seo-1

7 Situs Gratis Terbaik Untuk Belajar SEO!

Semua penulis, baik content marketer atau pun blogger memiliki tujuan yang sama. Tujuan ini nggak lain dari membuat konten berkualitas yang bisa dibaca dan dibagikan kepada banyak orang.

Tapi, untuk memastikan tulisanmu bisa kelihatan di search result mesin pencarian sendiri bukanlah hal yang mudah, kamu nggak bisa bergantung hanya pada kemampuan menulis dan menggunakan iklan. Kamu perlu belajar SEO.

Apa sih SEO itu? SEO adalah teknik yang dipakai untuk mengoptimasikan konten tulisan dalam web supaya bisa menarik jumlah traffic yang lebih banyak dalam hasil pencarian yang organik.

Memang nggak mudah untuk belajar SEO dalam waktu singkat, terutama bagi yang masih asing. Namun, kamu bisa belajar pelan-pelan langkah demi langkah dengan 7 situs gratis untuk belajar SEO rekomendasi dari kami.

1. MOZ.com

belajar SEO

Untuk kamu yang belum familiar dengan SEO, disarankan kamu mengunjungi MOZ.com terlebih dahulu. Situs ini membagi pembelajaran SEO menjadi beberapa tahapan bab dan kategori.

Mulai dari pengertian tentang SEO, teknik pengaplikasian SEO, formulasi kata kunci, pembuatan link, bahkan sampai ke pengukuran kesuksesan konten, semuanya lengkap di situs ini.

Tampilan dari situs ini juga menarik perhatian kamu sebagai pembaca. Nggak hanya belajar lewat konten, kamu juga bisa belajar hanya dengan melihat penjelasan singkat berupa infografis yang sederhana.

Kamu nggak hanya bisa belajar SEO saja, melalui MOZ.com kamu juga bisa membaca tentang media sosial dan cara sukses untuk menjadi content marketeer.

Logika kompleks yang dibuat sederhana memudahkan kamu untuk mengaplikasikan apa yang dipelajari dalam platform tempatmu menulis.

2. Belajar SEO dari mbah Google sendiri

belajar SEO

Search engine yang saat ini paling populer digunakan nggak lain dari Google. Menurut statistik langsung dari Google, sekitar 3.5 milyar pencarian dilakukan melalui Google dan jumlah pencarian per tahunnya mampu mencapai 1.6 triliun! Sungguh jumlah yang besar!

Nah, terbukti kan kalau membuat konten dan optimasi yang bersahabat dengan Google bisa meningkatkan popularitas tulisanmu? Karena itu, nggak ada tempat terbaik lain untuk belajar SEO selain dari materi Google SEO Starter Guide.

Dengan Google Webmaster, kamu bisa belajar secara langsung bagaimana membuat konten yang bersahabat dengan situs pencarian Google. Di dalamnya, kamu juga akan tahu bagaimana cara pencarian bekerja dalam beberapa mini-kursus yang disediakan.

3. Search Engine Land

belajar SEO Situs terbaik berikutnya untuk lebih dalam belajar SEO adalah Search Engine Land. Mirip dengan MOZ.com yang membagi-bagi pembelajaran menjadi beberapa bab, situs Search Engine Land juga menggunakan cara yang sama.

Berbeda dari MOZ.com, Search Engine Land lebih memfokuskan kontennya dengan aturan dan sisi teknis SEO. Selain belajar SEO kamu juga bisa belajar tentang SEM (Search Engine Marketing) melalui situs ini, loh!

Walaupun lebih membahas sisi teknis SEO, konten dari Search Engine Land nggak akan membuat kamu bosan dan ngantuk. Gaya bahasa dan intonasi yang digunakan membuat kamu seperti sedang membaca artikel yang kasual.

4. Hubspot

belajar SEOTernyata situs Hubspot nggak hanya efisien untuk membuat blog dan mengunduh software marketing saja, tapi juga untuk belajar SEO.

Memang sudah kental dengan format-nya sebagai situs blogging, Hubspot membuat konten pembelajaran SEO-nya melalui blog post atau artikel.

