membuat domain web

Ingin Membuat Domain Web? Yuk, Intip Hal Apa Saja yang Wajib Kamu Tahu tentang Domain!

Jika kamu adalah seorang blogger, pastinya kamu sudah pernah mendengar soal pentingnya membuat domain web. Domain itu ibarat alamat tempat tinggal untuk mengarahkan pengunjung dalam memasuki website tempat kamu menjalankan bisnis atau menunggah konten. Di situlah kamu akan meletakkan fondasi dan mulai membangun keahlian serta otoritasmu dalam bidang pilihan.

Untuk itu, membuat domain web yang berkualitas adalah penting bagi kamu yang ingin membangun bisnis ataupun menunjukkan kontenmu. Memilih nama domain secara terburu-buru bisa mengakibatkanmu terjebak dengan nama yang buruk. Bisa jadi suatu hari kamu ingin memperbaiki kesalahan tersebut dan kamu akan membuang waktu, uang, serta usaha untuk merubahnya.

Supaya bencana seperti itu nggak terjadi sama kamu, kali ini C2live akan memberikan beberapa fakta penting soal membuat domain web. Yuk, langsung simak!

1. Samakan Judul Website dengan Domain-mu

membuat domain webSumber: PC Tech Magazine
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat kamu memilih nama domain. Salah satunya adalah mencocokkan domain dengan judul blog yang ingin kamu publikasikan. Hal penting ini dilakukan untuk menjaga konsistensi, baik di dunia nyata ataupun dunia maya.

Jadi, kalau nama bisnis kamu terdaftar sebagai ‘Girls Stuff’, maka kamu disarankan untuk memilih nama domain seperti girlsstuff.com. Kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih nama domain sama seperti fokus tulisanmu atau bisnis yang ingin kamu jalankan. Untuk itu, kamu harus menemukan nama terkait yang mudah ditemukan saat melakukan pencarian secara online.

2. Domain .com Bukan Berarti Lebih Baik, Hanya Populer

membuat domain webSumber:DM Hub Training
Sampai saat ini, domain .com jadi memang menjadi domain yang paling populer. Tapi, C2live saranin kamu untuk mencoba juga domain yang mampu meningkatkan perkembangan keberadaan blog atau bisnis yang kamu miliki. Jadi, jika pertanyaanmu adalah apakah domain .com lebih baik? Jawabannya: belum tentu.

Nggak cuma disesuaikan dengan perkembangan blog dan bisnis, kamu bisa menyesuaikan domain dengan tempat tinggal dan lokasi bisnismu. Misalnya saja bisnis yang kamu jalankan ada di Indonesia maka kamu bisa menggunakan ekstensi .id untuk kesan yang lebih ramah terhadap pengunjung dari Indonesia.

3. Domain akan Mempengaruhi SEO

membuat domain webSumber: Stillwaters Law Firm
Secara umum, pilihan nama domain memang penting untuk SEO. Tapi, sebenarnya porsinya nggak banyak seperti yang dipikirkan. Kata kunci pada nama domain lah yang mempengaruhi SEO. Jadi, sebenarnya kamu nggak perlu khawatir mengenai hal ini.

Ada banyak cara untuk mempromosikan situsmu sekalipun kamu nggak memiliki kata kunci tertentu dalam nama domain. Yang harus kamu pertimbangkan adalah menempatkan lokasi bisnis dalam nama domain. Misalnya bila kamu punya perusahaan yang beroperasi di Jakarta, kamu bisa memasukkan kata Jakarta ke dalam nama domain webmu untuk kesan yang lebih deskriptif.

4. Privasi Domain

membuat domain webSumber: Apps4God
Privasi merupakan masalah besar di internet dan nama domain-mu harus dijaga dengan baik. Sebenarnya, siapapun bisa melakukan pencarian mengenai privasi domain dan kalau nama domain-mu nggak punya privasi whois yang diberlakukan, maka informasi seperti alamat rumah, alamat e-mail, nama, dan nomor telepon akan tersedia bagi siapa saja untuk dilihat.

Ini merupakan hal yang buruk. Cara mudah untuk menghindari hal ini adalah dengan mendaftarkan privasi whois untuk domain kamu.

5. Semakin Pendek, Semakin Baik

membuat domain webSumber: Marketing Land
Kalau kamu mau yang praktis, ketika menyangkut nama domain adalah semakin pendek namanya akan semakin baik. Jika kamu telusuri, situs web paling atas hanya memiliki sekitar 8 karakter di nama domain mereka (Google, Facebook, Twitter, dan lain-lain).

Nama domain yang pendek tentunya akan lebih mudah diingat daripada nama domain yang panjang dan juga rumit pengucapannya. Nggak hanya itu, nama domain yang pendek juga nggak membuat calon pengunjung malas duluan karena nama yang pendek itu gampang diketik.


Nah, itulah beberapa hal mengenai domain yang harus kamu ketahui. Saat ini, ekstensi custom domain sangat beragam, mulai dari .net, .us, .tk, sampai yang paling populer: .com karena memang sifatnya yang menjual (commercial). Bagaimana denganmu? Apakah kamu punya fakta-fakta lainnya untuk dibagikan mengenai domain?

Related Posts

Site Menu