Sedang Jenuh dan Nggak Bisa Cari Inspirasi? Yuk Coba 3 Jenis Konten Penyelamat Ini agar Tetap Konsisten Blogging

Idealnya, seorang blogger memang harus selalu bersemangat dalam mengelola blog mereka sehingga mereka bisa produktif menghasilkan berbagai jenis konten bermanfaat. Namun, blogger tetaplah manusia yang kadang merasa lelah dan jenuh, sehingga nggak ada inspirasi untuk menulis.

Jika kamu sedang berada di fase sulit mencari inspirasi, jangan hanya berdiam diri dan membiarkan blogmu terbengkalai. Ada cara, kok, untuk tetap menjaga konsistensi rilisan artikel di blog tanpa harus kesulitan mencari inspirasi!

Mau tau apa saja caranya? Yuk, simak di bawah!

1. Artikel Kurasi (Round Up)

Artikel kurasi di sini maksudnya adalah kamu mengumpulkan berbagai konten yang sudah ada di internet, lalu merangkumnya dalam satu artikel. Artikel kurasi ini bisa berupa kumpulan foto, kumpulan meme, atau juga kumpulan meme.

Nggak butuh waktu banyak untuk menulis artikel semacam ini, kamu hanya perlu berselancar di internet sambil mencari materi untuk dikurasi. Kalau bisa, sesuaikan dengan momen atau tren yang sedang berlangsung agar lebih menarik untuk pembaca.

Oh iya, pastikan juga kamu memberikan credit pada sumber aslinya ya, agar kamu nggak terkena masalah terkait copyright dari pihak yang berwenang.

Baca juga: Belajar dari 4 Blogger Langganan Juara Lomba Blog 

2. Konten Recycle

Kamu tentu sudah punya banyak artikel dengan konten berkualitas di blogmu. Sebagian dari artikel-artikel tersebut bisa jadi masih relevan hingga hari ini. Nah, konten-konten yang masih relevan tersebut bisa kamu daur ulang menjadi sebuah konten yang lebih fresh.

Kamu bisa mengubahnya menjadi sebuah slide, infografis, atau bisa juga mengubah format penulisannya menjadi listicle, misalnya. Dengan mendaur ulang konten lamamu, kamu nggak perlu lagi berlama-lama mencari materi untuk ditulis, namun kamu tetap bisa menghadirkan konten bermanfaat untuk pembacamu.

Nggak perlu ragu juga untuk mencantumkan tautan menuju artikel aslinya, agar pembacamu bisa berkunjung ke sana dan membaca sendiri konten tersebut sebelum di daur ulang. Jadi selain bisa menjaga konsistensi merilis artikel baru, cara ini juga cukup membantu pengembangan SEO blogmu. Simple kan?

3. Memperbarui Konten yang Lama

Selain dengan mendaur ulang artikel lama menjadi konten yang lebih fresh, kamu bisa juga melengkapi atau memperbarui informasi yang ada di artikel-artikel lamamu. Jadi, kamu nggak perlu membuat artikel baru, hanya perlu menambahkan informasi baru serta membuang informasi yang nggak relevan.

Cara ini sangat bermanfaat untuk kamu yang punya banyak artikel tips dan trik, karena pasti akan selalu ada tips baru yang bisa kamu bagikan. Selain itu, kamu yang memiliki blog dengan niche traveling juga bisa menggunakan strategi ini. Kamu bisa memperbarui informasi soal harga tiket, rute perjalanan yang lebih efisien, atau beberapa tips tambahan yang bisa bermanfaat untuk pembacamu.

Kalau kamu menggunakan ini, jangan lupa untuk memberikan disclaimer di bagian awal artikel bahwa kamu telah memperbarui artikel tersebut, sehingga pembaca tahu bahwa informasi yang ada di artikel itu masih up to date. Selain itu, jangan lupa ganti juga tanggal penerbitan artikel tersebut agar artikel itu nggak terkubur jauh.

Jika kamu sukses menjalankannya, kredibilitasmu pun akan meningkat karena pembaca akan melihatmu sebagai blogger yang peduli dan tanggap dalam menyampaikan info terbaru yang bermanfaat.


Ketiga trik di atas adalah cara cerdas agar kamu bisa terus merilis artikel baru meskipun kamu sedang berada dalam fase jenuh mencari inspirasi. Selain itu, cara di atas juga bisa kamu gunakan di saat kamu sedang sibuk dan nggak punya waktu untuk berlama-lama mencari inspirasi.

Dengan menerapkan ketiga trik di atas, nggak ada lagi alasan blogmu terbengkalai hingga berminggu-minggu hanya karena kamu sedang jenuh. Jangan biarkan pembaca yang sudah susah payah kamu kumpulkan lari begitu saja hanya karena blogmu jarang update. By the way, apakah kamu juga punya trik tersendiri yang sering kamu gunakan di saat sedang jenuh blogging? Kalau ada, yuk tuliskan trik andalanmu di kolom komentar!

Sumber: Fanpop, Liputan 6, Social Report, Malcare.

Related Posts

Site Menu