Yuk Belajar dari 4 Blogger Langganan Juara Kompetisi Menulis!

Semakin hari, semakin banyak diselenggarakan kompetisi blog yang bisa kamu ikuti. Penyelenggaranya pun beragam, mulai dari universitas, brand, hingga berbagai instansi pemerintah.

Selayaknya sebuah kompetisi, tentu ada yang menang dan ada yang belum berhasil. Yang menarik, ternyata ada beberapa blogger yang secara konsisten mengikuti lomba, bahkan sering kali sukses menghasilkan artikel keren yang akhirnya membawa mereka keluar sebagai pemenang.

Penasaran siapa saja blogger langganan juara tersebut? Yuk, simak di bawah!

1. Arifah Wulansari

Arifah Wulansari atau yang akrab dipanggil Mbak Ari ini sudah aktif ngeblog sejak tahun 2012. Selain ngeblog, ibu muda ini juga bekerja sebagai PNS di salah satu Puskesmas di kawasan Bantul, Jogja. Hingga kini, Mbak Ari sudah memenangkan puluhan lomba blog. Jadi, nggak heran jika tulisannya dianggap matang dan banyak dijadikan referensi oleh blogger muda.

Menurut Mbak Ari, kunci dari memenangkan lomba blog adalah menemukan sudut pandang yang menarik sehingga tulisan kamu memiliki identitas yang unik. Selain itu, disiplin menata waktu agar bisa merampungkan tulisan sebelum deadline juga sering menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi orang yang sehari-hari juga bekerja seperti Mbak Ari.

2. Evrina Budiastuti

Evrina adalah contoh lain ibu muda yang sukses mengelola blog di sela-sela kesibukan pekerjaannya. Evrina memang termotivasi dengan banyaknya hadiah menarik yang bisa dimenangkan dari lomba blog. Sejauh ini, mulai dari voucher hotel, iPhone, hingga kamera mirrorless telah sukses dimenangkan oleh Evrina.

Evrina sendiri merasa nggak ada trik khusus dalam memenangkan lomba. Kuncinya hanya totalitas, sehingga ia selalu menulis dengan sepenuh hati dan usaha maksimal. Selain itu, Evrina juga merasa menguasai kemampuan dasar desain grafis akan sangat membantu dalam menjuarai sebuah kompetisi blog. Jadi, pastikan elemen visual di artikelmu sudah oke sebelum kamu mendaftarkannya ke lomba blog, ya!

Baca Juga: 6 Prinsip Self Editing untuk Menghasilkan Konten yang Rapi

3.Langit Amaravati

Kalau kamu berkunjung ke blog miliki Langit, kamu tentu akan menyadari kalau blog miliknya memiliki tampilan visual yang memikat. Nggak cuma secara visual, konten yang dituliskan di artikel-artikelnya pun sangat informatif. Dengan kombinasi ini, nggak heran kalau Langit jadi sering memenangkan lomba blog.

Langit sendiri menggunakan kompetisi blog untuk menantang diri sendiri, agar bisa lebih disiplin dan peka terhadap berbagai tema. Dengan pengalamannya memenangkan berbagai lomba, Langit merasa menyesuaikan gaya bahasa dan sudut pandang penulisan dengan kebutuhan penyelenggara adalah hal yang utama. Selain itu, unsur kreatif seperti gambar atau video juga sebaiknya sesuai dengan brand penyelenggara.

Setelah ini, kalau kamu mendaftarkan artikelmu untuk lomba blog jangan lupa menerapkan taktik Langit ini, ya. Siapa tahu trik ini bisa membawamu jadi juara!

4. Handiko

Handiko adalah seorang mahasiswa Politeknik Negeri Semarang yang aktif mengikuti beragam lomba blog. Ia dikenal karena tampilan blognya yang sangat kreatif, serta gaya penulisan yang fun dan luwes.

Dalam memenangkan lomba blog, Handiko sering memanfaatkan vector maupun infografis untuk memperkuat storytelling artikelnya. Selain itu, Diko juga menekankan pentingnya memahami syarat dan ketentuan lomba agar hasil artikelmu bisa memenuhi apa yang dicari oleh penyelenggara


Memenangkan sebuah lomba blog tentu memiliki banyak tantangan sekaligus manfaat bagimu sebagai seorang penulis. Skill-mu untuk menulis beragam topik dan menyampaikannya dengan cara pandang yang unik akan semakin terasah. Selain itu, dengan menjadi pemenang sebuah lomba, exposure yang kamu dapatkan akan meningkat sehingga akan ada semakin banyak orang yang memperhatikan tulisanmu.

Jika kamu memang gemar mengikuti loma blog, nggak ada salahnya kamu belajar dari 4 nama di atas. Kamu bisa membaca karya-karya mereka untuk mempelajari cara mereka meramu ide menjadi tulisan. Teruslah belajar dan nggak bosan mencoba, siapa tahu kamu bisa jadi blogger langganan juara berikutnya!

Sumber: Handikoo, Nunung Nurlela, Kompasiana, ID Writers, Handikoo.

Related Posts

Site Menu