12 Blog Parenting yang Layak Jadi Referensi Mengasuh si Kecil

Selain beauty dan fashion, blog parenting adalah salah satu niche yang menjanjikan untuk mendapat ribuan pembaca per hari. Hal ini mungkin disebabkan oleh banyaknya pasangan muda yang membutuhkan tips maupun nasehat bagaimana cara merawat dan mendidik seorang anak.

Kehadiran blog-blog parenting ini memang menawarkan banyak sudut pandang baru yang dibutuhkan oleh para ibu. Apalagi, untuk mereka yang memang baru pertama kali punya momongan, memang pasti membutuhkan banyak referensi agar bisa memberikan pengasuhan yang terbaik bagi si buah hati.

Kalau kamu kebetulan juga butuh referensi parenting, atau malah ingin memulai sebuah blog parenting-mu sendiri, yuk simak 12 blogger Indonesia ini yang berbagi pengalaman mengasuh anak lewat blog mereka!

1. Mira Sahid

Mira adalah salah satu blogger senior yang cukup dihormati blogger-blogger lain atas wawasan dan pengalaman blogging-nya. Bahkan ia dianggap sebagai “emak” dari Komunitas Emak Blogger, karena memang ialah pendiri dari komunitas tersebut. Dengan jiwa keibuan yang sedemikian kental, nggak heran kalau tips parenting-nya pun dianggap sebagai referensi terpercaya oleh banyak orang.

Lewat blog parenting miliknya, Mira sering berbagi pengalaman-pengalamannya dalam mengasuh anak-anaknya sebagai seorang inspiring single mom. Nggak cuma itu, blogger asal Bandung ini pun sering berbagi tips-tips yoga yang cocok untuk para ibu muda yang tetap ingin fit dan bugar. Gaya bahasa metro-pop ala Mira pun membuat berbagai kisah yang ia ceritakan nyaman dan ringan dibaca, sambil tetap berisi berbagai informasi bermanfaat untuk ibu dan anak.

2. Keluarga Hamsa

April Hamsa adalah seorang ibu yang bisa dibilang sangat produktif dalam menulis. Hampir selalu ada tulisan baru setiap hari yang dirilis di blognya. Tema yang dibahas pun beragam, meskipun secara garis besar tentu masih seputar parenting.

Untuk kamu yang membutuhkan referensi mengasuh anak dengan cara islami, blog ini bisa jadi pilihan yang tepat. Sesekali April menulis cara mengenalkan agama Islam sejak dini ke si kecil. Cara April menuliskan artikelnya pun cukup luwes, sehingga sebagai pembaca kamu nggak akan merasa sedang digurui meskipun bahasannya cukup berat dan serius.

3. Annisa Steviani

Berbicara soal blog parenting Indonesia rasanya enggak lengkap tanpa mengulas blogger yang satu ini. Annisa Steviani adalah ibu satu anak yang gemar membagikan cerita tentang bagaimana ia mengasuh anaknya lewat sebuah blog. Yang membuat tulisannya menarik adalah karena ia nggak ragu untuk melibatkan sudut pandang personal pada berbagai tulisannya, sehingga tulisannya mampu menghadirkan ikatan emosional yang kuat. Nggak heran kalau banyak perempuan atau ibu yang merasa related dengan ceritanya.

Blog dari Annisa pun memiliki desain yang berkelas. Paduan warna putih dan pink-nya sangat memanjakan mata, sehingga pembaca pun betah berlama-lama membaca cerita-ceritanya.

Baca juga: 7 Travel Blogger Indonesia yang Patut Kamu Kenali Sebelum Pergi Berwisata

4. Andra Alodita

Meskipun Alodita lebih dikenal sebagai seorang beauty blogger, namun sebenarnya di blognya ia pun banyak berbagi tips soal parenting dan juga motherhood. Ia sering mengulas pengalamannya mulai dari pemberian ASI, cara mengenalkan berbagai jenis makanan ke anak, hingga tips travelling bersama bayi.

Buat kamu yang kebetulan juga punya minat di bidang fashion, Alodita pun bisa jadi referensi yang tepat. Berhubung dia memang seorang beauty blogger, Alodita pun sering mengunggah artikel-artikel rekomendasi berpakaian untuk ibu dan anak yang stylish dan fun. Seru banget untuk foto keluarga!

