5 Alasan Orang Tidak Berkomentar di Blog Kita

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Dalam dunia blog, kita mengenal yang namanya blogwalking. Blogwalking ini merupakan aktivitas mengunjungi sebuah blog untuk membaca postingannya. Zaman saya masih ngeblog di Multiply dulu, blogwalking ini merupakan kegiatan yang sangat seru karena biasanya komentarnya saling berbalas. Ini disebabkan sistem Multiply yang memberikan notifikasi untuk setiap balasan yang masuk di postingan tersebut. Sisi positifnya, ikatan pertemanan di Multiply bisa dibilang sangat akrab satu sama lainnya.

Blogwalking sendiri memiliki cukup banyak manfaat. Pertama, membuat kita mendapat informasi baru dari postingan yang kita baca, entah itu dari review produk, catatan perjalanan, hingga pengalaman si penulis. Selain itu, blogwalking juga bisa menambah jaringan pertemanan kita di dunia maya. Nah, jika dikaitkan dengan dunia blog sendiri, blogwalking bisa meningkatkan nilai dari blog kita sendiri yang kerap kita sebut dengan Domain Authority (DA). Caranya cukup dengan menanamkan alamat blog kota di kolom komentar yang ada di blog yang kita kunjungi. Trus, apakah blogwalking juga bisa mendatangkan traffic? Bisa juga kalau blog yang kita kunjungi berkunjung balik.

Nah, satu hal yang perlu diketahui, blogwalking nyatanya tak selalu berakhir dengan memberi komentar. Ada tipe-tipe pembaca blog yang doyannya baca doang tanpa meninggalkan jejak alias silent reader. Hal-hal berbau teknis juga bisa menjadi alasan seorang pembaca tidak berkomentar di blog kita. Lalu kira-kira apa saja ya alasan seseorang tidak memberikan komentar setelah mengunjungi sebuah blog? Berikut beberapa yang bisa saya sebutkan:

1. Bingung mau berkomentar apa

Ini mungkin terdengar klise. Namun kadang saya sendiri juga cukup sering meninggalkan begitu saja sebuah blog karena karena bingung mau memberi komentar apa. Entah karena bahasan yang saya baca terlalu rumit atau sayanya yang memang lagi blank. Bahkan kadang kalau sebuah blog komentarnya sudah terlalu banyak saya juga bisa keder buat ngasih komentar. Selain itu, ada beberapa blogger yang tidak menyukai komentar semacam nice post atau terima kasih. Nah, kalau sudah begini ya mending nggak usah komentar, begitu mungkin yang ada di pikiran pengunjung.

2. Blog yang dikunjungi tidak mobile friendly

Memiliki blog dengan template yang mobile friendly bisa dibilang hal yang wajib di masa sekarang. Ini karena rata-rata pembaca blog sekarang mengakses blog lewat ponsel mereka masing-masing. Jujur saja, kalau blog yang dikunjungi ternyata tidak responsive dan mobile friendly, saya bisa langsung balik kanan karena malas baca tulisan yang kecil-kecil. Kecuali jika blog tersebut diikutkan dalam sharing list sebuah grup barulah saya akan benar-benar membacanya.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Gratis

3. Lelah dengan captcha yang menyebalkan

Bagi mereka yang mengunjungi blog dengan platform blogspot pasti pernah merasakan ini. Sudah nulis komentar panjang kali lebar, eh pas giliran mau publish ketemu Captcha untuk membuktikan kalau pengunjung bukanlah robot. Kalau ngekliknya sekali sih nggak masalah. Lah ini kadang sampai harus klik berkali-kali. Mulai dari gambar jembatan, mobil, mobil dan berbagai gambar lainnya yang harus diklik. Kalau sudah begini rasanya ingin langsung nutup artikelnya. Heu.

4. Tidak ada kolom komentar di bawah postingan

Perihal teknis lain yang bisa membuat pengunjung tidak meninggalkan komentar di blog seseorang adalah tidak adanya kolom komentar. Ini mungkin terjadi karena ada kesalahan pada css template yang digunakan. Untuk menyiasatinya sih seharusnya pemilik blog mencari cara agar kolom komentar tersebut bisa muncul lagi dengan menambahkan kode-kode tertentu.

5. Terdistraksi kegiatan lain

Ini berlaku bagi mereka yang suka melakukan kegiatan multitasking. Saya, misalnya. Kadang sambil mengerjakan tugas kantor saya juga blogwalking. Nah, kadang setelah postingannya diklik eh saya malah nggak sempat baca karena sibuk dengan kerjaan. Tahu-tahu hari sudah sore dan saya harus pulang. Jadilah blog tersebut ditutup tanpa sempat dibaca apalagi dikomentari.

Itu dia 5 alasan kenapa orang tidak berkomentar di blog kita versi saya. Teman-teman mungkin ada yang bisa menambahkan?


Artikel ini pertama kali dipublikasikan di AyanaPunya.com. Bila kamu juga ingin membagikan artikel kamu di C2live, segera hubungi putra@c2live.com

 

Related Posts

 
Site Menu