blogger Indonesia terkenal

Ini 10 Blogger Indonesia yang Bisa Menginspirasi Kehidupan Kamu!

Banyak blogger Indonesia terkenal yang mengawali karier bloggingnya karena iseng. Namun, keisengan itu mereka tekuni sehingga akhirnya blognya bisa ramai pembaca dan mulai dikenal secara luas. Pada awalnya, blog layaknya kanvas kosong yang bisa diisi apa saja, mulai dari review, rekomendasi, tips dan trik, berbagi pengalaman, atau hal-hal lainnya.

Berawal dari hobi lama-lama jadi kebiasaan. Saat blog kamu dibaca dan disukai banyak orang, kamu tentu akan merasa senang dan bermanfaat untuk orang lain. Dari situlah kamu terbiasa untuk terus menginspirasi, dan diinpirasi oleh pembaca blog kamu.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana menjadi seperti 10 blogger terkenal di Indonesia ini, yuk baca! Siapa tahu, kamu bisa sesukses mereka!

9 Blogger Indonesia Terkenal yang Bisa Menginspirasimu

1. Raditya Dika

blogger-Indonesia-terkenal-2

Hampir semua orang kenal Raditya Dika. Penulis, produser, sekaligus aktor ini memulai kariernya dari hobi menulis yang dituangkan dalam blog. Sampai hari ini, rasanya belum ada blogger terkenal di Indonesia yang menyamai pencapaian seorang Raditya Dika.

Kesuksesan pertamanya bermula saat salah satu postingan blognya yang kemudian dibuat menjadi buku. Tahun 2005, buku pertamanya dengan judul Kambing Jantan : Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh terbit.

Terbitnya novel pertama Raditya Dika tidak membuatnya langsung sesukses saat ini, ia mendapat beberapa hambatan. Salah satunya, bukunya tidak terlalu laku di awal peluncurannya.

Namun, ide kreatif pria humoris ini tidak pernah mati. Tidak lupa dengan blog yang membuatnya termotivasi, ia melakukan promosi dengan cara meminta pembaca blognya untuk berfoto dengan novelnya. Banyaknya postingan-an foto pembaca dan bukunya itu berhasil. Terbukti, beberapa novel Raditya Dika laris dicari pembaca dan bahkan beberapa sukses difilmkan.

2. Marischka Prudence

blogger-Indonesia-terkenal-3

Kamu yang suka traveling pasti kenal travel blogger yang satu ini. Marischka Prudence mengawali kariernya sebagai seorang jurnalis salah satu stasiun televisi, kini ia sudah beralih sepenuhnya menjadi seorang full-time travel blogger.

Pekerjaannya sebagai jurnalis itu memungkinkannya untuk bepergian dan menjelajah banyak wilayah di Indonesia. Dari pekerjaannya dan eksplorasinya terhadap banyak wilayah itu, Pru menuangkan pengalaman dan kisahnya dalam blog pribadinya.

Awalnya ia tidak menyangka bahwa dunia blogging bisa mendatangkan uang. Setelah sekitar satu tahun menekuni blog pribadinya, Pru mendapat banyak tawaran untuk mengeksplorasi banyak wilayah. Dari situ ia pun memilih untuk mengundurkan diri dan menekuni dunia blog.

Baca Juga: 8 Komunitas Blogger di Indonesia yang Wajib Kamu Kenali

3. Anak Jajan

blogger-Indonesia-terkenal-4

Butuh rekomendasi tempat makan? Blog Anak Jajan adalah tempat yang paling tepat untuk kamu jadikan referensi. Julia Veronica dan Marius Tjenderasa, merekalah dua nama yang ada dibalik kesuksesan Anak Jajan.

Anak Jajan lahir pada 2011, berawal dari kecintaan pasangan ini pada dunia kuliner. Pada mulanya, blog Anak Jajan dibuat agar memudahkan pasangan ini untuk mengingat restoran dan menu apa saja yang pernah mereka coba. Jadi, sama sekali enggak ada target untuk menjadi salah satu blogger Indonesia terkenal seperti sekarang.

