Suka Menulis Review Produk di Blog? Yuk Terapkan 5 Trik Ini Agar Ulasanmu Menarik dan Menjual

Sebagai blogger kamu tentu sudah nggak asing dengan beberapa rekan blogger yang menulis review sebuah produk di blog. Bahkan, mengulas suatu produk adalah salah satu cara monetisasi yang paling lumrah dilakukan para blogger.

Untuk itu, sebagai blogger kamu perlu mempelajari cara menulis review produk yang menarik dan menjual. Selain untuk meningkatkan kredibiltasmu di mata pembaca, juga berguna agar memudahkanmu bekerja sama dengan brand yang ingin memasarkan produk mereka.

Apa saja trik-triknya? Yuk, simak bersama!

1. Ulas Produk Sesuai Demografi Ketertarikan Pembaca

Setiap blogger tentu punya demografi pembaca yang berbeda-beda. Ada blog yang pembacanya mayoritas ibu rumah tangga, ada yang mayoritas pembacanya pelajar, ada juga yang menyasar niche lain seperti penggiat teknologi atau penyuka olahraga.

Kamu pun tentu memiliki demografi pembacamu sendiri, untuk itu pastikan kamu mengulas produk yang relevan bagi mereka. Jika demografi pembacamu adalah pelajar, maka hindarilah terlalu sering mengulas perabot rumah tangga atau malah peralatan mengasuh bayi. Pilih produk yang dirasa dibutuhkan oleh pembacamu seperti snack, situs e-commerce, atau laptop.

Jika kamu sembarangan mengulas produk, bukannya tergiur, pembacamu malah akan jengah dan nggak percaya lagi sama ulasanmu. Apabila pembaca sudah menjauh, para brand pun juga ikut ragu untuk bekerja sama denganmu.

2. Foto Produk yang Menarik

Foto adalah hal penting yang bisa meyakinkan pembaca untuk ikut mencoba produk yang kamu ulas. Untuk itu, pastikan kamu mengambil foto dengan jelas dan dari angle yang menarik. Hindari menggunakan foto-foto generic, apalagi malah nggak menggunakan foto sama sekali.

Selain penting untuk membuat pembaca tertarik secara visual, foto yang menarik juga diperlukan sebagai bukti bahwa kamu memang sudah mencoba produk yang kamu ulas. Bukan sebatas menuliskan ulang ulasan orang lain.

Baca juga: Belajar dari 4 Blogger Langganan Juara Lomba Blog 

3. Berikan Ulasan yang Jujur

Jika kamu ingin menjadi sumber referensi yang kredibel bagi pembacamu, kamu sendiri pun harus bisa menghadirkan artikel yang bisa diandalkan dan bisa dipertanggung jawabkan. Itu artinya, ulasan yang kamu tulis haruslah jujur sehingga pembaca nggak merasa tertipu.

Jika kebetulan ada kekurangan yang kamu rasakan dari produk sebuah brand yang bekerja sama denganmu, bukan berarti kamu lantas berbohong dan pura-pura nggak ada masalah. Justru sebaliknya, sebagai blogger kamu perlu menginfokan itu pada pembacamu, sekaligus meyakinkan mereka bahwa adanya beberapa kekurangan bukanlah masalah yang besar karena secara overall produk tersebut masihlah produk yang recommended.

4. Call to Action

Tujuan dari menulis sebuah artikel ulasan produk di blog adalah agar kamu bisa mempengaruhi pembacamu untuk membeli atau menghindari produk tersebut. Untuk itu, harus ada kesimpulan yang kuat serta ajakan untuk membeli atau mengulas produk yang yang sama.

Kamu juga bisa mengajukan pertanyaan yang bisa memantik pembacamu untuk berkomentar dan berdiskusi. Jangan lupa juga untuk mengapresiasi semua tanggapan yang masuk, agar komunikasimu dengan pembaca bisa terus hidup. Selain bermanfaat untuk kredibilitas blogmu, blog yang memiliki engagement rate yang tinggi sangat disukai oleh brand.


Menulis sebuah ulasan produk memang agak tricky, karena kamu harus jeli melihat kelebihan dan kekurangan sebuah produk, serta menyampaikannya sesuai kebutuhan pembacamu. Jika kamu sembarangan menuliskannya, atau malah hanya menulis berdasar ulasan orang lain, bisa jadi pembacamu malah kecewa dan ngga percaya lagi sama blogmu.

Namun jika kamu jeli dalam menulis review produk, nggak hanya pembaca, berbagai brand pun akan ikut tertarik dengan blogmu dan akhirnya mengajakmu bekerja sama. Apalagi, monetisasi dengan cara mengulas suatu produk semakin hari semakin marak dilakukan. Sangat potensial?

Sumber: Pro Writing Aid, United Israel, Vvox, Getty Images.

Related Posts

Site Menu