Font blog

Inilah 12 Font Terbaik yang Bisa Kamu Pakai Untuk Blog Kamu!

Untuk membuat blog keren yang dapat menarik banyak pembaca, berbagai komponen harus kamu perhatikan. Selain memastikan konten kamu menarik, desain blog juga harus kece. Artinya, hal-hal sekecil pengunaan font blog pun harus dilakukan dengan cermat dan tepat guna.

Memilih font berarti memilih karakter dari blogmu. Font yang tidak tepat bisa menghambat penyampaian konten yang kamu buat. Dikarenakan hal ini membuat mata para pembacamu nggak nyaman dan mudah lelah. Sebaliknya, font yang tepat bisa memikat para pembacam, sekaligus memberikan image yang kuat sehingga blogmu bisa lebih berkesan.

Jadi, kamu harus memilih font yang memiliki bentuk yang indah, mudah dibaca, serta ‘kamu’ banget. Eits, nggak perlu bingung memilih yang cocok dalam lautan font di luar sana. Kamu bisa coba 12 rekomendasi font blog dari tim C2live ini!

 

Open Sans

font untuk blog

Open Sans adalah font untuk blog yang sangat populer. Font yang satu ini memang sangat versatile dan cocok digunakan untuk beragam kebutuhan. Mulai dari judul utama blog, headline, sub-heading, bahkan hingga body text.

Desainnya yang simpel namun familiar membuat font yang satu ini mudah akrab dengan mata pembaca. Hal tersebut tentu sangat penting untuk memikat pembaca agar betah berlama-lama membaca artikel blogmu.

Selain itu, desain sederhana dan elegan Open Sans juga membuat font ini tergolong timeless. Artinya, hingga beberapa tahun kedepan font ini akan masih tetap menjadi andalan banyak blogger karena dirasa mampu memberikan kenyamanan bagi pembaca secara umum.

Baskerville

fontIngin membuat konten blogmu lebih persuasive? Font Baskerville bisa menjadi pilihan paling tepat untukmu. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Errol Morris sang pembuat film, menunjukkan bahwa orang-orang 1.5% lebih menyetujui hal-hal yang ditulis dengan font Baskerville dibanding font blog yang lainnya.

Karakteristiknya yang klasik dan menambah aura ilmiah membuat orang-orang lebih terbuai apa yang disampaikan font ini. Kamu bisa menggunakannya agar kontenmu memiliki kredibilitas yang lebih tinggi.

Meski font yang diciptakan oleh John Baskerville ini sudah berusia 263 tahun (sejak 1754), font serif ini tetap populer dan banyak digunakan di situs seperti milik Hum Creative, logo merk ternama seperti Kate Spade, dan banyak jurnal ilmiah!

Playfair Display

fontFont Playfair Display memiliki gaya klasik abad ke-18. Kuno, sekaligus elegan. Font ini diterbitkan oleh Claus Eggers Sørensen di Google Font pada tahun 2011. Font ini memiliki ciri khusus berupa garis kontras yang tinggi.

Font ini (walau sedikit ironis) bisa membuat blogmu tampak modern seperti blog Eat and Treats ini, serta berkarakter gaya aristokrat. Kamu bisa menggunakan font gratis ini baik pada bagian heading, body text maupun menu bar.

Playfair Display memiliki 6 pilihan style yang bisa kamu gunakan, yaitu Regular, Regular Italic, Bold, Bold Italic, Black dan Black Italic. Font ini cocok buat kamu yang suka membuat konten review singkat terhadap restoran, kafe, dan hotel.

Baca juga: 13 Food Blogger Indonesia yang Layak Jadi Referensi

Futura

fontFont ini pertama kali dibuat oleh pria Jerman Paul Renner pada tahun 1927. Tipe ini sudah terkenal sebagai font sans serif geometris klasik yang nggak akan pernah mengecewakanmu.

Seperti arti dari namanya, font Futura memiliki kesan moderen serta futuristik yang dapat membuat blogmu tampak lebih bersih nan anggun. Efeknya yang stressless memudahkan pembaca mencerna informasi sedikit demi sedikit.

Dengan banyaknya jumlah style yang dapat kamu pilih, kamu bisa menggunakan font Futura untuk heading, body text dan juga menu bar seperti yang dilakukan situs Gather Journal ini..

Avenir

fontFont sans serif geometris yang diciptakan oleh Adrian Frutiger ini merupakan font blog sederhana yang populer sejak tahun 1988. Berbeda dari font Futura, gaya font ini memiliki lekukan pada huruf t-nya sehingga mampu memberi kesan friendly dan hangat untuk konten blogmu.

Dengan font Avenir, kamu bisa membuat blogmu tampak minimalis dan manis seperti website Magpie. Font ini memiliki 6 style yang dapat kamu pilih, yaitu light, book, roman, medium, heavy dan juga black.

Calendas Plus

fontFont serif ini diciptakan oleh sebuah studio Spanyol bernama Atipo pada tahun 2013. Font ini memiliki bentuk yang indah dan mudah untuk dibaca, baik dalam ukuran besar ataupun kecil. Go to font buat kamu yang bingung dalam memilih.

Setelah dimodifikasi dari bentuk sebelumnya, Calendas Plus memiliki guratan-guratan kaligrafi yang dapat memberikan kesan elegan pada blogmu. Kamu bisa menggunakan font blog ini untuk heading, menu bar ataupun body text konten blogmu.