5. The Asian Parent Indonesia

Berbeda dengan blog parenting lainnya di atas yang ditulis berdasarkan pengalaman personal dari sang ibu, blog ini ditulis dengan lebih profesional, lengkap, dan mendalam. The Asian Parent sendiri memang tersedia untuk berbagai negara lain, di antaranya Singapura dan Filipina.

Banyak artikel-artikel parenting dari berbagai bidang yang dituliskan dan memang layak untuk disimak. Mulai dari soal kehamilan, kesehatan, tips traveling bersama anak, hingga kisah inspiratif lengkap tersedia di blog ini. Dengan kelengkapan kontennya, nggak heran The Asian Parent masuk sebagai salah satu Best Parenting Blog di Indonesia versi iPrice Group pada tahun 2016.

6. Mother and Baby

mother-and-baby

Sama seperti The Asian Parent, Mother and Baby adalah sebuah blog ibu dan anak yang dikelola secara profesional, bukan perorangan. Meskipun begitu, bukan berarti informasi dan berbagai tips yang dimuat di sana lantas jadi enggak relevan. Justru Mother and Baby menawarkan ragam informasi yang lengkap untuk ibu dan anak.

Mulai dari masa kehamilan, persalinan, pola makan dan nutrisi bayi, resep makanan anak, hingga tips mengasuh anak secara lengkap tersedia di blog tersebut. Pengkategorian yang dilakukan pun rapi, sehingga memudahkan pembaca untuk mencari artikel-artikel yang mereka butuhkan sesuai kategori yang sudah disediakan.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Gratis

7. Windiland

blog parenting indonesia

Windiland adalah sebuah blog parenting Indonesia yang dikelola oleh Windi Teguh. Blogger asal Medan ini memiliki 2 orang puteri, dan menuliskan pengalamannya mengasuh anak lewat blog pribadinya.

Ada banyak tips yang bisa dipelajari dari artikel-artikel Windi. Mulai dari breastfeeeding, pola asuh anak, bahkan hingga tips menjaga rumah tangga yang harmonis sehingga anak bisa tumbuh dengan sehat dan bahagia. Enggak hanya itu, Windi juga kerap berbagi tips finansial keluarga, mengingat ia memang bekerja di salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia.

Blog parenting yang satu ini layak untuk menjadi one-stop solution untuk keluarga muda Indonesia. Enggak hanya info soal ibu dan anak saja, tips-tips finansial dan opini-opini Windi sangat insightful bagi keluarga muda Indonesia.

8. Baby Inc

babyinc

Baby Inc adalah sebuah blog yang dikelola secara kolektif oleh Ririn Ekawati, Rini Yulianti, dan  Imlati Hadad. Mereka bertiga menuliskan pengalaman dan opini mereka tentang pengalaman mengasuh anak dan menjaga keharmonisan keluarga.

Artikel yang dimuat pun memiliki bahasan yang cukup luas. Selain membagi pengalaman mereka saat hamil dan bersalin, mereka juga berbagi berbagai hal-hal menarik lain. Ada parenting tips, inspirasi dekorasi rumah, hingga aktifitas Do-it-Yourself yang produktif.

Koleksi kumpulan gagasan, tips, dan cerita yang ada di blog parenting ini layak untuk kamu simak selalu. Jadi pastikan kamu rutin mengunjunginya untuk mendapat berbagai inspirasi untuk kehidupan berkeluargamu.

9. Parentian

blog parenting indonesia

Tian Lustiana adalah seorang ibu dari 2 orang anak. Beberapa waktu setelah ia melahirkan putri pertamanya, Marwah, ia pun memutuskan untuk menulis perjalanannya mengasuh anak dan keluarga lewat sebuah blog. Kini, sudah hampir 10 tahun ia mengelola blog parenting ini. Dengan pengalaman yang sedemikian panjang, tentu kualitas konten Tian enggak perlu dipertanyakan.

Sebagai seorang ibu, Tian tahu informasi mana saja yang perlu disampaikan kepada pembaca. Pemilihan sudut pandang penulisannya pun tepat, sehingga ibu-ibu muda bisa mudah relate dengan artikelnya. Mayoritas tulisannya berupa cerita pertumbuhan anaknya dan pembelajaran yang ia dapat selama proeses tersebut. Terkadang, Tian juga mengulas berbagai produk rumah tangga dari sudut pandang seorang ibu. Apabila kamu adalah seorang ibu muda yang sedang butuh referensi, blog Tian ini layak untuk dikunjungi.

