blog pendidikan

6 Blog Pendidikan yang Bermanfaat bagi Indonesia di Tahun 2018

Dengan terus dikembangkannya berbagai infrastruktur pendukung dan pengguna yang terus meningkat, internet telah memberi berbagai dampak positif bagi Indonesia di berbagai aspek. Mulai dari bidang pariwisata, transportasi, ekonomi, dan tentunya juga bidang pendidikan. Selain membantu dari sisi sistem pengajaran dan administrasi, keberadaan internet juga membantu penyebaran wawasan dan pengetahuan yang bisa diakses gratis. Banyak blogger yang mengelola blog pendidikan yang sangat bermanfaat.

Blog-blog pendidikan tersebut pun cukup informatif. Ada yang membagikan materi pelajaran, tips belajar, hingga info-info terkini dunia pendidikan. Penasaran? Yuk, simak beberapa blog pendidikan terbaik berdasarkan penelusuran tim C2live!

1. GuruSD

Blog yang satu ini memang cukup fenomenal dan sangat bermanfaat baik bagi para guru maupun murid. Kontennya sangat lengkap. Mulai dari contoh soal, tips belajar dan mengajar, hingga info terbaru dunia pendidikan. Tampilannya pun nyaman di mata dan mudah dioperasikan oleh orang-orang yang baru mengenal internet. Kemudahan penggunaan ini adalah unsur penting mengingat banyak daerah di Indonesia yang baru belajar soal internet dan cara menggunakannya.

Blog ini pun cukup aktif merilis artikel terbaru secara konsisten. Itu artinya mereka cukup kredibel dan bisa diandalkan apabila kamu membutuhkan suatu berita yang faktual. Semua artikel yang ada pun diarsipkan dalam beberapa kategori secara rapi, sehingga memudahkan kamu apabila ingin mencarinya.

2. Operator Sekolah

Blog yang satu ini juga berkomitmen menyajikan konten seputar kebutuhan tenaga pendidik yang bisa memanjakan pencari file atau berkas seputar pendidikan. Konten lengkap dan selalu update menjadikan blog ini salah satu blog favorit untuk dikunjungi.

Yang membuat blog ini istimewa, blog ini nggak cuma bisa membantu para guru terkait materi pelajaran, tapi juga menyediakan berbagai dokumen administrasi guru seperti RPP, silabus, akreditasi, inventaris, hingga contoh berkas-berkas Tata Usaha. Dokumen-dokumen ini cukup penting agar sistem sekolah di berbagai pelosok Indonesia bisa memiliki standar kualitas yang baik.

Baca juga: 7 Blogger Potensial yang Namanya Belum Kamu Dengar

3. Portal Guru Online

Blog yang satu ini terfokus pada pemberdayaan para guru. Nggak heran kalau isinya banyak soal tutorial yang bisa membantu guru menjalankan peran mereka dengan baik. Jadi, blog ini memang nggak punya banyak materi pelajaran sekolah atau soal. Mereka lebih terfokus memberikan informasi seperti teknis pengisian ijazah agar guru nggak salah, cara mendapatkan NUPTK, hingga proses sertifikasi guru.

Blog untuk guru ini memiliki peran penting karena ia membagikan informasi agar guru bisa menjalankan kewajiban dan juga mendapatkan hak-hak mereka. Kedua hal itu penting agar sistem pendidikan kita bisa lebih maju lagi dan bisa mencetak generasi yang cerdas, peka, dan solutif.

4. SekolahDasar

Seperti namanya, tentu saja blog ini dikhususkan untuk para tenaga pengajar yang mendidik anak-anak sekolah dasar. Jangan harap kamu bisa menemukan contoh soal untuk anak SMA atau masuk perguruan tinggi, sebaliknya kamu bisa menemukan ratusan contoh soal untuk anak-anak sekolah dasar dari berbagai tingkatan.

Nggak cuma itu, blog-blog ini pun membagikan berbagai tips dan trik agar guru bisa mengajar dengan cara yang lebih efektif. Karena memang pada dasarnya, untuk menjadi guru yang baik, memahami materi saja nggak cukup. Butuh skill komunikasi dan pemahaman psikologi anak agar bisa membimbing dan mendidik anak usia sekolah dasar dengan tepat. Jika kamu kebetulan adalah salah satu guru di SD, blog ini wajib kamu kunjungi.

Baca juga: 6 Fakta Google yang Menarik untuk Diketahui

5. SejutaGuru

blog-pendidikan

SejutaGuru adalah sebuah blog untuk guru yang sangat layak untuk dijadikan referensi. Di dalamnya ada berbagai informasi penting. Mulai dari berita, tips mengajar, pengembangan karakter untuk siswa, hingga opini-opini tentang guru dan pendidikan.

Blog ini dikelola oleh Ali Fauzi, seorang blogger yang juga berprofesi sebagai seorang guru. Itulah sebabnya artikel-artikel ini sangat relevan dan tips yang diberikan bisa diaplikasikan saat kegiatan mengajar. Apabila kamu adalah seorang pengajar, luangkan waktumu untuk rutin berkunjung agar wawasanmu terus bertambah.

6 Guru Kreatif

blog-pendidikan

Blog tentang pendidikan yang satu ini digagas oleh Agus Sampurno. Agus sendiri adalah seorang pendidik yang berpengalaman. Ia mulai mengajar di Global Jaya International School, sebelum akhirnya menjadi kepala sekolah di Ananda Islamic School Jakarta. Tak hanya di sekolah, sepak terjangnya di dunia akademik juga diakui berbagai pihak seperti Microsoft Indonesia dan KPK.

Ia membagikan pemikiran dan pengalamannya lewat sebuah blog. Blog tersebut sudah ia mulai sejak April 2007 dan masih konsisten hingga sekarang. Lewat konsistensi dan kualitas kontennya, ia bahkan sempat dinobatkan oleh Detik.com sebagai blog pendidikan terbaik di tahun 2009, dan juga menjadi Guru Era Baru oleh Acer Indonesia di tahun 2011.


Semakin berkembangnya teknologi memang sudah selayaknya memberikan dampak yang positif pada dunia pendidikan. Pendidikan sendiri adalah salah satu bidang yang sangat menentukan kemajuan bangsa, itu sebabnya para tenaga pendidik pun perlu untuk terus belajar, berkembang, dan memahami cara menjadi pendidik yang efisien dan efektif.

Untuk itu, kehadiran blog-blog pendidikan seperti contoh di atas sangatlah layak untuk diapresiasi. Blog-blog ini sedikit banyak memudahkan guru-guru yang ada di pedalaman Indonesia bisa memiliki standar kompetensi yang sama dengan guru yang ada di kota besar. Mereka nggak perlu lagi harus berkunjung ke luar kota untuk mempelajari sistem pendidikan yang baik. Blog-blog ini telah membuktikan bahwa internet dan teknologi telah berkontribusi pada perbaikan kualitas pendidikan Indonesia yang masih butuh untuk terus ditingkatkan.

Sumber: KasKus, GuruSD, Operator Sekolah, Portal Guru Online, SekolahDasar.

Related Posts

Site Menu