Calendas Plus memiliki 3 style yang dapat kamu gunakan, yaitu regular, bold dan juga italic.

Butler

fontBagi kamu yang ingin memberi kesan klasik pada blogmu, kamu bisa menggunakan font Butler. Font serif yang memiliki 14 macam style ini diciptakan oleh Fabian de Smet pada tahun 2015 lalu. Cocok untuk bagian judul ataupun blog yang kontras warnanya beragam.

Setiap huruf pada font ini memiliki garis yang kontras dan jelas sehingga memberikan kesan modern pada konten blogmu. Kamu bisa menggunakan font ini baik untuk heading, text body dan juga menu bar. Bila blog kamu bersifat jurnalistik, font ini cocok untukmu.

Audrey

fontJika kamu ingin menampilkan kesan minimalis yang anggun, font Audrey bisa menjadi pilihan yang tepat. Font sans serif yang terinspirasi dari selebriti Audrey Hepburn ini diciptakan oleh Cristina Pagnotta pada tahun 2016.

Dengan desain font yang menggabungkan lengkungan geometris dan garis lurus, font Audrey ini menciptakan huruf-huruf indah nan glamor yang akan sangat cocok baik untuk heading, menu bar ataupun body text pada blog milikmu. Font blog Audrey memiliki 2 style yang bisa kamu gunakan, yaitu regular dan oblique.

Tebak jenis blog apa yang cocok memakai blog ini? Hint: ada hubungannya dengan pakaian dan kosmetik.

Gotham

fontBagi kamu yang yang ingin blogmu tampak maskulin dan fresh, kamu bisa menggunakan font Gotham yang diciptakan Tobias Frere-Jones ini. Font blog ini memiliki karakter yang tampak tegas namun nggak terlalu kaku karena memiliki lekukan halus pada setiap hurufnya.

Bentuknya yang memiliki kesan vintage namun juga modern akan cocok untuk blogmu yang memiliki gaya penulisan kasual. Karena bentuknya simple dan mudah dibaca, font ini bagus untuk digunakan pada heading, menu bar ataupunbody text seperti yang dilakukan situs Papazian.

Kamu bisa memilih 8 style dari font ini, yaitu thin, extra light, light, book, medium, bold, black dan juga ultra. Perlu kamu ketahui, font ini digunakan oleh Presiden Obama saat kampanye tahun 2008 dulu, lho!

Baca juga: 3 Artikel Blog Indonesia yang Kontroversial

Eames Century Modern

fontPada tahun 2010, Erik van Blokland menciptakan sebuah font serif yang memiliki lekukan-lekukan pada bagian sudutnya bernama Eames Century Modern. Lekukan ini pun membuat konten terlihat lebih indah, feminin namun tetap sederhana seperti tampilan pada web milik Next To Me Studios.

Font blog ini sangatlah mudah untuk dibaca dan cocok untuk digunakan baik pada bagian heading maupun body text. Kamu dapat memilih 8 style dengan versi italic dan juga stencil. Buat kamu yang suka blogging pribadi, ini bisa jadi font andalan.

Bellaboo

fontBagi kamu yang ingin memiliki kesan vintage namun berjiwa muda pada blog milikmu, kamu bisa menggunakan font Bellaboo ini. Font allcaps sans serif yang menggunakan brush ini diciptakan oleh Marcelo Reis Melo pada tahun 2015.

Font blog ini bisa memberi tampilan bersih, namun maskulin pada heading dan juga menu bar di blog. Cocok buat blog fashion dan aksesoris seperti sepatu, tas, jaket, dan selendang.

Agar blogmu tampak menarik dan nggak monoton, kamu bisa memadu madankan font Serif dengan Sans Serif di atas pada bagian heading dan body text. Kontras dari kedua jenis font tersebut akan memudahkanmu dalam memberi highlight pada judul dari konten.

Roboto

font blog

Membicarakan font untuk blog rasanya nggak lengkap kalau belum membahas font Roboto. Font yang satu ini adalah perpaduan antara unsur geometris dan unsur modern. Desainnya yang nggak neko-neko akan memberikan kenyamanan bagi pembaca, sehingga mereka bisa menemukan ritme membaca yang pas.

Selain itu, font ini juga memberikan kesan elegan dan profesional, sehingga cukup populer digunakan oleh blog atau website yang membahas soal bisnis, teknologi, atau perihal keuangan. Apabila kamu memang sedang mencari font untuk website dengan bahasan sejenis, Roboto adalah pilihan yang layak kamu perhitungkan.

Baca juga: Mengenal Content Marketing, Strategi Pemasaran Paling Efektif di Era Digital


Hal terpenting yang harus kamu perhatikan dalam memilih font yaitu pastikanlah agar font yang kamu pilih memiliki karakter yang sesuai dengan image blog yang ingin kamu tampilkan. Minta beberapa teman atau follower dekat untuk membaca dan memberikan validasi sebelum kamu memilih. Selamat blogging!

Sumber gambar: Hum Creative, Eats and Treats, Gather JournalMagpieAtipo FoundryFabian de SmetCristina PagnottaPapazianNext To Me StudiosFGD.

Related Posts

Site Menu