food blogger

5 Tips yang Patut Kamu Miliki Sebagai Food Blogger!

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Siapa, nih, di antara kamu yang merupakanfood blogger? Dari sekian banyak food blogger yang ada, tentu kamu memutuskan untuk menjadi salah satunya karena suatu alasan tertentu, bukan? Bisa karena sangat suka, coba-coba, atau bahkan karena ada minat yang datang tiba-tiba. Apapun alasanmu, menjadi seorang food blogger tentu sudah berdasarkan pikiran yang matang, kan? Oleh sebab itu, kamu juga perlu menunjang blogmu agar menjadi yang terbaik, atau setidaknya memiliki kelebihan tersendiri dibanding food blogger lainnya.

Oke, deh, untuk kamu para food blogger, coba simak dan ikuti tips dibawah ini, ya. Siapa tahu, setelah mencoba tips ini, bukan hanya pembaca yang betah lama-lama di blogmu, bahkan para brand pun jadi tertarik untuk bekerja sama. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan peluang baru untuk mengisi pundi-pundi rupiah.

Jadi, sudah penasaran ada trik apa saja yang bisa kamu terapkan? Ini dia tipsnya!

1. Tampilkan Foto Semenarik Mungkin

food blogger

Jelas dong, sebagai seorang food blogger, foto-foto makanan dan minuman adalah bagian penting yang nggak boleh kamu remehkan, apalagi dilupakan. Sebab, keberadaan foto-foto makanan atau minuman yang cantik akan membuat para pembacamu terkesan dan tertarik untuk mencobanya. Setidaknya, dia akan menjadikan tulisanmu sebagai bahan rekomendasi kuliner bila sewaktu-waktu ia ingin mencobanya.

Tapi ingat, tidak sembarang foto bisa kamu tambahkan. Tingkat cahaya, pengaturan posisi makanan atau minuman, serta tingkat kejelasan objek juga perlu kamu perhatikan. Sebisa mungkin buatlah pembacamu ngiler karena pengaruh foto yang kamu sajikan.

2. Buat Tulisan yang Dapat Menghipnotis Pembaca

food blogger

Bukan sebuah rahasia lagi jika food blogger itu diekspektasi untuk membuat si pembaca seolah-olah ikut menikmati makanan atau minuman yang kamu ulas. Karenanya, cobalah untuk menyajikan konten yang dapat menghipnotis si pembaca. Nah, bagaimana membuat tulisan yang dapat menghipnotis? Kamu harus menyampaikan secara gamblang, jelas, dan pastinya jujur tentang cita rasa makanan atau minuman yang kamu nikmati.

Contoh, saat kamu membuat konten tentang pedas asamnya sambal lemon. Cobalah untuk menuangkan bagaimana perasaanmu saat mencicipinya ke dalam tulisan. Bisa tentang pedasnya yang membuat sensasi panas pada lidah tapi enaknya bikin nagih, atau tentang asamnya yang bikin seger dan membuat melek mata. Selebihnya, kamu bisa merekomendasikan soal makanan atau minuman yang cocok untuk disantap bersamaan dengan menu tertentu untuk membuat imajinasi sensasi kuliner si pembaca lebih seru.

3. Tambahkan Video Agar Kontenmu Lebih Hidup

food blogger

Kata siapa foto saja sudah cukup untuk menunjang tampilan blognya para food blogger? Mungkin, bagi sebagian orang foto sudahlah maksimal. Tapi bagi food blogger sejati, pastinya paham perasaan para pembaca yang ingin tahu lebih jauh tentang objek yang dibahas. Misal, kamu membuat konten tentang cara membuat bolu kukus duren. Pastinya kamu ingin agar para pembaca bisa mempraktekannya di rumah.

Tidak hanya sebuah foto yang bisa membuat blogmu memiliki nilai tambah, tapi tampilan sebuah video juga sebagai syarat kamu terlihat profesional sebagai food blogger. Nah, sebagai food blogger kamu perlu untuk menambahkan video dalam kontenmu. Selain memberikan daya tarik, adanya video dalam tulisanmu juga membuat tulisanmu seakan lebih hidup.

Sebisa mungkin, buatlah video yang mengandung unsur story telling. Dimana kamu perlu mengisi suara dan aktivitas ketika video berlangsung. Kamu dapat mengomentari makanan atau minuman yang kamu nikmati. Tunjukkan ekspresimu saat mengonsumsinya. Dengan begitu, bukan hanya tulisan yang berbicara, kamu pun selaku food blogger akan terlihat lebih kompeten dalam memuat sebuah karya.

4. Buat Judul Sekreatif Mungkin

food blogger

Tips selanjutnya, yang perlu kamu coba sebagai food blogger adalah memberikan judul yang kreatif dalam tulisanmu. Sebab, judul yang menarik akan mengundang rasa penasaran si pembaca. Contoh judul yang menarik dalam konten food adalah, “Memasak 10 Porsi Martabak Mini Kacang Hijau a-la Home Made Hanya Dalam 5 Menit”. Wih, keren nggak tuh, Guys? Dalam waktu 5 menit kamu bisa membuat 10 porsi martabak mini.

Hal-hal seperti itu mungkin terlihat remeh, tapi percayalah permainan kata dalam sebuah tulisan, apalagi untuk judul akan memikat hati para pembaca. Jadi, apa kamu sudah punya rencana untuk membuat judul-judul menarik di tulisanmu selanjutnya?

5. Berinteraksilah Sebaik-baiknya dengan Followers atau Komentator

food blogger

Percayalah, sebuah interaksi sangatlah diperlukan, termasuk bagi seorang food blogger. Mengapa? Karena interaksi merupakan salah satu cara yang menjadikanmu semakin dekat dengan pengunjung blogmu. Coba saja kamu posisikan diri jika menjadi mereka, tentu kamu akan sangat senang bila sapaan, komentar ataupun saranmu dalam blog direspon hangat oleh sang empunya.

Setelahnya, kamu dan sang komentator bisa semakin dekat. Jadi, jangan remehkan interaksimu ya kepada para pengunjung yang berkomentar di blogmu. Berikanlah apresiamu untuk mereka.


Seru, ya, jadi food blogger? Tapi lebih seru lagi jika kamu praktekan tips-tips diatas. Tentunya itu sebagai pendorong agar kamu benar-benar menjadi sosok food blogger profesional. Selamat mencoba tips keren diatas, ya!

Sumber: Pixabay, Pexels, Freepik, Simonclement.

Related Posts

 
Site Menu