Tajam-menulis-artikel-berita

5 Tips Biar Kamu Semakin Tajam Menulis Berita!

I’m a writer at Content Collision

Menulis, baik sebagai hobi ataupun profesi memang sudah semakin populer. Apalagi ditambah dengan data yang menunjukkan kalau menulis di website baik untuk kebutuhan marketing ataupun lainnya bisa menambah jumlah pengunjung website kamu.

Memang ada banyak cabang dalam penulisan, mulai dari menulis blog biasa, featured article, bahkan sampai menulis berita alias news article. Mungkin masih banyak yang belum terlalu mengerti tentang definisi dari menulis berita sendiri.

Menulis berita tidak selalu harus berarti kalau kamu menulis untuk media berita seperti BBC, Liputan 6, dan sebagainya. Ketika kamu menulis artikel yang mengikuti perkembangan tren serta fakta-faktanya, sebenarnya kamu sudah menulis berita.

Nah, bagi kamu yang berminat, ulasan ini akan membahas tentang cara jitu menulis berita. Yuk, simak tips-tipsnya di sini.

1. Memperhatikan tren berita

menulis beritaLangkah pertama yang pastinya harus kamu lakukan adalah memperhatikan tren-tren tentang perkembangan berita. Ini adalah langkah yang krusial. Jangan sampai kamu melewatkan beberapa hari setelah berita tersebut muncul. Pastikan kamu mem-publish menulis beritamu di hari yang sama begitu berita tersebut beredar.

2. Mengenali siapa audience kamu

menulis beritaTidak semua berita akan menjadi hits di semua lingkungan. Pastikan kamu mengenal lingkungan atau target reader kamu.

Contoh, di Indonesia yang gemar memperhatikan berita seputar Pilkada Jakarta. Maka lebih baik kamu menggunakan fakta ini untuk menulis artikel politik Indonesia. Intinya, coba untuk meng-cover berita yang sesuai dengan interest target reader kamu.

3. Selalu gunakan “5W1H” untuk mengecek semua fakta

menulis beritaKetika menulis berita, kebenaran sebuah fakta adalah segalanya. Pastikan kamu mengecek semua fakta dengan mempertanyakan “What”, “Why”, “Where”, “When”, “Which”, dan ”How”.

Selain itu, pastikan juga fakta yang kamu masukkan ke artikel kamu mempunyai segi yang berbeda dari menulis berita lainnya.

Untuk meningkatkan traffic ke website kamu, tentunya harus ada faktor yang menarik perhatian reader. Nah, di sinilah “keunikan” konten berita kamu akan diuji.

4. Jangan terlalu banyak menggunakan embel-embel

menulis beritaSelain konten, artikel berita juga harus mudah dibaca. Jangan biarkan reader malah menjadi bingung membaca artikelmu.

Lebih baik langsung saja bicarakan tentang kontenmu dan jangan terlalu banyak memberikan kalimat pembuka atau penutup.

Jika kamu menulis artikel dengan menggunakan bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan plugin Yoast SEO. Plugin ini secara otomatis akan mendeteksi level readability artikel kamu.

5. Susun title dan headline yang attention grabbing

menulis beritaTerakhir adalah untuk menyusun headline yang menarik perhatian. Artikel bosan Untuk menulis berita yang menggunakan SEO, pastikan kamu memasukan keyword ke dalam judul artikel.

Selain itu, jangan lupakan kekuatan headline. Jangan lupa, headline adalah sebuah kalimat yang menceritakan keseluruhan isi artikelmu!

Pastikan kamu juga mengimplementasi 5W1H di headline artikelmu sehingga reader bisa langsung menangkap ide konten serta waktu dan lokasinya.


Bagaimana? Apakah kamu sudah lebih mengerti tentang penulisan artikel berita yang bisa membuat reader penasaran.

Kalau kamu penasaran dan ingin melihat contoh artikel berita yang menarik, langsung saja kunjungi C2Live.com! Di dalamnya, kamu bisa membuat portofolio menulismu sendiri.

Caranya mudah, kamu tinggal melakukan pendaftaran, kemudian unggah seluruh hasil karya tulis yang pernah kamu buat! Siapa tahu dengan begini, kamu bisa menarik lebih banyak gig menulis? Sudah siap menulis berita yang menarik?

Sumber : The Political InsiderUs Weekly, KQED, JournalismResearchNews, varchev.

Related Posts

 
Site Menu