10-Topik-Blog

10 Rekomendasi Topik Blog Biar Cerita Blogmu Semakin Berwarna!

Menulis blog kini bisa dilakukan siapa saja. Tapi, bukan berarti hal itu akan jadi semudah yang kamu bayangkan. Supaya blog kamu ramai dan lebih SEO-friendly, diperlukan topik blog yang menarik dan juga konsisten.

Buat kamu yang masih bingung kira-kira topik blog apa yang bisa kamu gunakan, coba simak 10 inspirasi topik yang nggak bakalan kamu sangka bisa jadi blog yang menarik!

Topik Blog yang Bisa Kamu Coba


1. Tugas-tugas kuliah

topik blogTugas-tugas kuliah kamu kini tersimpan rapi di folder dan nggak pernah dibuka-buka lagi? Daripada jadi nggak berguna, mending bagikan berbagai jurnal yang kamu buat, penelitian, hingga berbagai rangkuman yang kamu miliki melalui blogmu!

Nggak cuma menjadi topik yang komprehensif, tugas-tugas kamu tentu akan jauh lebih bermanfaat bagi orang lain yang mungkin sedang mendalami studi serupa atau terkait.

2. Jalan-jalan

topik blogUntuk yang memiliki hobi jalan-jalan, menceritakan pengalaman traveling selalu menjadi hal yang sangat menarik untuk dilakukan. Daripada pengalamanmu hanya tersimpan untukmu sendiri, nggak salahnya kalau kamu membagikannya ke orang lain bukan?

Kamu bisa mengulas tempat wisata yang kamu kunjungi, hotel tempatmu menginap, hingga hal-hal menarik yang kamu temukan dalam perjalananmu.

3. Makan, makan, dan makan

topik blogMakan itu adalah hal pokok yang pasti dilakukan semua orang. Termasuk kamu! Jika kamu memang memiliki minat lebih terhadap kuliner, nggak ada salahnya kamu nge-blog hal-hal berbau kuliner. Mulai dari tempat makan favorit, hingga resep dan anekdot seputar kuliner bisa kamu bagikan di blog kuliner kamu.

4. Teknologi

topik blogDi zaman yang serba digital, teknologi sudah jadi bagian yang sangat dekat dengan kehidupan. Kamu sendiri secara nggak sadar menggunakan berbagai teknologi dalam keseharian. Mulai dari smartphone, laptop, hingga berbagai aplikasi di dalamnya.

Membagikan pengalamanmu mengenai berbagai teknologi yang kamu gunakan merupakan hal yang nggak kalah menarik, terutama bagi mereka yang mungkin saja tengah berencana mengganti gadget mereka. Sering menulis topik blog ini nggak akan rugi deh!

5. Ide dan pemikiran

topik blogPunya pendapat pribadi akan suatu peristiwa? Kamu merasa perlu menyuarakan pandanganmu mengenai isu-isu sosial saat ini? Kenapa tidak?

Melalui blog pribadi, kamu bebas mengutarakan ide, opini, hingga pemikiranmu mengenai berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari. Tapi ingat, hindari menyuarakan hal-hal berbau kekerasan, sara, dan hal-hal negatif serta provokatif lainnya, ya.

6. Tutorial

topik blogBanyak banget orang yang kini mulai memanfaatkan internet untuk mempelajari berbagai hal. Mulai dari cara memasak, hingga langkah-langkah membangun rumah bisa kamu temui melalui internet. Nggak heran, topik blog tutorial semakin populer dan dicari.

Nah, melihat fenomena ini, kamu juga bisa membagikan berbagai pengetahuanmu mengenai cara-cara alias tutorial hal yang kamu kuasai. Mulai dari resep makanan yang biasa kamu masak, hingga pengalamanmu membersihkan laptopmu dari virus.

7. Fotografi

topik blogBuat kamu yang nggak begitu suka menulis, gambar juga merupakan cara yang nggak kalah keren untuk dijadikan konten dari blog. Apalagi jika fotografi merupakan keahlian atau hobimu!

Kamu bisa membagikan hasil jepretanmu saat menelusuri kota tua atau berbagai foto unik mainan-mainan milikmu. Selain itu, kamu juga bisa memberikan bumbu pada hasil fotomu dengan sedikit kata-kata yang menarik bagi pengunjung blogmu.

8. Gaya hidup

topik blogTips kesehatan, kecantikan, hingga kebiasaan olahraga merupakan bagian dari gaya hidup yang bersifat personal dan bermanfaat untuk kamu bagikan ke publik.

Mulai dari cara berdiet yang pernah kamu coba, hingga suplemen apa yang kamu gunakan untuk mengatasi kulit wajahmu yang berminyak, semuanya sangat menarik untuk kamu ulas dalam sebuah blog gaya hidup.

9. Review

topik blogBlog review atau ulasan merupakan tema blog yang sebenarnya bisa digunakan untuk berbagai topik dan ditulis oleh siapa saja.

Kamu bisa membagikan pendapatmu mengenai tempat yang baru saja kamu kunjungi, makanan yang baru kamu cicipi, buku yang sudah selesai kamu baca, hingga lemari es yang baru kamu beli bulan lalu.

10. Buku harian

topik blogPada awalnya blog pribadi kebanyakan berisi cerita mengenai pengalaman sehari-hari dari penulisnya. So, menjadikan blog pribadimu sebagai buku harian digital itu boleh banget!

Bagikan hal-hal menarik yang kamu lakukan atau temui hari ini atau dalam minggu ini. Kisah-kisah seram hingga pengalaman lucu juga akan sangat menarik bagi pengunjung blogmu.


Apapun topik blog yang ingin kamu gunakan, pastikan kamu menyukai dan menguasai topik tersebut. Dengan begitu, dijamin blog dan tulisanmu pun akan terasa jauh lebih hidup!

Sudah tahu tema seperti apa yang kira-kira cocok buat kamu nge-blog? Tunggu tips blogging dan menulis lainnya dari Blog C2live, ya!

Sumber : stevepbLoboStudioHamburg, Pexels, FirmBeecongerdesignRobert_z_Ziemy, congerdesignmojzagrebinfoPatternsPictureCharuTyagi.

Related Posts

Site Menu