Mengenal 3 Lifestyle Blogger Indonesia dengan Konten Khas yang Unik

Dengan banyaknya blog bertema lifestyle, terkadang menjadi cukup sulit untukmu bisa merebut perhatian pembaca. Apalagi jumlah lifestyle blogger itu akan terus bertambah setiap harinya. Persaingan perebutan pembaca pun akan semakin sengit di tengah era digital yang penuh dengan keterbukaan dan kebaruan ini.

Tapi kamu jangan menyerah! Salah satu trik untuk bisa meraih pembaca setia adalah dengan memiliki konten dan ciri khas yang unik. Keunikan inilah yang akan menjadi identitas pembeda, sehingga pembaca bisa dengan mudah mengenali blogmu di tengah ramainya blog-blog dengan tema lifestyle lainnya.

Bingung cara menemukan keunikan blogmu sendiri? Yuk coba pelajari cara 3 lifestyle blogger ini menemukan keunikan mereka! Siapa tahu, kamu bisa terinspirasi dan menerapkannya pada blogmu sendiri.

1. Dzofar

Pemuda yang lahir dengan nama Muhammad Ali Mudzofar ini awalnya menggunakan blog sebagai sarana berbagi ilmu desain grafis. Saat itu ia merasa, di Indonesia belum banyak blog yang memberikan tutorial penggunaan software desain grafis seperti Corel Draw maupun Adobe Photoshop. Jadi ia pun iseng membagikan ilmunya di blog, sekaligus membuka usaha pembuatan desain vector untuk yang membutuhkan. Pelan-pelan, namanya pun mulai dikenal orang dan usahanya laris manis.

Setelah menemukan keunikan itu rupanya Dzofar nggak berhenti di situ. Ia pun mulai mengulas berbagai hal keseharian lain untuk mengisi blognya. Seiring dengan bertambahnya konten di luar desain grafis, image Dzofar sebagai seorang lifestyle blogger pun kian terbentuk.

Kini konten yang disajikan Dzofar lewat blognya pun beragam. Mulai dari pengalamannya mengikuti lomba marathon, cafe-cafe seru yang ia kunjungi, sampai kejadian sehari-hari di hidupnya. Tapi tentu saja ia masih mempertahankan desain grafis dan vector keren sebagai ciri khas yang telah menjadi keunikan blognya.

2. Annisa Steviani

Sebagai blogger, kamu tentu menyadari peran gaya bahasa dalam menciptakan kesan unik pada blogmu. Itulah yang dilakukan oleh Annisa Steviani, ibu satu anak yang mengelola blog lifestyle untuk berbagi cerita.

Jika kamu membaca beberapa artikel tulisan Annisa, kamu akan menyadari bahwa Annisa memiliki gaya bahasa yang menyenangkan. Tulisannya jadi terasa hidup karena ia menulis dengan gaya heboh dan lucu, tapi sama sekali ngga norak. Bahkan untuk lebih menghidupkan suasana tulisannya, Annisa sering kali dengan cerdik menggunakan gif-gif lucu. Sehingga artikel-artikelnya pun jauh dari kesan monoton atau membosankan.

Selain itu, Annisa juga menyadari bahwa tampilan blog sangat penting dalam membangun citra unik bagi blognya. Ia sangat teliti dalam menata tampilan blognya. Kombinasi warna putih dan pink sukses menjadi ciri khas yang mengingatkan pembaca pada blognya.

Baca juga: Yuk Belajar Meramu Konten dari 6 Blogger Indonesia Ini!

3. Dee Rahma

Mungkin kamu sudah pernah tau kalau artikel dengan format listicles nggak cuma lebih nyaman untuk dibaca oleh pembaca, tapi juga baik untuk SEO blogmu. Nah, kamu bisa belajar dari Dee Rahma dalam menerapkan itu pada blogmu.

Dee sangat konsisten menggunakan format listicles pada berbagai artikel blognya. Ia pun sering kali sudah menuliskan secara gamblang ada berapa list yang ia sertakan dalam sebuah artikel. Ini sangat membantu pembaca, sehingga pembaca tahu apa informasi apa yang akan mereka dapatkan saat membukanya.

Artikel-artikel yang ditulis oleh Dee pun sangat lengkap dan informatif, ia hampir selalu menyertakan semua kebutuhan informasi yang dibutuhkan pembaca. Hebatnya lagi, ia selalu sukses mengemasnya dengan rapi. Sehingga meskipun padat informasi, artikel tulisannya sama sekali ngga membingungkan untuk dibaca. Keren!


Meraih pembaca memang sebuah tantangan yang tricky bagi blogger. Ada berbagai elemen yang berpengaruh agar blogmu bisa mempunyai value menarik di mata pembaca, salah satunya adalah keunikan-keunikan yang menjadi identitas blogmu.

Keunikan itu bisa berupa kreativitasmu dalam memilih niche, bisa berupa gaya bahasa yang menghibur, atau bisa juga konsistensimu menggunakan format artikel tertentu. Tentunya itu semua tetap harus diimbangi dengan isi konten yang berkualita dan memang memberi manfaat bagi pembaca.

Untuk bisa menemukan keunikan itu, coba untuk mengeksplorasi minat dan ketertarikanmu pada hal-hal tertentu, yang bisa kamu ubah menjadi sebuah niche yang unik. Selain itu, evaluasi juga artikel-artikelmu yang berhasil menggaet banyak pembaca, dan ambil pelajaran dari artikel itu. Dan yang terakhir, jangan takut untuk mencoba dan berusaha tampil beda. Bagaimana pun mengelola blog adalah perjalanan panjang yang pastinya akan penuh dengan usaha dan percobaan. Jadi, jangan mudah menyerah, ya!

Sumber:Instagram Annisast, Biem, Annisast, Journal of Dee Rahma.

Related Posts

Site Menu