5 Blog Parenting yang Layak Jadi Referensi Mengasuh si Kecil

Gilang is a young Indonesian Content Writer. He has huge interest to social issues, digital marketing, and pop cultures.

Selain beauty dan fashion, parenting adalah salah satu niche yang menjanjikan untuk mendapat ribuan pembaca per hari. Hal ini mungkin disebabkan oleh banyaknya pasangan muda yang membutuhkan tips maupun nasehat bagaimana cara merawat dan mendidik seorang anak.

Kehadiran blog-blog parenting ini memang menawarkan banyak sudut pandang baru yang dibutuhkan oleh para ibu. Apalagi, untuk mereka yang memang baru pertama kali punya momongan, memang pasti membutuhkan banyak referensi agar bisa memberikan pengasuhan yang terbaik bagi si buah hati.

Kalau kamu kebetulan juga butuh referensi parenting, atau malah ingin memulai sebuah blog parenting-mu sendiri, yuk simak 5 blogger Indonesia ini yang berbagi pengalaman mengasuh anak lewat blog mereka!

1. Mira Sahid

Mira adalah salah satu blogger senior yang cukup dihormati blogger-blogger lain atas wawasan dan pengalaman blogging-nya. Bahkan ia dianggap sebagai “emak” dari Komunitas Emak Blogger, karena memang ialah pendiri dari komunitas tersebut. Dengan jiwa keibuan yang sedemikian kental, nggak heran kalau tips parenting-nya pun dianggap sebagai referensi terpercaya oleh banyak orang.

Lewat blognya, Mira sering berbagi pengalaman-pengalamannya dalam mengasuh anak-anaknya sebagai seorang inspiring single mom. Nggak cuma itu, blogger asal Bandung ini pun sering berbagi tips-tips yoga yang cocok untuk para ibu muda yang tetap ingin fit dan bugar. Gaya bahasa metro-pop ala Mira pun membuat berbagai kisah yang ia ceritakan nyaman dan ringan dibaca, sambil tetap berisi berbagai informasi bermanfaat untuk ibu dan anak.

2. Keluarga Hamsa

April Hamsa adalah seorang ibu yang bisa dibilang sangat produktif dalam menulis. Hampir selalu ada tulisan baru setiap hari yang dirilis di blognya. Tema yang dibahas pun beragam, meskipun secara garis besar tentu masih seputar parenting.

Untuk kamu yang membutuhkan referensi mengasuh anak dengan cara islami, blog ini bisa jadi pilihan yang tepat. Sesekali April menulis cara mengenalkan agama Islam sejak dini ke si kecil. Cara April menuliskan artikelnya pun cukup luwes, sehingga sebagai pembaca kamu nggak akan merasa sedang digurui meskipun bahasannya cukup berat dan serius.

Baca juga: 5 Data Performa Blog yang Penting Kamu Amati Selain Page Views

3. Annisa Steviani

Annisa Steviani adalah ibu satu anak yang gemar membagikan cerita tentang bagaimana ia mengasuh anaknya lewat sebuah blog. Yang membuat tulisannya menarik adalah karena ia nggak ragu untuk melibatkan sudut pandang personal pada berbagai tulisannya, sehingga tulisannya mampu menghadirkan ikatan emosional yang kuat. Nggak heran kalau banyak perempuan atau ibu yang merasa related dengan ceritanya.

Blog dari Annisa pun memiliki desain yang berkelas. Paduan warna putih dan pink-nya sangat memanjakan mata, sehingga pembaca pun betah berlama-lama membaca cerita-ceritanya.

4. Andra Alodita

Meskipun Alodita lebih dikenal sebagai seorang beauty blogger, namun sebenarnya di blognya ia pun banyak berbagi tips soal parenting dan juga motherhood. Ia sering mengulas pengalamannya mulai dari pemberian ASI, cara mengenalkan berbagai jenis makanan ke anak, hingga tips travelling bersama bayi.

Buat kamu yang kebetulan juga punya minat di bidang fashion, Alodita pun bisa jadi referensi yang tepat. Berhubung dia memang seorang beauty blogger, Alodita pun sering mengunggah artikel-artikel rekomendasi berpakaian untuk ibu dan anak yang stylish dan fun. Seru banget untuk foto keluarga!

5. The Asian Parent Indonesia

Berbeda dengan blog parenting lainnya di atas yang ditulis berdasarkan pengalaman personal dari sang ibu, blog ini ditulis dengan lebih profesional, lengkap, dan mendalam. The Asian Parent sendiri memang tersedia untuk berbagai negara lain, di antaranya Singapura dan Filipina.

Banyak artikel-artikel parenting dari berbaagai bidang yang dituliskan dan memang layak untuk disimak. Mulai dari soal kehamilan, kesehatan, tips traveling bersama anak, hingga kisah inspiratif lengkap tersedia di blog ini. Dengan kelengkapan kontennya, nggak heran The Asian Parent masuk sebagai salah satu Best Parenting Blog di Indonesia versi iPrice Group pada tahun 2016.


Di atas adalah contoh 5 blogger Indonesia yang bisa memenuhi kebutuhan pembaca dengan niche parenting. Konten yang mereka sajikan bermanfaat dan kredibel. Meskipun memiliki niche yang sama, namun mereka tetap memiliki keunikan yang saling membedakan. Ada yang melibatkan nilai-nilai islami, ada yang berbagi tips yoga untuk ibu, hingga rekomendasi fashion untuk ibu dan anak.

Mengelola sebuah blog parenting memang nggak bisa sembarangan. Karena kamu akan menulis sesuatu yang akan berpengaruh pada buah hati pembacamu. Untuk itu, penting untuk seorang parenting blogger menuliskan cerita mereka secara jujur dan mudah dipahami. Informasi dan tips yang mereka bagikan harus bisa dipertanggung jawabkan agar nggak merugikan pembacanya.

Meskipun begitu, niche ini memang menjanjikan potensi pembaca yang luar biasa. Mengingat akan terus ada pasangan muda baru yang mencari referensi untuk anak mereka, nggak heran kalau konten soal parenting akan terus laris. Tertarik?

Sumber:Alodita, Uchy Sudhanto, Annisast, Oktagon, Alodita.

Related Posts

 
Site Menu