domain authority

4 Manfaat Utama dari Domain Authority dan Page Authority

Gilang is a young Indonesian Content Writer. He has huge interest to social issues, digital marketing, and pop cultures.

Beberapa waktu lalu C2live telah mengulas soal apa itu Domain Authority, Page Authority, dan bagaimana cara meningkatkannya. Kini, giliran C2live mengulas kenapa kedua hal tersebut penting dan apa manfaat yang bisa kamu dapat darinya.

Untuk yang belum familiar, Domain Authority adalah sistem penilaian yang membantu search engine menentukan peringkat suatu situs atau blog. Sementara pengertian Page Authority enggak jauh berbeda. Hanya saja, Page Authority digunakan untuk menilai sebuah halaman saja, bukan suatu situs blog secara keseluruhan.

Nah, agar kamu lebih menyadari pentingnya peran keduanya dalam karier blogging-mu, mari simak 4 manfaat Domain Authority dan Page Authority berikut:

1. Menyadarkan Kalau Blogging Enggak Hanya Soal Traffic

Dengan mempelajari sekilas tentang Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA), kamu akan memahami bahwa kedua penilaian ini enggak berpusat pada traffic blog. Pemahaman ini perlu diketahui, karena masih ada banyak blogger yang terlalu traffic-oriented hingga mengabaikan berbagai elemen blog lainnya. Akhirnya para blogger tersebut pun hanya menulis sesuai tren tanpa ada kedalaman bahasan ataupun fokus yang jelas.

Dengan memahami Domain Authority, kamu akan lebih terfokus pada kualitas konten dan konsistensi menulis. Kamu nggak akan sembarangan memilih topik, atau malah hanya menulis promosi berbayar dan artikel untuk lomba blog saja. Domain Authority bisa jadi pengingat bahwa kamu harus jadi blogger yang berkomitmen untuk menghasilkan konten informatif, bukan hanya mengikuti tren demi mengejar traffic.

Baca juga: Mengenal Domain Authority dan Page Authority

2. Validasi Kualitas Konten

Salah satu penyebab DA dan PA blogmu bisa mendapat nilai tinggi adalah apabila ada banyak backlink yang mengarah pada blogmu. Semakin tinggi nilai DA dan PA, berarti semakin banyak orang yang memberi backlink ke blogmu sebagai referensi mereka. Artinya, mereka merasa kontenmu memang bermanfaat dan layak untuk disebarluaskan. Ini merupakan bentuk validasi kualitas konten yang sahih.

Untuk mencapainya, butuh kejelian dalam menulis konten. Pastikan kamu sudah menerapkan prinsip 5W+1H serta memiliki outline yang jelas agar artikelmu rapi dan informatif. Jangan ragu juga untuk mencantumkan sumber referensimu agar pembaca lebih percaya dengan apa yang kamu ulas.

3. Mengukur Perkembangan Konten

Blogger sering kali bingung mengukur pertumbuhan blog mereka sendiri, karena seringkali angka yang biasa mereka pantau hanya page views. Dengan adanya DA dan PA, kini kamu jadi mempunyai parameter lain dalam blogging.

Jika kamu merasa kamu sudah memasarkan blogmu ke berbagai channel sosial media namun page views-mu tetap stagnan, coba cek DA
blogmu dan evaluasi hasilnya. Setelahnya, lakukan beberapa pengembangan agar nilai DA dan PA blogmu membaik. Nilai DA dan PA yang baik akan memperbaiki peringkatmu di hasil pencarian Google. Jika DA dan PA sudah tinggi dan kamu berhasil masuk ke halaman pertama Google, kamu nggak perlu lagi cemas soal page views dan monetisasi.

Baca juga: 4 Fakta Domain Authority dan Page Authority

4. Nilai Jual di Mata Brand

Salah satu bentuk monetisasi yang lumrah dilakukan blogger adalah bekerja sama dengan brand untuk mempromosikan suatu produk. Dengan memiliki nilai Domain Authority dan Page Authority yang oke, kamu akan mempunyai nilai lebih di mata brand.

Faktanya, banyak brand di Indonesia yang memang mencari blogger dengan kredibilitas valid. Hal itu bisa kamu jawab dengan menunjukan nilai DA dan PA blogmu. Selain DA dan PA, memiliki niche dan demografi pembaca yang jelas juga merupakan hal yang dicari oleh blogger. Jadi pastikan kamu menyadari hal-hal ini agar blogmu lebih sering dilirik oleh brand.


Domain Authority dan juga Page Authority merupakan hal yang enggak boleh dianggap sepele oleh blogger. Apalagi sekarang ketika industri digital sudah semakin data-driven, kamu pun harus mengimbanginya dengan mengetahui data-data vital dari performa blogmu.

Tentu menaikkan nilai DA dan PA bukanlah tujuan utama mengelola sebuah blog. Justru DA dan PA hanyalah data yang bisa membantumu mengenali blogmu sendiri, sehingga kamu bisa mengevaluasi dan mengembangkan dengan tepat. Peka terhadap Domain Authority juga akan memudahkanmu bekerja sama dengan brand. Kalau nila DA dan PA blogmu tinggi, siap-siap banyak brand yang menyapamu, dan mengajakmu menjadi partner marketing mereka. Tertarik?

Sumber gambar: TrafficBox, Skillema, Quick Dirty Tips, Elegant Themes.

Related Posts

 
Site Menu