blog otomotif

5 Blog Otomotif Indonesia yang Paling Ramai Dikunjungi

Peran penting niche dalam menjaring pembaca blog rasanya sudah enggak terbantahkan lagi. Nah, salah satu niche blog yang cukup digemari di Indonesia adalah blog otomotif. Dengan banyaknya pengguna kendaraan bermotor di Indonesia, rasanya fakta tersebut enggak mengherankan lagi.

Nah, tim C2live mencoba menelusuri blog-blog otomotif Indonesia yang paling laris didatangi pengunjung. Penasaran siapa saja? Yuk simak 5 blog otomotif Indonesia favorit pembaca berikut ini!

1. Iwan Banaran

Munculnya nama Iwan Banaran tentu sudah bisa ditebak, blog miliknya memang blog otomotif yang paling disukai pembaca. Tim C2live sendiri memperkirakan setiap bulannya ada sekitar 1,5 juta pembaca yang datang mengunjungi blog milik Iwan. Nggak mengherankan sih, secara konten blog Iwan Banaran memang sangat komplit.

Ia mengulas berbagai jenis sepeda motor dan pernak-perniknya secara jelas dan fun, sehingga sangat informatif bagi pembaca. Selain itu ia sangat konsisten dalam menuliskan artikel yang faktual, sehingga pembaca enggak tertinggal soal info-info terbaru dunia otomotif.

Dengan traffic yang sedemikian tinggi, tentu banyak brand besar yang datang dan mengajak Iwan bekerja sama. Apalagi blog Iwan juga memiliki niche dan demografi pembaca yang jelas, jadilah blog miliknya enggak hanya diminati pembaca, tapi juga brand-brand besar.

2. TMCblog

Satu lagi nama yang enggak asing di telinga penggemar otomotif adalah TMCblog. Blog otomotif yang dikelola oleh Taufik ini juga digemari banyak orang. Gaya bahasanya yang luwes dan friendly membuat pembaca enggak jenuh dalam mempelajari berbagai informasi otomatif yang ia sajikan. Ulasan yang ditulis oleh Taufik pun sangat-sangat detail, sehingga mengasyikan bagi para penggiat otomotif yang ingin mencari tahu suatu produk. Selain itu, TMCblog juga gemar mengulas berbagai kompetisi otomotif, seperti MotoGP misalnya. Hal ini tentu menjadi keunikan yang positif di mata pembaca.

Diperkirakan sekitar 1,4 juta pembaca mengunjungi TMCblog setiap bulannya. Angka pembaca yang sedemikian tinggi membuktikan bahwa blog dengan niche otomotif memiliki potensi yang sangat besar.

3. Semi Sena

Jika dua nama sebelumnya terfokus pada pembahasan roda dua secara mendalam, blog otomotif yang satu ini enggak hanya fokus di sepeda motor, tapi juga kerap mengulas mobil. Kontennya pun beragam, mulai dari kendaraan-kendaraan yang baru rilis, hingga tips dan trik dalam berkendara maupun cara merawat kendaraan agar awet.

Pengkategorian konten yang ringkas dan sistem navigasi yang ringkas menjadi andalan blog Semi Sena ini. Dengan konten yang up to date dan situs yang mudah dijelajah, blog ini rata-rata menjaring 1,2 juta pembaca setiap bulannya. Luar biasa kan?

Baca Juga: 7 Blogger Keren Indonesia yang Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar

4. BMSpeed7

BMSpeed7 adalah blog otomotif yang digagas oleh Bukhori Muslim, blogger muda asal Pekalongan. Ia terpikir untuk memulai blog sendiri karena terinspirasi oleh blog Iwan Banaran dan Ipan. Karena kebetulan memang memiliki minat otomotif juga, Muslim pun iseng mulai mencoba berbagi informasi yang ia tahu seperti Iwan dan Ipan.

Keisengan itu ternyata berbuah manis. Muslim konsisten menulis berbagai ulasan roda dua dengan gaya bahasanya sendiri. Meskipun gaya bahasanya ringan, namun informasi yang ia sampaikan tetap berbobot. Ia kerap diundang untuk meliput berbagai pameran otomotif dan mengulas berbagai produk yang ada di sana.

Kini, blognya pun sudah dikenal banyak orang. Sekitar 750 ribu pembaca rutin berkunjung ke blog BMSpeed7 ini.

5. Kobayogas

Blog terakhir di daftar ini adalah blog otomotif milik Kobayogas. Ia mengelola blog otomotif yang berfokus pada kendaraan roda dua. Yang membedakan blognya dengan blog-blog lain, Kobayogas memiliki beberapa rubrik unik yang enggak dimiliki oleh blog otomotif kebanyakan.

Salah satunya adalah rubrik Kulineride, yaitu berbagi ulasan kuliner yang lezat saat touring atau fun ride. Selain itu ada juga rubrik Intermezzo, Kisah Inspirasi, dan Merinding Series. Rubrik-rubrik ini adalah konten yang unik, karena pembaca jadi bisa menemukan hal fresh yang enggak melulu terfokus pada otomotif.

Kini, C2live memperkirakan blog otomotif Kobayogas ini dikunjungi 430 ribu pembaca setiap bulan. Traffic itu tentu akan terus tumbuh seiring semakin banyaknya konten dan ulasan yang dirilis di blog tersebut.


Berhasil meraih banyak pembaca dari blog tentu merupakan mimpi para blogger. Apalagi jika kamu mencapainya karena kamu menulis hal-hal yang memang sesuai dengan minat dan ketertarikanmu.

5 blog di atas adalah bukti bahwa niche blog memiliki peran penting dalam mempertemukan blogmu dengan pembaca yang tepat. Pembaca tersebut akan menjadi pembaca setia karena mereka memiliki ketertarikan yang sama dengan apa yang kamu ulas di blogmu. Keterikatan ini akan sulit ada apabila blogmu enggak memiliki niche atau fokus yang jelas.

Selain itu, memiliki demografi pembaca yang terarah juga membuat blogmu menarik di mata brand. Karena mereka memang ingin mencari channel-channel pemasaran yang sesuai dengan target pasar mereka. Jadi, selain menarik di mata pembaca, memiliki blog dengan niche seperti blog otomotif ini juga akan membuatmu banyak diajak kerja sama oleh brand ternama.

Sumber foto: Iwan Banaran, TMCblog, Baca Berita, BMspeed7, Kobayogas.

Related Posts

Site Menu