Namun, siapa sangka, petualangan keduanya dalam soal rasa itu berbuah manis. Ribuan orang telah menjadikan Anak Jajan sebagai sumber terpercaya dalam hal rasa. Blog mereka kerap dianggap sebagai blog Indonesia yang kredibel dan layak jadi referensi. Tidak heran jika Julia Veronica dan Marius Tjenderasa menyebutkan bahwa Anak Jajan mendatangkan keuntungan finansial yang cukup besar, bahkan, keduanya sering diundang ke luar negeri, lho!

4. Lizzie Parra

blogger-Indonesia-terkenal-5

Suka pakai lipstik BLP? Kamu pasti tahu kalau itu milik seorang blogger Indonesia terkenal, Lizzie Parra. Wanita cantik yang pastinya jago make-up ini sudah terkenal di kalangan kaum hawa, khususnya mereka yang suka dengan dunia kecantikan.

Lizzie Parra memulai kariernya dari nol. Setelah memutuskan untuk resign dari pekerjaan kantoran, ia mengawali kariernya di dunia kecantikan dengan menjadi seorang Make Up Artist (MUA). Sembari mengembangkan kariernya sebagai MUA, Lizzie Parra memulai sebuah blog yang berisi pengalamannya dan foto-foto orang yang diriasnya. Respon yang ia rupanya cukup positif, banyak pembaca yang bertanya soal tips make-up dan riasan. Itulah alasan Lizzie Parra mulai menulis semakin rajin lagi, agar tidak perlu menjawab pertanyaan yang sama berulang kali.

Tidak disangkanya, tulisan-tulisannya dalam blognya disambut banyak orang dengan antusiasme yang tinggi. Ia pun dianggap sebagai salah satu blogger Indonesia yang menginspirasi. Dari sana lah puluhan brand kosmetik mencarinya, menawarkan kerja sama, dan membuat Lizzie Parra berkesempatan untuk membuat lini kosmetiknya sendiri.

5. Sonia Eryka

blogger-Indonesia-terkenal-6

Fashion blogger terkenal satu ini dulunya membuat blog hanya untuk mengisi waktu luangnya saat masih SMP. Awalnya ia menulis soal kuliner, fashion, film, hingga tempat-tempat asyik favoritnya. Siapa sangka, kini ia menjadi salah satu blogger Indonesia terkenal yang menjadi referensi berpakaian banyak orang.

Teman dan pembaca blognya menyebutkan bahwa koleksi yang ditawarkan dirinya sangat berbeda dan unik. Dari komentar itulah Sonia Eryka terus terampil dan mengasah kemampuannya dalam dunia fashion. Usahanya tidak sia-sia. Terbukti, Sonia Eryka kerap diundang dalam pameran busana di berbagai belahan dunia. Selain lewat blog, ia juga kerap berbagi tips fashion dari YouTube dan juga Instagram.

6. Adam Ardisasmita

Adam-Ardisasmita-Blogger

Teknologi adalah salah satu niche yang banyak digandrungi oleh pembaca Indonesia. Potensi tersebut yang dimanfaatkan dengan baik oleh Adam Ardisasmita, salah satu blogger terkenal Indonesia. CEO sekaligus co-founder dari perusahaan developer game Arsanesia ini rajin berbagi informasi ataupun berita seputar start-up dan teknologi lewat blog pribadinya.

Tak hanya lewat artikel blog, Arsa juga membuka kelas programming yang diberi nama Dicoding Academy. Keinginannya berbagi lewat blog mauapun kelas programming ini dilandasi kepercayaannya bahwa Indonesia membutuhkan lebih banyak programmer maupun game developer. Ia percaya sumber daya manusia Indonesia bisa merupakan potensi besar, maka dari itu perlu adanya akses pendidikan praktis yang mudah dan murah agar setiap lapisan masyarakat bisa belajar dan mengembangkan diri.

7. Iwan Banaran

Berbicara soal blogger Indonesia terkenal rasanya enggak lengkap tanpa nama Iwan Banaran, blog otomotif miliknya memang  sumber informasi yang sangat disukai pembaca. Diperkirakan ada sekitar 1,5 juta pembaca berkunjung ke blog milik Iwan setiap bulannya. Memang, konten yang disajikan di blog Iwan Banaran termasuk lengkap dan mendalam.

