Berkenalan dengan Domain Authority dan Page Authority, Dua Hal Penting bagi Kemajuan Blogmu

Kalau kamu termasuk blogger yang serius mengembangkan blogmu, kamu tentu pernah dengar soal Page Authority dan Domain Authority. Bahkan jika kamu sudah mengisi portofolio online-mu di C2live, kamu juga pasti sudah bertemu dengan kedua istilah tersebut.

Untuk kamu yang sudah pernah belajar SEO tentu tahu bahwa apa pengaruh Domain Authority pada sebuah website. Singkatnya, semakin baik nilai Domain Authority kamu, semakin besar pula peluang blogmu muncul di hasil pencarian search engine seperti Google.

Nah, untuk mengenal lebih jauh soal Domain Authority, Page Authority, serta tips meningkatkan nilai keduanya, mari baca ulasan di bawah:

Mengenal Domain Authority

Domain Authority (DA) merupakan suatu sistem penilaian yang membantu search engine seperti Google dalam menentukan peringkat suatu situs web atau blog Anda. Skala ukur yang diberlakukan adalah 1 sampai 100. Semakin tinggi nilai DA yang blogmu dapat, semakin tinggi juga peringkat blogmu di mata search engine. Itu artinya, blogmu akan sering muncul di halaman pertama hasil pencarian dan mudah ditemukan orang.

Itulah sebabnya DA berperan penting dalam performa sebuah blog. Semakin baik DA suatu blog, semakin tinggi page rank blog tersebut. Yang akhirnya berdampak pada ramainya pengunjung yang masuk.

Ada beberapa parameter penilaian dalam menentukan DA suatu blog. Beberapa di antaranya adalah usia blog, popularitas blog, serta jumlah konten yang ada dalam blog tersebut. Ketiganya berperan penting apabila kamu ingin blogmu meraih nilai DA yang tinggi.

Baca juga: 4 Fakta Tentang Page Authority dan Domain Authority

Perbedaan Domain Authority dengan Page Authority

Kamu mungkin bertanya-tanya, “lalu, apa perbedaan Domain Authority denga Page Authority?”.

Mudahnya, jika Domain Authority adalah penilaian suatu rumah secara keseluruhan, Page Authority merupakan penilaian terhadap salah satu kamar tersebut. Page Authority hanya menilai performa atau kualitas dari salah satu halaman di blogmu saja, bukan menilai blogmu secara menyeluruh.

Baik DA dan PA sama-sama dinilai dalam skala 1-100. Adapun parameter yang menjadi penilaian PA adalah orisinalitas konten, adanya gambar ataupun video yang relevan, serta adanya link yang saling menghubungkan artikel-artikelmu.

Jika kamu ingin SEO ranking-mu baik, maka kamu harus mengelola kedua tolak ukur ini secara bersamaan. Jika nilai DA dan PA blogmu sudah baik hingga kamu berhasil mencapai halaman pertama hasil pencarian Google, kamu nggak perlu lagi khawatir soal traffic ataupun page views.

Cara Meningkatkan Domain Authority dan Page Authority

Dengan menyadari pentingnya peran DA dan PA bagi blogmu, maka adalah hal yang wajar jika kamu tertarik memperbaiki nilai DA maupun nilai DA. Apalagi jika kamu ingin blogmu ada di halaman pertama mesin pencarian.

Untuk memperbaiki nilai PA, yang perlu kamu lakukan adalah pastikan artikelmu bebas dari plagiarisme karena bisa sangat berdampak buruk pada penilaian. Sertakan juga gambar atau elemen visual yang relevan. Dan yang terpenting, pastikan kamu selalu menyertakan link ke artikel lain di setiap artikelmu. Ini agar membuat artikel di blogmu saling terhubung satu sama lain.

Sementara untuk meningkatkan nilai DA, kamu bisa memulai dengan mempunyai frekuensi post yang konsisten, agar volume artikel yang ada di blogmu terus bertambah. Selain itu, tingkatkan popularitas blogmu dengan memanfaatkan berbagai cara kreatif yang ada. Kamu bisa memanfaatkan media sosial, atau bahkan newsletter mingguan untuk mempromosikan blogmu agar semakin dikenal pengunjung. Selain itu, pastikan semua link yang ada di blogmu dalam kondisi hidup, baik yang menuju ke luar ataupun yang mengarah ke artikelmu lainnya. Dengan begitu nilai DA blogmu pun akan membaik

Baca juga: 3 Cara Meningkatkan Page Authority


Banyak orang yang mengabaikan DA dan PA karena beranggapan kedua hal itu adalah salah satu unsur SEO yang bikin ribet. Banyak blogger yang malas berurusan dengan hal-hal seperti itu, dan hanya ingin fokus menulis saja.

Sebenarnya, sah-sah saja jika ada yang berpikiran seperti itu. Namun, itu artinya akan sangat banyak potensi yang terbuang percuma. Padahal, jika blogger tersebut lebih peduli SEO, tulisan yang sudah ia ramu dengan susah payah akan dinikmati lebih banyak orang dan bisa berdampak pada pembaca secara luas.

Jadi, apabila kamu masih belum terlalu mempedulikan SEO blogmu, nggak ada kata terlambat untuk memulai. Kamu bisa mulai dengan membenahi nilai Domain Authority dan Page Authority blogmu, sebelum mulai mempelajari hal-hal lain. Kalau akhirnya blogmu ramai dibaca orang, kamu sendiri juga kan yang merasa senang dan puas?

Sumber: Web Pixel, Fivesquid, Omni, LSEO.

Related Posts

Site Menu