5 Data Krusial dari Blogmu yang Harus Kamu Perhatikan selain Page Views

Rasanya semua blogger sudah tahu bahwa untuk mengetahui perkembangan sebuah blog, maka angka page views harus terus tumbuh secara konsisten. Meskipun page views adalah salah satu parameter yang penting, namun bukan berarti page views menjadi satu-satunya hal data yang harus kamu perhatikan.

Lewat artikel ini, tim C2live ingin mengingatkan kamu bahwa ada beberapa hal lain yang perlu kamu pantau agar perkembangan blogmu bisa optimal. Apa saja data-data lain yang perlu kamu pantau dan pahami perannya? Mari temukan jawabannya di bawah ini.

1. Engagement Rate

Engagement rate bisa diartikan sebagai seberapa banyak jumlah pembacamu yang mau terlibat dan bereaksi pada artikelmu. Bentuk reaksinya sendiri pun beragam, bisa berupa meninggalkan komentar, melakukan republish ke blog mereka, atau men-share artikelmu di media sosial mereka.

Tentunya, semakin tinggi angka engagement rate, maka hal ini akan semakin bagus bagi blogmu. Sebab, itu artinya pembaca merasa artikelmu bermanfaat dan mereka bersedia melibatkan diri agar artikel tersebut bisa semakin tersebar.

Untuk bisa mengoptimalkan angka engagement rate, kamu sendiri harus welcome dengan para pembaca yang menginggalkan komentar atau membuka topik diskusi. Untuk fase awal, usahakan untuk membalas semua komentar yang memang relevan agar pembaca lain pun tertarik bergabung. Selain itu, pastikan blogmu dilengkapi dengan widget yang bisa memudahkan pembaca membagikan artikelmu ke media sosial.

2. Bounce Rate

Bounce rate bisa kamu jadikan ukuran untuk mengetahui seberapa betah pembaca saat mengunjungi blogmu. Jika angka bounce rate blogmu masih tinggi atau malah mendekati 100%, itu artinya mereka nggak ingin berlama-lama dan nggak tertarik membuka tautan lain blogmu. Singkatnya, untuk sebuah blog, semakin rendah persentase bounce rate-mu, makan akan semakin baik.

Untuk memperbaiki perihal bounce rate ini, tentu cara yang paling ampuh adalah menyajikan konten yang berkualitas sehingga pembaca terpikat dengan apa yang kamu sajikan dan berlama-lama membaca artikelmu lainnya.

Selain itu, kamu juga perlu menyediakan internal link yang memudahkan pembaca berpindah ke konten atau artikel lain blogmu, sehingga pembaca penasaran dan akan membaca konten lainnya.

Baca juga: 4 Dosan Besar yang Membunuh Pertumbuhan Blog

3. Channel

Agar kamu bisa membuat strategi pemasaran blogmu dengan lihai, tentu kamu membutuhkan data yang valid darimana pembacamu menemukan blogmu. Itulah kenapa channel menjadi penting, karena ia membantu memetakan darimana pembacamu berasal.

Jika kamu sudah mulai tahu kanal-kanal mana saja yang paling efektif mendatangkan pembaca, maka dengan begitu tugasmu untuk membuat strategi pemasaran blog pun akan jauh lebih mudah.

4. Returning Visitor

Sesuai namanya, returning visitor artinya jumlah pembaca yang mengunjungi blogmu lebih dari sekali. Semakin tinggi persentase returning visitor artinya semakin baik, karena artinya pembaca menyukai konten yang kamu berikan dan mereka nggak kapok untuk datang lagi dan membaca artikel terbaru. Tingginya angka returning visitor tentu berarti kredibilitas blogmu di mata pembaca sudah cukup baik.

Nah, untuk membangun kredibilitas tentu nggak banyak cara lain selain terus menyajikan konten-konten yang bermanfaat. Pelajari konten mana yang paling banyak membuat pembacamu berkunjung lagi, dan usahakan untuk tetap memproduksi artikel yang sejenis.

5. Session Duration

Yang terakhir adalah session duration atau berapa lama seorang pembaca menghabiskan waktu di blogmu. Data ini penting agar kamu bisa mengukur tingkat kenyamanan pembaca saat mereka singgah di blogmu. Kalau kamu mendapat mereka hanya singgah kurang dari 1 menit, itu artinya ada banyak yang perlu kamu benahi

Pertama, tentu saja kamu perlu mengevaluasi penulisan artikelmu. Pastikan nggak ada typo dan juga gaya bahasamu enak untuk dibaca. Jadi nggak ada pembaca yang kabur karena tulisanmu sendiri.

Kedua, usahakan desain blogmu ramah bagi mata pembaca. Hindari penggunaan warna latar yang terlalu gelap ataupun terlalu mencolok, karena itu bisa membuat mata pembaca mudah lelah. Sediakan juga sistem navigasi yang sederhana agar pembaca bisa mudah berselancar di blogmu.

Baca juga: Tips dari Editor GagasMedia agar Blogmu dilirik oleh Penerbit Buku


5 elemen di atas adalah hal-hal yang perlu kamu pahami perannya dan terus kamu pantau. Karena data yang mereka hasilkan sangat membantumu dalam mengelola blog, sehingga kamu bisa melakukan pengembangan yang tepat sasaran.

Sebenarnya secara garis besar, solusi yang sangat berpengaruh pada 5 hal di atas adalah konsistensimu dalam menyajikan konten yang informatif. Karena hanya dengan itu, pembaca akan merasa blogmu membawa manfaat bagi mereka, sehingga mereka akan menjadi pembaca setia yang bahkan ikut merekomendasikan blogmu pada teman dan keluarga mereka.

Ketika kamu sukses memberikan konten yang bermanfaat bagi pembaca, pasti semua data di atas akan menunjukan hal yang baik, dan blogmu pun akan terus tumbuh seiring waktu. Happy blogging!

Ingin berbagi tips sesama blogger tentang cara jitu meramu konten berkualitas? Yuk ikuti lomba blog “C2live Creator Contest” dan dapatkan hadiah jutaan Rupiah!

Sumber: Amuda Badmus, IQ Poll, Experience Days, Don’s Opinion,The Next Web, Vet Times.

Related Posts

Site Menu