5 Fitur Andalan Portofolio Online dari C2live yang Perlu Kamu Manfaatkan

Gilang is a young Indonesian Content Writer. He has huge interest to social issues, digital marketing, and pop cultures.

Peran penting portofolio yang lengkap dan menjual rasanya sudah nggak lagi terbantahkan, terutama untuk para blogger yang ingin memonetisasi blog mereka lewat bekerja sama dengan brand.

Untuk itu, C2live yang memiliki misi ingin memberdayakan para blogger sekaligus menciptakan ekosistem bagi para pencipta konten Indonesia mencoba menghadirkan portofolio online dengan beragam fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan para blogger dan juga brand. Sehingga, nantinya kerja sama antara brand dan blogger akan lebih mudah, dan lebih banyak strategi marketing brand-brand besar yang melibatkan blogger ataupun penulis kreatif pada umumnya.

Nah, agar kamu bisa memanfaatkan layanan portofolio online dari C2live secara optimal, yuk kenali fitur dan manfaat yang ada di sana!

1. Menampilkan Profilmu Secara Jelas dan Ringkas

Setiap portofolio tentu wajib memuat identitas pemiliknya secara ringkas namun tetap jelas dan nggak membingungkan. Lewat kolom identitas di portofolio online C2live ini, kamu bisa memperkenalkan dirimu, mendeskripsikan secara singkat soal dirimu, dan tentunya menekankan hal-hal yang menarik darimu. Kamu juga bisa menuliskan soal beberapa prestasimu, jejak kariermu, hingga topik-topik yang menarik perhatianmu untuk meyakinkan bahwa kamu adalah seorang blogger yang berintegritas.

Dengan penjelasan ringkas namun tepat sasaran yang kamu berikan, akan memudahkan brand untuk mempunyai gambaran tentangmu dan karya-karyamu. Jika mereka merasa cocok dengan profilmu, mereka nggak akan ragu untuk menghubungimu untuk membicarakan kemungkinan kerja sama yang bisa menguntungkanmu dan juga pihak brand.

2. Memamerkan Karya-Karya Terbaikmu

 

Guna utama sebuah portofolio adalah agar kamu bisa memamerkan karya-karya terbaikmu. Banyak blogger yang menganggap blog adalah portofolio mereka, padahal itu adalah pola pikir yang salah. Pihak brand nggak punya banyak waktu untuk blogwalking semua artikel blogmu, apalagi jika mereka sampai harus membaca beberapa artikelmu yang berisi curhatan pribadi. Mereka hanya butuh artikel yang sesuai dengan misi dan kegiatan promosi mereka.

Itulah sebabnya portofolio adalah hal yang penting dan bisa mendekatkanmu dengan brand. Kamu bisa memilah karya-karyamu yang banyak disukai pembaca, atau mengkurasi artikel yang kamu anggap memiliki kualitas atau keunikan. Selain itu, kamu juga bisa menampilkan hasil kerja samamu dengan brand lain sebelumnya untuk menunjukan bahwa kamu adalah seorang blogger profesional yang bisa diandalkan.

Dengan hanya menampilkan artikel-artikel terbaik, brand akan lebih cepat mengenali potensimu, sehingga lebih cepat juga mereka menyadari bahwa performa blogmu sesuai dengan apa yang selama ini mereka cari dan butuhkan.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Nggak Menunda Membuat Portofoliomu

3. Buktikan Performa Blogmu

Jika kamu ingin bekerja sama dengan brand, tentu kamu perlu meyakinkan mereka bahwa blogmu memiliki performa yang baik dan terus berkembang. Dengan adanya portofolio online C2live, kamu hanya perlu menuliskan alamat blogmu, dan nantinya sistem yang dibangun oleh C2live akan secara otomatis menampilkan Domain Authority dan Page Authority blogmu.

Domain Authority dan Page Authority adalah tolak ukur performa blog atau artikelmu di mesin pencari seperti Google atau Yahoo. Semakin tinggi angka yang kamu miliki, artinya semakin baik juga performa blogmu. Dan tentu saja, itu artinya semakin menarik juga blogmu di mata brand untuk diajak bekerja sama.

4. Memudahkan Kerja Sama dengan Brand

Ketika sebuah brand sudah yakin dengan kualitasmu dan ingin mengajakmu bekerja sama, langkah berikutnya yang mereka lakukan adalah menghubungimu untuk melakukan penawaran. Untuk itu, penting untuk mencantumkan kontak di portofoliomu agar brand nggak perlu bingung mencarinya.

Selain itu, portofolio yang dibangun C2live juga menyediakan kolom tentang kisaran rate yang kamu inginkan apabila ada brand yang ingin menggunakan jasamu. Dengan begitu, brand bisa memiliki gambaran soal budget yang perlu mereka siapkan sebelum mereka menghubungimu.

Nantinya, besaran rate yang kamu tentukan hanya bisa dilihat oleh pihak brand yang sudah terverifikasi. Jadi, informasi ini nggak akan jatuh ke pihak yang nggak bertanggung jawab ataupun disalah gunakan oleh pihak tertentu. Keren kan?

5. Bebas Biaya dan Mudah Digunakan

C2live sendiri memiliki misi untuk mengembangkan dan memberdayakan konten kreator Indonesia lewat teknologi dan edukasi. Itulah sebabnya layanan portofolio lengkap ini bisa kamu nikmati secara gratis tanpa biaya sepeserpun!

Nggak hanya gratis, portofolio online C2live pun sangat mudah digunakan. Kamu bisa mengisi semua informasi yang dibutuhkan hanya dalam kisaran waktu 10 menit. Waktu yang relatif sangat singkat apabila dibandingkan dengan berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan.

Apabila kamu membutuhkan referensi untuk mengisi portofoliomu, kamu bisa mempelajari portofolio Enricko Lukman atau Olivia Handayani. Mereka berdua adalah dua contoh penulis kreatif yang sukses mendapatkan banyak klien karena memiliki portofolio yang apik dan lengkap.


Untuk menjadi seorang blogger profesional yang menarik di mata brand, sebatas memiliki konten berkualitas saja sering kali nggak cukup. Kamu juga perlu memperkuat kredibilitasmu dengan memiliki portofolio yang lengkap dan informatif.

Lewat portofolio, brand bisa tahu karya-karya terbaikmu, dan kamupun bisa menunjukan hasil kerja sama dengan berbagai brand lain. Dengan begitu, citramu sebagai blogger yang nggak hanya handal menulis, tapi juga reliable untuk dijadikan partner akan nggak terbantahkan.

C2live berusaha menghadirkan sebuah portofolio online yang lengkap dan bebas biaya. Harapannya, dengan ini akan semakin banyak blogger yang menyadari peranan penting portofolio bagi blogger, dan semakin banyak brand yang mau mengajak blogger bekerja sama dalam berbagai kegiatan promosi.

Dengan segala kemudahaan dan manfaat bebas biaya yang disediakan C2live, rasanya nggak ada lagi alasan untuk kamu nggak segera ‘naik kelas’ menjadi blogger profesional yang memiliki portofolio yang layak dan menjual.

Jadi, jangan menunda-nunda lagi ya guys!

Sumber: Portofolio Online C2live

Related Posts

 
Site Menu