Cara Meningkatkan Traffic Blog Dengan 5 Trik Unik di Luar Kebiasaan Bloggingmu!

Mengelola blog adalah perjalanan panjang yang butuh ketekunan dan kedisiplinan. Apalagi kalau kamu sering merasa sudah melakukan rutinitas yang positif, namun hasilnya belum sesuai bayangan. Entah traffic blog yang nggak kunjung naik, atau _engagement_ yang tetap sepi. Hal-hal seperti inilah yang membuat blogging kadang jadi terasa jenuh dan membosankan.

Sesekali jenuh saat blogging adalah hal yang wajar. Maka dari itu, jangan sampai kejenuhan itu membuatmu menyerah dan berhenti blogging. Biasanya, kejenuhan itu hadir karena kamu terlalu lama melakukan suatu rutinitas tanpa ada inovasi yang signifikan.

Nah, untuk mengatasi itu, coba terapkan beberapa trik unik yang nggak hanya bermanfaat untuk membuat traffic blog melesat, tapi juga di luar kebiasaan blogging-mu biasanya. Apa saja trik unik tersebut? Ini dia 5 di antaranya!

Ciptakan Peluang untuk Diwawancarai

Ada efek positif dari semakin banyaknya blogger Indonesia dan semakin berkembangnya dunia content marketing, yaitu semakin banyak media yang menyoroti blogger untuk diliput dan diwawancarai. Ini tentu saja menjadi kesempatan emas untukmu dan wajib kamu manfaatkan.

Caranya, selalu sediakan kontak yang bisa dihubungi di kolom ‘About Me’ agar para media bisa menghubungimu dengan mudah. Akan lebih baik jika kamu secara terbuka menjelaskan bahwa kamu terbuka untuk berbagai bentuk kerja sama, termasuk wawancara.

Selain itu coba lahirkan beberapa artikel yang viral. Bisa dengan menulis sesuatu yang kontroversial namun tetap positif, atau dengan membaca tren yang sedang berlangsung. Dengan mempunyai artikel yang viral. Akan lebih besar peluang media menyadari kualitasmu dan menghubungimu untuk wawancara.

Berperan Aktif di Komunitas

Aktivitas blogging nggak seharusnya terbatas di depan laptop saja. Ada beberapa aktivitas di dunia nyata yang nggak kalah seru, salah satunya adalah aktif di komunitas blogger.

Saat ini ada cukup banyak komunitas blogger di berbagai daerah. Masing-masing komunitas memiliki interest ataupun niche yang berbeda, jadi kamu bisa memilih bergabung ke komunitas yang sesuai dengan karaktermu. Meskipun memiliki keragaman interest, semua komunitas blogger pasti memfasilitasi setiap anggotanya untuk berkembang dan belajar.

Dengan aktif di komunitas blogger, nggak hanya menambah skill bloggingmu, tapi wawasanmu dan kehidupan sosialmu pun juga semakin luas. Semakin banyak yang mengenalmu, semakin banyak juga yang mengenal blogmu. Artinya, kamu bisa tetap menambah jumlah pembacamu meskipun kamu mengurangi rutinitas duduk menulis di depan laptop. Seru, kan?

Cari Kesempatan Menjadi Juri Lomba Blog

Beberapa di antara kamu mungkin sudah pernah mengikuti kompetisi blog sebagai peserta, bahkan mungkin sudah berhasil menjuarai beberapa lomba dan memenangkan hadiah yang menarik. Namun, pernahkah terpikir di benakmu untuk terlibat dalam sebuah kompetisi blog bukan sebagai peserta, namun sebagai juri?

Tentu saja untuk bisa ditunjuk menjadi juri pada suatu kompetisi blog bukanlah hal mudah. Butuh kredibilitas dan relasi yang oke. Namun, kedua hal itu sama-sama bisa kamu raih seiring dengan usahamu mengelola blog. Apalagi jika kamu sendiri pernah memenangi lomba blog, tentunya itu menjadi nilai jual tersendiri yang bisa membawamu menjadi juri.

Menjadi juri lomba blog nggak hanya akan meningkatkan kredibilitasmu secara pesat, tapi juga menjadi momen refreshing yang tepat untuk blogger. Dengan menjadi juri, kamu akan membaca banyak sekali artikel peserta. Di sana, sambil menilai dan menentukan mana yang terbaik, kamu tentu saja bisa belajar dari mereka. Kamu bisa menambah wawasan, kosa kata, hingga mencuri beberapa ide yang bisa kamu kembangkan sendiri.

Lahirkan Konten dalam Bentuk Lain

Blog memang identik dengan konten berupa artikel teks. Namun, bukan berarti kamu harus membatasi diri hanya pada konten dengan jenis itu saja. Dengan semakin berkembangnya teknologi, kamu pun harus semakin kreatif menerbitkan jenis konten yang beragam.

Video, infografis, slide share, atau bahkan podcast adalah beberapa alternatif jenis konten yang layak kamu coba. Beberapa blogger ada yang enggan mengeksplorasi jenis-jenis konten ini karena merasa skill mereka belum cukup mumpuni. Padahal, pola pikir tersebut salah besar. Jangan menunggu jago dulu baru berani berkarya. Justru sebaliknya, beranilah untuk berkarya sambil belajar.

Dengan begitu, bukan hanya pembacamu akan senang karena menemukan variasi yang unik, kamu pun akan menemukan tantangan baru sehingga rutinitas blogging-mu nggak monoton.


Terjebak melakukan rutinitas yang sama adalah zona nyaman bagi kebanyakan blogger. Nah, jika kamu sendiri ingin blogmu tetap laris dikunjungi pembaca baru, kamu pun harus berani melakukan hal-hal di luar zona nyamanmu.

Cobalah beberapa hal baru seperti berkomunitas, menjadi juri kompetisi, atau mengulik cara memproduksi berbagai jenis konten. Selain bisa membuat kamu terus tertantang dan termotivasi, pembacamu juga akan senang dengan kemauanmu menghadirkan variasi yang positif.

4 hal di atas adalah beberapa contoh hal yang bisa kamu coba agar kamu nggak jenuh dalam memelihara blog. Nah, apakah kamu juga punya tips tersendiri yang bisa menghindarkanmu dari kejenuhan blogging? Kalau ada, yuk tuliskan trikmu di kolom komentar!

Sumber: Everything Voluntary, Swinburne Online, Arthritis Research UK, NBA D Leage, PremiumBeat.

Related Posts

Site Menu