Begitu kamu masuk ke halaman utama Hubspot, kamu bisa langsung mengklik tombol all topics. Situs ini akan langsung mengarahkan kamu ke berbagai macam pilihan topik yang ingin kamu pelajari.

Setelah kamu memilih topik SEO, Hubspot akan menampilkan berbagai macam pembahasan terkini dalam topik tersebut.

Topik-topik ini umumnya ditulis oleh orang-orang yang sudah berpengalaman dengan konten dan SEO jadi kamu nggak perlu ragu lagi kualitasnya. Namun ingat ya, beda studi kasus bisa memberikan informasi yang berbeda. Jangan terlalu menggeneralisasikan info yang didapat ke semua jenis konten.

5. SEO By The Sea

belajar SEOSitus yang satu ini nggak hanya cocok untuk pemula di bidang SEO dan content marketing, tapi bagi kamu yang sudah pernah belajar SEO pun masih bisa mengunjungi SEO By The Sea.

Yang membuat situs ini fenomenal nggak hanya kelengkapan materi belajar SEO, tapi juga Bill Slawski, pendiri situs ini sendiri. Bill Slawski adalah seseorang yang sangat berpengalaman di bidang SEO dan ia banyak melakukan riset yang khusus membuktikan beberapa teknik dan fakta SEO.

Yang hebatnya, Bill Slawski menuangkan semua hasil risetnya ke situsnya SEO By The Sea. selain itu, karena di-manage oleh seorang Bill Slawski, kamu bisa mengetahui perkiraan strategi SEO yang efisien untuk kedepannya.

6. Tutorial Points

belajar SEOSitus yang memang dikhususkan untuk pembelajaran SEO ini memang nggak boleh dilewatkan. Tutorials Point mempunyai banyak sekali kategori topik yang bisa kamu pelajari dan nggak hanya fokus belajar SEO saja, kamu bahkan bisa sekalian belajar tentang banyak hal lain seputar content marketing.

Tutorial Point menjabarkan konten pembelajarannya dengan sangat singkat tanpa dilengkapi embel-embel apapun. Tips yang diberikan pun sangat mudah dicerna dan diaplikasikan dalam berbagai jenis konten.

Kalau kamu masih belum puas dengan materi pembelajaran yang disediakan di situs, kamu bisa langsung menghubungi pelatih secara online melalui situs ini, lho. Para pelatih yang terhubung dengan kamu juga mempunyai segudang pengalaman, jadi pengetahuan yang diberikan pun terjamin.

7. Search Engine Journal

belajar SEOYang namanya jurnal pasti lengkap dengan riset-riset dan juga fakta, begitu pun dengan Search Engine Journal  dengan berbagai konten dengan gaya akademik ketimbang kasual.

Melalui situs ini kamu bisa mencari lebih tentang SEO 101 (basis-basis teknik dan strategi SEO). Selain itu, kamu juga bisa mencari tentang berita terkait SEO dan juga fakta-fakta menarik dan terkini dalam bidang tersebut.

Uniknya, karena situs ini dilengkapi dengan berbagai macam riset, kamu bisa menemukan statistik-statistik dan perkembangan tren seputar volume pencarian, analitik, dan juga digital marketing.


Bagi kamu yang sudah sangat antusias untuk belajar SEO lebih lanjut, langsung saja kunjungi 7 situs di atas. Nggak hanya sekadar belajar lewat membaca saja, kamu juga bisa mengaplikasikan pengetahuanmu ke konten tulisanmu.

Kamu pasti akan puas dengan peningkatan traffic setelah pengaplikasian strategi SEO dan konten tulisanmu pun bisa dijadikan portfolio untuk menunjang karir di bidang menulis. Untuk ini, ada juga tool sederhana dan mudah digunakan untuk menunjukkan hasil tulisanmu, lho.

Tool ini bisa langsung diakses oleh orang-orang yang ingin menampilkan kemampuan menulisnya kepada dunia. Perusahaan pun bisa melihat portofolio penulis yang dicarinya dengan mudah. Silahkan di coba!

Sumber :  DH+DJ, Google Webmaster, Search Engine Land, Chatbots MagazineGrow With The WebOutsmart Labs, Search Engine Journal.

Related Posts

Site Menu