5 Film yang Bisa Memberikan Inspirasi untuk Terus Menulis

Bagi kalian yang suka membaca buku atau ingin menjadi penulis, pasti sering bertanya-tanya bagaimana kehidupan sosok penulis itu. Bagaimana proses kreatif yang mereka lalui hingga mereka berhasil menciptakan suatu karya besar. Banyak sekali film lokal maupun Hollywood yang mengangkat kehidupan para penulis ketika menjalani proses kreatifnya.

Berikut ini ada 5 film yang patut masuk daftar wajib tonton yang berhubungan dengan dunia tulis menulis, melalui film ini kalian akan diajak menyelami mulai dari bagaimana seorang penulis mengatasi writer’s block, kehidupan penulis yang menjadi buron demi mempertahankan idealismenya, serta tulisan yang mampu menginspirasi lintas zaman. Penasaran? Yuk, simak aja artikel ini!

1. The Hours

Film ini bercerita tentang bagaimana novel berjudul Mrs. Dalloway bisa memberi pengaruh pada tiga orang perempuan yang berbeda generasi, di mana ketiganya memiliki kecenderungan untuk bunuh diri akibat masalah kehidupan yang mereka alami. Film ini merupakan adaptasi dari novel Michael Cunningham.

Tokoh utama di film ini bernama Virginia Woolf, diperankan oleh Nicole Kidman. Woolf diceritakan sedang merampungkan novelnya yang berjudul Mrs. Dalloway. Sementara Laura Brown yang diperankan Juliane Moore merupakan seorang perempuan yang tengah hamil namun tidak bahagia dengan kehidupan pernikahannya. Terakhir ada peraih piala Oscar, Merryl Streep, yang berperan sebagai Clarissa Vaughn. Clarissa sedang menyiapkan sebuah pesta untuk rekannya, yang juga seorang penulis sekaligus penderita AIDS. Bagaimana cerita tiga perempuan ini bisa saling terikat adalah sebuah cerita menarik yang layak kamu tonton.

2. Neruda

Film ini menceritakan tentang seorang insepektur yang diberikan tugas untuk memburu penyari asal Chili, Pablo Neruda. Neruda terpaksa menjadi buronan di negeranya sendiri karena ia memiliki pandangan politik yang dianggap mengganggu oleh pihak pemerintah. Kehidupan Neruda ini hampir mirip dengan sastrawan besar Indonesia, Pramoedya Ananta Toer, yang juga memiliki pandangan politik yang unik tapi dianggap bisa mengganggu pemerintah.

Film Neruda masuk kedalam daftar film wajib tonton karena dalam film ini kalian akan diajak untuk menjelajah kehidupan Pablo Neruda dan bagaimana idealisme seorang penulis diuji. Siapa tahu, karena terinpirasi film ini kamu jadi lebih berani beropini jujur lewa blogmu dan berani merambah niche yang dianggap tabu oleh masyarakat.

Baca juga: 7 Blogger Potensial yang Namanya Belum Kamu Dengar

3. The Ghost Writer

The Ghost Writer menceritakan tentang seorang ghost writer yang direkrut oleh sebuah perusahaan penerbitan di London. Ia di tugaskan untuk menyelesaikan buku memoir mantan perdana menteri inggris, Adam Lang. Film yang disutradarai oleh Roman Polanski ini menyajikan perspektif baru dari dunia kepenulisan, mememiliki alur yang sulit ditebak dan banyak kejadian yang tidak terduga.

Dengan konflik yang cukup intense, kamu bisa belajar pentingnya profesionalisme dan kegigihan bagi seorang penulis agar bisa menyelesaikan karya-karya mereka. Kamu juga bisa berkenalan dengan beberapa teknik menulis sederhana yang bisa kamu aplikasikan pada blogmu.

4. Capote

Truman Capote ialah seorang penulis terkenal yang pergi ke sebuah kota kecil di Kansas untuk meneliti kasus pembunuhan sebuah keluarga disana. Dia ingin menuliskan kejadian tragis itu ke dalam sebuah buku yang ia beri judul In Cold Blood. Proses penulisan dan pencarian fakta inilah yang akhirnya difilmkan dan bisa menjadi inspirasi penting untukmu sebagai seorang blogger.

Dari film ini kamu akan diingatkan kembali pentingnya menggunakan data dan informasi yang valid dalam menulis suatu karya. Riset dan konfirmasi ulang semua data yang akan kamu gunakan adalah langkah penting agar tulisan dan karyamu bisa kredibel.

5. Ruby Sparks

Film ini menceritakan seorang novelis bernama Calvin Weir-Field yang sedang mengalami writer’s block. Setelah ia diputuskan pacarnya bertepatan dengan seminggu setelah ayahnya meninggal, Calvin merasa inspirasi dan motivasinya untuk menulis benar-benar padam. Alih-alih bisa produktif, ia malah merasa depresi dan memutuskan untuk pergi ke psikiater untuk memulihkan gairahnya dalam menulis dan mengobati kesedihannya.

Hingga akhirnya ia bertemu dengan seseorang bernama Ruby Sparks. Yang menarik, ia nggak hanya bertemu Ruby di dunia nyata, tapi juga di alam mimpi. Nah,lewat kejadian unik inilah Calvin perlahan menyusun dan mencari lagi motivasi untuk melawan writer’s block  akut yang ia alami. Film ini layak masuk daftar wajib di tonton untuk kalian yang sering mengalami  writer’s block.

Baca juga: 5 Pilihan Profesi yang Bisa Berawal dari Blogger


Melalui potongan-potongan adegan dalam 5 film di atas, kamu akan diajak untuk menyelami sisi-sisi lain seorang penulis, yang berjuang untuk terus dapat menulis dan menemukan sumber inspirasi.

Menulis memang bukan perkara gampang, tetapi juga tidak perlu kamu jadikan terlalu sulit dan malah menjadi beban. Penulis besar sekalipun sering mengalami kebuntuani dalam proses kreatif, writer’s block, bahkan konflik yang tak terduga. Namun mereka tidak membiarkan hal itu mengganggu dan menghentikan mereka. Justru mereka bisa mengubah hal-hal negatif itu menjadi motivasi agar mereka bisa kembali produktif dalam berkarya.

Sumber: Interior Design, Zayzay, The Web Basement, Gareth Rodes FR, Filmofilia.

Related Posts

Site Menu