Baca juga: Memperkaya Referensi Kuliner bersama 13 Food Blogger Indonesia Populer

10. Grace Melia

blogger parenting indonesia

Grace Melia adalah seorang ibu dan full-time blogger yang berdomisili di kota Yogyakarta. Selain menulis di blog, Grace juga merupakan founder dari kelompok sosial Rumah Ramah Rubella. Putri dari Grace memang menjadi salah satu pengidap sindrom Rubella. Lewat blog dan kelompok sosial tersebut, Grace ingin berbagi cerita dan semangat pada ibu dan anak di Indonesia yang menjumpai kasus serupa.

Tak hanya soal edukasi mengenai Rubella saja, Grace juga menulis banyak hal di blognya. Mulai dari kisah pertumbuhan kedua anaknya, tips travelling, hingga opini-opininya tentang berbagai peristiwa terkini. Memulai blog ini pada tahun 2010, Grace memang sangat produktif dalam menulis. Enggak heran ia mendapat berbagai penghargaan dan blognya kini telah dibaca oleh 5 juta pembaca.

Selain konten yang edukatif, blog parenting miliki Grace ini juga memiliki desain yang cantik dan eye-catching. Berbagai pernak-pernik dipasang dengan porsi yang pas, sehingga blognya lebih hidup dan memberi kesan ceria.

 

11. Babyologist

blogger parenting

Babyologist adalah sebuah blog yang menjadi wadah untuk para ibu di Indonesia berbagi inspirasi dan informasi. Di sini, siapapun bisa mengirimkan artikel seputar parenting. Nantinya tim editor Babyologist akan melakukan kurasi, dan artikel yang dianggap kredibel dan relevan akan ditayangkan agar bisa dibaca oleh umum.

Karena ditulis oleh banyak orang, artikel-artikel yang ada di blog parenting ini pun sangat luas dan lengkap. Sehingga pembaca bisa menemukan berbagai informasi maupun opini tentang maternity dan parenting dari berbagai sudut pandang. Mulai tips masa kehamilan, pola asuh anak, gaya hidup, hingga kesehatan.

Enggak hanya dalam bentuk blog, Babyologist juga kerap mengadakan berbagai offline event sehingga jaringan penulis dan pembaca yang sudah bergabung bisa saling bertemu dan bertukar pengalaman secara langsung di dunia nyata.

12. The Urban Mama

blog parenting

The Urban Mama adalah sebuah blog kolektif yang digagas oleh beberapa blogger perempuan senior. Ide mereka adalah membuat sebuah blog parenting Indonesia yang lengkap, sehingga bisa menjadi one-stop portal untuk kelurga muda Indonesia yang membutuhkan informasi atau referensi.

Kini, The Urban Mama sudah tumbuh pesat sejak dirilis pada Desember 2009. Ada belasan blogger parenting Indonesia yang secara aktif menulis artikel untuk blog ini. Enggak hanya blogger saja, The Urban Mama juga memiliki beberapa experts (pakar ahli) dari berbagai bidang keilmuan untuk memberikan edukasi atau konsultasi yang bermanfaat. Dengan kolaborasi ini, The Urban Mama memang layak untuk dianggap sebagai salah satu blog parenting Indonesia yang paling edukatif dan kredibel.

 


Di atas adalah contoh 12 blogger Indonesia yang bisa memenuhi kebutuhan pembaca dengan niche parenting. Konten yang mereka sajikan bermanfaat dan kredibel. Meskipun memiliki niche yang sama, namun mereka tetap memiliki keunikan yang saling membedakan. Ada yang melibatkan nilai-nilai islami, ada yang berbagi tips yoga untuk ibu, hingga rekomendasi fashion untuk ibu dan anak.

Mengelola sebuah blog parenting memang nggak bisa sembarangan. Karena kamu akan menulis sesuatu yang akan berpengaruh pada buah hati pembacamu. Untuk itu, penting untuk seorang parenting blogger menuliskan cerita mereka secara jujur dan mudah dipahami. Informasi dan tips yang mereka bagikan harus bisa dipertanggung jawabkan agar nggak merugikan pembacanya.

Meskipun begitu, niche ini memang menjanjikan potensi pembaca yang luar biasa. Mengingat akan terus ada pasangan muda baru yang mencari referensi untuk anak mereka, nggak heran kalau konten soal parenting akan terus laris. Tertarik?

Sumber: Alodita, Uchy Sudhanto, Annisast, Oktagon, Alodita, Mother and Baby, The Urban Mama, Babyologist, Grace Melia, Parentian.

Related Posts

Site Menu