menulis

5 Tips Rutin Ngeblog Meskipun Sibuk

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Saya yakin ada banyak blogger yang punya profesi lain, bahkan bisa dibilang profesi yang utama. Misalnya bagi saya profesi utama adalah karyawati di Lapas, dan blogger adalah profesi sampingan. Keduanya saling melengkapi. Sebagai karyawati gajinya mencukupi kebutuhan saya dan keluarga. Namun menjadi blogger duitnya masih sedikit, menuangkan ide dan opini melalui tulisan adalah passion saya. Dibayar ataupun tidak, saya tetap senang melakukannya.

Nah seringkali karena terhambat kesibukan pekerjaan utama, jadinya blog malah terabaikan. Untungnya sekarang saya sudah menemukan cara agar bisa tetap produktif menulis, sekalipun pekerjaan utama cukup menyita waktu.

✏️ Mengingat Tujuan. 

Coba ingat-ingat apa tujuan awal punya blog, hal itu akan membantu kita untuk tetap bela-belain meluangkan waktu menulis. Misalnya saya sendiri punya tujuan ngeblog itu untuk mengabadikan kenangan dan menebar manfaat. Sayang banget rasanya kalau ada kenangan berarti yang saya lewatkan begitu saja, karena pasti bakalan mudah lupa kalau nggak diabadikan. Selain itu dengan berbagi pengalaman, pengetahuan, dan opini tentu akan ada manfaat yang bisa diambil pembaca. Saya anggap itu juga sebagian dari amal.

Dengan mengingat tujuan awal saya ngeblog, dengan begitu saya tetap berusaha menyisihkan waktu untuk menulis. Kalau nggak punya tujuan, biasanya akan ada aja excuse untuk malas menulis.

✏️ Mencatat Setiap Ide yang Muncul 

jangan lupa catat setiap ide yang muncul (source : pixabay)

Seringkali ide itu datangnya spontan disaat yang nggak kita duga. Bisa saja saat kita lagi di jalan, saat ngobrol sama teman atau pas lagi pup di toilet. Biasanya saya buru-buru catat ide itu di notes hp sebelum lupa.

Dengan begitu ketika ada waktu untuk menulis saya nggak bingung lagi akan menulis apa, jadi lebih hemat waktu.

✏️ Meluangkan Waktu Khusus

Misalnya nih kayak saya yang kerjanya dari Senin-Sabtu, maka malam minggunya bisa saya gunakan untuk menulis, sampai begadang juga nggak apa karena besoknya libur. Kenapa nggak siang? karena biasanya Minggu siang saatnya jalan-jalan sama keluarga.

 

Related Posts

 
Site Menu