Berawal dari Blogging, Berkembang Menjadi Karier

Gilang is a young Indonesian Content Writer. He has huge interest to social issues, digital marketing, and pop cultures.

Meskipun jumlah blogger di Indonesia cukup banyak, namun rasanya belum banyak yang menyadari berbagai pilihan karier yang bisa dirintis dari menjadi seorang blogger. Mayoritas blogger masih terfokus memonetisasi blog mereka lewat iklan saja. Padahal, ada banyak pilihan karier lainnya yang bisa dipilih, yang bisa menawarkan kemapanan finansial dan jenjang karier yang lebih terjamin.

Apabila kamu adalah seorang blogger yang kebetulan sedang jenuh dengan pekerjaanmu sekarang, atau kamu adalah seorang blogger yang galau akibat perkembangan kariermu, artikel ini akan mencoba memberikan beberapa alternatif karier yang bisa berawal dari mengelola sebuah blog. Yuk, simak!

1. Influencer

Ketika seorang blogger mampu menghasilkan konten informatif secara konsisten dalam jangka waktu yang lama, jumlah pembaca dan kredibilitas blogger tersebut pun lama-kelamaan akan terus terbangun. Puncaknya, tulisan dari si blogger tersebut akan dijadikan referensi oleh banyak orang, dan mampu mempengaruhi keputusan seseorang saat mereka sedang melakukan riset suatu produk atau brand. Blogger-blogger yang sudah sampai di tahap inilah yang bisa dianggap sebagai seorang influencer.

Jika kamu ingin berkarier sebagai seorang influencer, kamu harus secara tekun mengelola blogmu dan menjalankan berbagai strategi agar blogmu bisa terus tumbuh. Ketika tulisanmu sudah mampu menggerakkan orang dan cukup influential, nantinya brand pun akan berdatangan dan mengajakmu untuk berkolaborasi. Menjadi influencer memang menawarkan fleksibilitas waktu dan cara kerja karena kamu nggak terikat dengan jam kantor, tapi bukan berarti tanpa tantangan. Kamu harus mampu menghasilkan konten yang lebih baik dari waktu ke waktu. Karena kalau enggak, pembacamu bisa bosan dan mengabaikan blogmu. Jika itu sudah terjadi, kredibilitasmu mulai diragukan dan kariermu sebagai influencer bisa terancam.

2. Copywriter

Copywriter adalah profesi penting yang masih belum banyak dikenali orang. Tugas seorang copywriter adalah membuat naskah/teks untuk keperluan promosi atau pemasaran. Seorang copywriter harus mampu menghadirkan ide headline atau tagline yang bisa menggoda seseorang untuk membeli, atau setidaknya mencari tahu lebih lanjut, produk yang dipromosikan. Nah, sebagai seorang blogger yang punya pengalaman dengan dunia tulis-menulis, kamu mungkin sudah punnya sense yang tajam bagaimana melahirkan suatu kalimat yang impactful bagi pembaca.

Hampir semua kegiatan promosi pasti membutuhkan teks yang bisa mengarahkan orang, sehingga prospek dari copywriter sendiri memang cukup cerah. Tantangannya, seiring dengan semakin berkembangnya berbagai sarana dan media promosi, ide iklan pun semakin kreatif. Artinya, copywriter pun semakin hari semakin dituntut untuk bisa melahirkan ide dan kalimat yang lebih kreatif lagi.

Baca juga: Perkembangan Periklanan Digital yang Wajib Kamu Kenali

3. Digital Marketer

Sebagai blogger seharusnya kamu nggak asing tentang bagaimana cara mengelola suatu media digital. Mulai dari perencanaan konten, penyebarluasannya, hingga mengukur pertumbuhan blogmu. Jika kamu merasa suka dengan hal-hal seperti itu, kamu cocok berkarier di bidang digital marketing. Di sana kamu akan membantu perusahaanmu mempromosikan produk lewat berbagai channel media digital. Kamu akan bertanggung jawab mulai dari konsep, hingga mengukur performa setiap promosi yang kamu jalankan. Mirip dengan mengelola blog, bedanya kamu memiliki target dan tujuan yang lebih komersil.

Industri digital yang terus tumbuh cukup menjamin prospek bekerja di bidang ini. Apalagi jika kamu tipe orang yang suka dengan inovasi dan siap untuk terus mempelajari tren terbaru, nggak ada salahnya kamu mencoba menekuni profesi digital marketer.

4. Penulis Buku

Sudah sangat banyak blogger yang akhirnya beralih menjadi penulis buku. Beberapa di antara mereka malah sukses melahirkan buku best seller bahkan hingga diangkat ke layar lebar. Sebagai blogger, tentu mereka memang sudah memiliki jumlah pembaca yang jelas. Serta mereka pun sudah menemukan gaya bahasa yang disukai orang.

Jika kamu memang hobi bercerita, dan tertantang untuk menulis sebuah tulisan yang panjang seperti novel atau buku self-help, nggak ada salahnya kamu mulai mencoba membuat kerangka tulisan, dan mengirimkannya ke beberapa penerbit. Meskipun sama-sama membutuhkan skill menulis, namun menulis untuk konten blog dan menulis buku tetaplah dua hal yang berbeda. Untuk itu pastikan kamu meramu tulisanmu dengan hati-hati agar tulisanmu bisa memikat penerbit maupun pembaca nantinya.

Baca juga: 4 Penulis Indonesia yang Memulai Karier Sebagai Blogger

5. SEO Trainer

SEO adalah hal yang penting bagi sebuah blog. SEO yang baik akan membuat blogmu mudah ditemukan oleh pembaca, yang artinya berpotensi meningkatkan angka pengunjung blogmu secara signifikan. Nah, ternyata bukan cuma blog pribadi yang butuh SEO, website perusahaan pun juga. Jadi nggak heran kalau orang yang memiliki skill memperbaiki SEO rank suatu website kini banyak dicari.

Apabila kamu memiliki skill tersebut, tapi malas terikat jam kerja kantoran, kamu bisa menjadi seorang SEO trainer. Sebagai SEO trainer, kamu bisa memberikan seminar atau pelatihan ke orang-orang yang ingin mendalami skill ini. Kamu juga bisa bekerja sama dengan perusahaan yang ingin mengembangkan website mereka, dan berbagi ilmu dengan mereka.


Menjadi blogger ternyata nggak hanya bisa memberi manfaat bagi pembacamu, tapi juga kepada dirimu sendiri. Pengalamanmu mengelola blog secara nggak sadar bisa memperkaya skill-mu, dan bisa menjadi modal yang berharga saat kamu ingin menekuni profesi-profesi tertentu.

Tentu saja bukan berarti kamu harus berhenti ngeblog apabila kamu sudah menekuni profesi di atas. Bahkan, malah kamu harus tetap lanjut blogging agar kamu terus mempelajari skill baru dan tetap peka akan keinginan dan minat publik. Bagaimana? Tertarik dengan salah satu profesi di atas?

 

Ingin menularkan semangat positif ala Blogger? Yuk suarakan kepedulianmu pada laut Indonesia lewat lomba blog yang diselenggarakan oleh C2live sekarang juga!

Sumber: Acritica, Jewish Learning, Shabat,Sociadade Republica, Scion Social, Frey & Lau.

Related Posts

 
Site Menu