Tips Menulis

Agar Menulis Semudah Tersenyum, Yuk Kuasai 5 Tips Menulis Ini!

Menghasilkan konten dengan kualitas terbaik adalah salah satu tugas seorang blogger. Soal viral atau tidaknya, seakan itu adalah bonus tambahan atas pencapaian dari loyalitasnya dalam berkarya. Tak heran, tiap blogger jadi berlomba-lomba untuk menciptakan konten yang menarik. Namun, tidak semua blogger menyadari bahwa nyawa dari sebuah konten pada blog adalah kualitas tulisan yang ada di dalamnya. Karena itu, tiap blogger sewayahnya memiliki teknik menulis yang menulis.

Nah, supaya kamu bisa mengasah kemampuan menulismu dengan lebih dalam lagi, kali ini C2live akan membahas 6 tips menulis yang bisa kamu coba kapanpun dan di manapun. Supaya menulis jadi semudah tersenyum, ini dia tips menulis yang wajib kamu mulai dari sekarang!

1. Carilah Inspirasi dari Hal-hal Terdekat

Tips Menulis

Tips menulis yang paling utama, namun bisa jadi sering kamu abaikan adalah mencari inspirasi dari hal-hal terdekat. Pasti pernah, dong, kamu merasa sulit untuk menulis sebuah artikel karena tidak ada ide yang terlintas? Bahkan, mungkin hal ini sering terjadi. Namun, kenapa sulit? Karena waktumu habis untuk mencarinya. Kebiasaan seperti itu perlu kamu ubah. Tak hanya menyita waktu, terlalu lama mencari ide juga akan membuatmu merasa pusing sebelum menulis.

Karena itu, cobalah untuk mencari ide dari hal-hal yang ada di sekitarmu. Kamu pun juga bisa membahas topik-topik yang memang kamu pahami. Ketika kamu menguasai suatu topik atau kamu merasa sudah begitu dekat dengan sesuatu hal, kamu tentu akan lebih mudah untuk menuangkannya dalam bentuk gagasan.

2. Luangkan Waktu Khusus untuk Menulis

Tips Menulis

Tips menulis selanjutnya yang patut kamu lakukan adalah meluangkan waktu yang dikhususkan untuk menulis. Sesuai kalimatnya, ini artinya kamu harus benar-benar menyisihkan waktu yang diperuntukkan untuk fokus menulis, sehingga jangan sampai kamu menyambi pekerjaan lainnya dalam kurun waktu tersebut. Disiplin menulis merupakan salah satu cara yang perlu kamu jabani agar bisa menjadi blogger profesional. Kamu harus paham jadwalmu. Mana waktu sibukmu dan waktu luangmu.

Hindari menulis di waktu sisa. Selain membuatmu sudah terlanjur jenuh dan lelah, menulis di waktu sisa akan membuat fokus terpecah belah. Alih-alih menghasilkan tulisan yang sepenuh jiwa, yang ada kamu malah menghasilkan tulisan yang kurang hidup. Karena itu, kamu harus atur kembali di waktu-waktu seperti apa kamu lebih leluasa untuk menulis agar hasil karyamu bisa optimal.

3. Selalu Ingat Motivasimu dalam Menulis

Tips Menulis

Masih ada lagi, nih, tips menulis yang bisa membantu meningkatkan kualitas karyamu. Caranya adalah dengan selalu mengingat motivasi yang kamu miliki. Jadikanlah motivasi itu sebagai pecut untuk membakar kembali semangatmu saat sedang ogah menulis.

Jika kamu ingin berkecimpung di dunia penulisan karena ingin terkenal, maka ingatlah bahwa kamu masih harus meraih tujuan tersebut ketika kamu sedang malas menulis. Dengan demikian, rasa malas yang tadinya menyerang akan sirna.

4. Perbanyak Wawasan dengan Membaca

Tips Menulis

Tips menulis lainnya yang tak boleh ditinggalkan adalah banyak-banyak membaca. Seperti kata pepatah, buku adalah jendela ilmu. Tak hanya menjadikanmu cerdas, membaca juga akan membuat tulisanmu lebih berkualitas dan kaya akan kosakata. Nggak heran, deh, orang-orang yang suka membaca akan memiliki tulisan yang lebih bernyawa dibanding mereka yang kurang suka membaca.

5. Menulislah dengan Cinta

Tips Menulis

Jangan lupa, apapun yang kamu lakukan, ada satu hal tak boleh kamu lupakan, yaitu sebuah rasa. Karenanya, hindarilah menulis ketika suasana hatimu sedang kacau, sebab hal itu bisa mempengaruhi hasil tulisanmu.

Ketika menulis, cobalah untuk menuangkan isi hatimu agar apa yang kamu sampaikan bisa meresap ke dalam jiwa si pembaca. Anggaplah tulisanmu sebagai dialog bercengkrama yang sedang kamu lakukan dengan para pembaca. Jadi, jangan persulit dirimu dengan hal-hal rumit yang justru membuatmu mudah lelah dan bosan dalam berkarya. Jika ada tips menulis yang mudah, maka cobalah tanpa ada kata nanti dan tapi.


Kata siapa menjadi blogger itu susah? Sebenarnya mudah, kok, asal kamu tahu tips-tipsnya. Dengan menerapkan tips-tips menulis yang berguna, tulisan yang berkualitas tidak akan hanya jadi sekadar angan, namun bisa menjadi realitas. Tertantang untuk mencobanya? Yuk, segera terapkan tips-tips menulis di atas agar karyamu semakin berkelas!

Sumber: Ngoc Anh, Webdoop, Dawnicole, Wallpapers Wide, Freepik, Wroclaw.

Related Posts

Site Menu