pegang, yakni “I teach what I do”. Karenanya, apapun jenis informasi yang ia bagikan, bisa dipastikan bahwa hal tersebut berdasarkan pada pengalaman nyata yang terjadi secara faktual dalam hidupnya.

Hal tersebut mungkin bisa kalian saksikan sendiri dengan mengunjungi StartupBisnis.com. Dalam blog tersebut, kamu bisa menemukan berbagai tulisan yang didasarkan pada pengalaman nyatanya sebagai orang yang berkecimpung di dunia perdagangan dan pemasaran. Dengan begitu, ketika pembaca yang memiliki isu seputar hal terkait bisa mendapatkan pemecahan masalah yang solutif ketika sudah membacanya, sebab solusi yang ditawarkan memang dapat diimplementasikan dan sudah terbukti melalui pengalaman empiris dari Alvin sendiri.

Mengelola Blog Bisnis, Seperti Apa Tantangannya?

Blog Bisnis

Berkaitan soal ini, Alvin meyakini bahwa setiap sebelum menulis artikel apapun tentang bisnis, ada baiknya kamu menentukan dulu siapa target pembacanya. Jika pembaca berasal dari kalangan perintis usaha, baiknya topik yang dibahas diarahkan pada cara membangun bisnis yang benar, motivasi mendirikan bisnis, cara membangun tim, tips mengelola administrasi perusahaan, dan hal-hal lain yang sifatnya mendasar. Hindari juga menggunakan jargon yang terlalu sulit dan pembahasan yang terlalu teknis bagi target pembaca di kalangan ini.

Namun, jika tulisan ditujukan bagi pengusaha menengah, bahaslah topik yang berkaitan dengan ekspansi bisnis, pengelolaan tim, cara memotivasi tim, membangun network, dan artikel-artikel problem solving dari isu-isu bisnis yang sering terjadi. Untuk penggunaan bahasa, tetaplah gunakan bahasa yang familiar dan bisa dimengerti oleh kelas mereka.

Baca juga: 5 Blog dengan Niche Bisnis yang Bisa Memperkaya Pengetahuanmu.

Pengalaman Menyenangkan selama Mengelola Blog Bisnis

Blog Bisnis

Seperti yang mungkin kamu juga sadar, pembahasan bisnis dunia blogging merupakan salah satu niche yang paling diminati. StartupBisnis.com yang dikelola oleh Alvin pun setidaknya mendatangkan 80 ribu sampai 20 ribu pengunjung setiap bulannya tanpa bantuan iklan sedikitpun. Dari sebegitu aktifnya pengalaman blogging yang ditempuh, tentu ada momen-momen berkesan yang terjadi pada penggiat niche ini, begitu pula dengan Alvin.

Alvin mengaku bahwa pengalaman menarik yang ia dapatkan sepanjang menjadi blogger bisnis adalah kesempatan untuk sharing manfaat kepada para pembacanya. Selain itu, ada berbagai penawaran kerja sama yang datang menghampirinya pula, mulai dari tawaran kolaborasi oleh perusahaan besar, permintaan menjadi narasumber skripsi maupun thesis mahasiswa, dan berbagai kesempatan lainnya yang pada akhirnya kembali membuat ia belajar lebih banyak lagi dalam lingkup bisnis. Baginya, itu merupakan pengalaman yang membanggakan.

Tips Umum Menulis Blog Bisnis dari Alvin

Blog Bisnis

Soal ini, Alvin meyakini bahwa sejak awal, kamu perlu memiliki niat untuk membantu menjawab permasalahan dari target pembaca kamu. Karenanya, kamu perlu melakukan riset sebelum membagikan tulisan para pembaca, supaya informasi yang kamu berikan nggak sesat. Soal ini, kamu bisa mengutamakan pembahasan permasalahan bisnis yang sedang trending. Dengan begitu, akan lebih banyak pembaca yang bisa menuai manfaat dari tulisan bertajuk bisnismu. Berikanlah juga solusi bisnis yang nyata dan aplikatif, sehingga benar-benar bisa memecahkan masalah yang dihadapi oleh pembaca. Dan, jika kamu ragu akan pengetahuanmu seputar problem terkait, jangan segan-segan untuk mewawancarai orang yang lebih ahli.

Selain itu, usahakanlah untuk selalu menyajikan konten dengan bahasa yang mudah dipahami, sehingga bukan hanya kamu saja yang paham mengenai pembahasannya, tapi juga audiensmu sebagai pembaca utama. Sebab untuk merekalah artikel yang kamu tulis ditujukan. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan blogger lainnya, seperti saling endorse, mengundang blogger lain sebagai narasumber di blog kamu, ataupun melakukan kolaborasi konten.


Itu dia hasil bincang-bincang dengan Alvin di artikel profile story kali ini. Intinya, jika kamu ingin sukses membangun blog bisnis, buatlah tulisanmu berguna bagi orang lain. Nggak perlu umbar pengetahuan bisnismu. Cukup pahami apa yang menjadi permasalahan bisnis orang-orang di luar sana dan berikan solusi yang aplikatif bagi mereka. Dengan begitu, mereka bisa menuai manfaat dari tulisanmu. Jika hal itu terus kamu lakukan, pastinya pembaca di luar sana akan mengandalkan blogmu ketika sedang mencari solusi permasalahan bisnis.

Berkenaan dengan ini, Alvin sendiri juga berharap untuk ke depannya agar para blogger bisa terus memberikan konten yang bermanfaat, lebih dan lebih lagi setiap waktunya. Ia juga berharap untuk bisa merangkul blogger-blogger lain yang membahas tema bisnis juga, sehingga bisa saling menjadi partner untuk bersama-sama membagikan informasi bermanfaat bagi masyarakat, bukan kompetitor. Nah, kesempatan bagus buat kamu, bukan?

Jadi, tetap semangat dan rintis terus blogmu, ya!

Sumber: Dok. pribadi Alvin, StartupBisnis.com, Embracing a Simpler Life, CareerStint, LiveOlive, AsesoriaOnline, Jemully Media.

Related Posts

Site Menu