Ia membahas berbagai jenis sepeda motor dan pernak-perniknya secara rinci namun tetap fun, cara ini sukses mengedukasi pembaca tanpa membuat mereka bosan. Selain itu ia juga konsisten menuliskan artikel secara faktual, tujuannya agar para pembaca setianya enggak tertinggal soal inf0 terbaru dunia otomotif.

Akibat traffic yang sangat tinggi setiap bulannya, banyak brand besar yang datang untuk mengajak Iwan bekerja sama. Apalagi blog Iwan juga memiliki niche dan demografi pembaca yang jelas, jadilah blog miliknya enggak hanya diminati pembaca, tapi juga brand-brand besar.

8. Trinity

Trinity the Naked Traveler

Trinity merupakan salah blogger terkenal di Indonesia yang kariernya banyak menginspirasi blogger-blogger muda Indonesia. Bisa dibilang ia adalah salah satu blogger yang pertama kali mempopulerkan travel blogging. Kegemarannya jalan-jalan diimbangi dengan produktivitas yang tinggi. Sejak tahun 2007, total sudah ada 14 buku yang ia lahirkan. Salah satunya bahkan sudah sukses diadaptasi menjadi film layar lebar.

Aktif menulis buku enggak membuat Trinity mengabaikan blognya. Ia tetap rutin merilis tulisan baru di blognya sehingga pembaca setianya bisa terus mendapat info dan pengalaman baru soal traveling. Bahkan, pada September 2018 ia menyatakan ingin berhenti menulis seri The Naked Traveler dan berpikir untuk kembali fokus menulis di blog dan beberapa media digital lain.

Baca juga: Alasan di Balik Keputusan Trinity untuk Pensiun Menulis Buku

9. Annisa Steviani

Annisa Steviani adalah seorang blogger parenting yang banyak dijadikan referensi oleh keluarga muda Indonesia.  Hal ini disebabkan karena Annisa memiliki gaya bahasa yang menyenangkan. Tulisannya tetap terasa hidup dan fun, tapi juga informatif dan mengandung banyak manfaat positif. Bahkan, Annisa juga sering menggunakan gif-gif lucu agar suasana artikelnya lebih hidup dan ceria. Hasilnya, artikel blognya pun jauh dari kesan monoton.

Annisa juga menyadari pentingnya estetika dalam membentuk identitas blognya. Ia sangat teliti dalam menata tampilan blognya. Kombinasi warna putih dan pink sukses menjadi ciri khas yang mengingatkan pembaca pada blognya.

10. Foodirectory

Sama seperti Anak Jajan, Duo Foodirectory adalah blogger terkenal Indonesia yang lahir karena hobi mereka menjelajah kekayaan kuliner di sekitar Jakarta. Sambil terus mencari referensi kuliner baru, Windy Iwandi dan Andrew Raharja terpikir agar hobinya ini bisa membantu orang lain. Tercetuslah ide untuk merangkum pengalamannya berburu makanan dalam sebuah blog yang bisa menjadi petunjuk arah bagi pembaca yang bingung mau makan di mana.

Dalam menjalankan blog ini pun, Andrew dan Windy melakukan pembagian peran. Andrew bertugas menjadi penulis konten, sementara Windy adalah food photographer yang berperan menangkap sudut-sudut unik dari makanan yang mereka ulas.

Di mulai di tahun 2015, Foodirectory sudah memiliki banyak pembaca setia. Seiring perkembangan tren, Windy dan Andrey pun kini melebarkan reach mereka ke media lain seperti Instagram dan Youtube, agar blog mereka bisa semakin dikenal secara luas.


10 blogger Indonesia terkenal ini memulai dari nol dan tanpa terbebani ekspektasi apapun. Namun mereka terus menulis dan menghasilkan konten berkualitas secara konsisten, sehingga pelan-pelan blog mereka dikunjungi banyak pembaca.

Dengan mengenal perjalanan beberapa blogger Indonesia terkenal ini, semoga semangat menulis dan mengelola blogmu bisa kembali menyala. Sehingga kamu bisa terus mengembangkan blogmu hingga suatu hari kamu juga mendapat predikat sebagai salah satu blogger Indonesia yang menginspirasi!

Happy blogging!

Related Posts