5 Persiapan Sebelum Ikut Lomba Blog

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Saat awal mula membuat blog, aku tidak pernah tahu untuk apa aku ingin membuatnya. Aku hanya ingin berbagi cerita dan ide. Aku senang menulis cerita cinta, maka aku membuat cerpen romance. Aku suka menonton film misteri atau thriller, maka aku membuat cerita misteri. Aku suka sekali belajar teknik menulis, maka aku membaginya di sini.

Bagiku, blog adalah rumah. Rumah yang kadang ada tamu datang, kadang ada hajatan, kadang juga sepi. Rumah yang harus selalu dicat, diisi dengan taman-taman penuh bunga, dekorasi yang menarik agar tamu betah mengobrol.

Seiring berjalannya waktu, menulis di blog mulai menjadi candu. Ya, meskipun untuk membuat sebuah cerpen/artikel untuk blog biasanya aku membutuhkan waktu minimal tiga hari. Satu hari mencari ide, satu hari membuat kerangka dan menulis, dan satu hari untuk mempublish di blog. Melelahkan, memang. Tapi menyenangkan.

Suatu waktu, aku mulai iseng untuk mengikuti berbagai lomba (baik lomba blog ataupun cerpen yang dipublish di blog). Aku mengikuti lomba blog agar mulai terbiasa untuk mengasah ide, riset kecil-kecilan, hingga menulis yang menarik. Targetnya sebenarnya bukan menang atau kalah sih. Tapi agar kita memiliki portofolio yang banyak. ‘Hadiah’ adalah bonus untuk kerja keras, bukan? Aku tidak munafik kok. Bahkan aku bilang, mengikuti lomba blog itu bisa jadi salah satu lahan mencari uang lho.

Sama halnya saat menulis cerita untuk blog ini, mengikuti lomba blog juga membutuhkan persiapan yang sangat melelahkan. Percayalah, mengikuti lomba blog itu sebenarnya melelahkan. Namun, jika kita sudah niat untuk mengikutinya, ya kita harus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik, bukan?

Nah, berikut adalah 5 persiapanku untuk mengikuti lomba blog:

PERTAMA, CARI DULU LOMBANYA

Saat awal kali pertama ikut lomba blog, semua lomba kulahap. Persis seperti saat mau buka puasa, semua makanan di beli, semua makanan disiapkan. Namun, pas buka puasa, yang disentuh ya cuma satu dua. Sisanya, kenyang. Entar dulu aja.  Begitu juga saat mengikuti lomba blog. Semua pasti ingin diikuti. Apalagi melihat hadiahnya yang besar. Lomba A hadiahnya 10juta, yang B jalan-jalan ke Jepang, lomba C hadiahnya Macbook. Alamak, semuanya menarik. Lalu, apa semua harus diikuti?

Prinsipku sih, selama aku masih ada waktu, ya aku akan mengikuti sesuai yang kuinginkan. Namun, aku memiliki standar sendiri untuk kualitas tulisannya. Ada batasan waktu yang harus dikejar, jadi aku kadang mikir sendiri ‘aku bisa nggak ya mengikuti tenggat waktunya’. Jadi bagaimana solusinya?

Pilihlah lomba yang sesuai dengan target pembaca blogmu. Blog kamu tentang traveling, trus kenapa harus ikut lomba review gadget? Blog kamu tentang fashion, ngapain pula ikut yang review apartemen? Atau blog kamu tentang dunia menulis, ya sudahlah ikut lomba blog cerpen saja. Jika blog kamu lebih ke ‘gado-gado’ , ya beruntunglah kamu karena bisa ikut lomba mana saja. Hal ini bisa membatasi kita untuk memilih lomba blog mana saja yang akan kita ikuti.

Tapi, apa kita tidak bisa mengikuti lomba apa saja? Tanpa harus memikirkan, ‘Aduh blog aku tentang traveling nih, tapi lombanya tentang gadget’, atau ‘Wah, aku nggak bisa ikut karena blogku tentang fashion’.

Tenang dulu. Ambil nafas panjang.

Aku sendiri selalu berusaha ikut lomba yang kusuka. Terutama yang bisa memperkaya tulisanku di blog. Caranya? Sesuaikan tema lomba blog dengan gaya menulismu di blog. Misalnya, blogku adalah blog tentang kepenulisan dan cerita-cerita. Jadi sebisa mungkin, artikel yang kubuat tak jauh-jauh dari itu. Atau, jika harus membuat artikel yang ‘melenceng’ dari tema, aku harus membuatnya seperti sedang ‘bercerita’. Misalnya, saat mengikuti lomba blog BPJS, aku tidak mungkin menjelaskan teknis cara ikut BPJS, kan? Jadi, kubuat saja seperti bercerita. Simpel, kan? Contoh lain, jika blog kamu tentang traveling, dan kamu ingin ikuti lomba blog mereview gadget. Ya, hubungkan cerita jalan-jalanmu dengan kelebihan dari gadget itu. Intinya, gali kreativitasmu. Sesuaikan dengan blog kamu.

Aku sendiri menghindari lomba blog tentang SEO lho. Ya, karena aku nggak ngerti sih. Tulislah yang kamu suka, yang kamu ngerti. Sesuaikan dengan karakter blogmu.

 

Borobudur

Related Posts

 
Site Menu