Belajar Menghasilkan Konten Berkualitas dari 6 Blogger Ternama Indonesia

Rasanya sudah nggak perlu dijelaskan lagi soal kenapa blogger bisa semakin berjaya di era digital ini. Dengan semakin majunya infrastruktur dan semakin tingginya angka pengguna internet, blogger dengan konten emas pun semakin digilai pembaca. Konten yang disajikan oleh para blogger tersebut pun beragam, mulai dari tips jalan-jalan, ulasan kuliner, make up dan skincare, atau sebatas berbagi pengalaman hidup. Hal ini menunjukkan bahwa konten apapun bisa jadi menarik jika disajikan dengan cara yang tepat.

Agar blogmu pun bisa menyita perhatian pembaca, yuk belajar mengemas konten dari kelima blogger ini. Selain memiliki niche yang unik, mereka juga memiliki standar kualitas konten yang sangat baik. Mari belajar dari mereka!

1. Pramudya Ksatria Budiman

Pemuda kelahiran 1999 ini mungkin sudah cukup familiar bagi para penggiat internet marketing karena ia memang sudah beberapa kali menjadi pembicara di berbagai workshop. Meskipun masih berusia muda, ia memiliki jam terbang yang sudah begitu banyak, bahkan kini ia dianggap salah satu sesepuh di dunia blogging. Skill SEO dan optimalisasi AdSense miliknya sudah nggak perlu diragukan lagi. Diperkirakan ribuan Dollar masuk ke kantongnya setiap bulan akibat kelihaiannya dalam mengelola blog.

Meskipun begitu, blog pribadinya justru nggak banyak bicara soal teknik SEO ataupun AdSense, ia justru kerap berbagi cerita sehari-hari dan juga berbagi tips-tips ringan yang bisa berguna bagi pembaca. Mungkin konten yang ringan namun informatif inilah yang juga menjadi salah satu daya tarik kenapa blognya ramai didatangi pengunjung.

Baca juga: 5 Pilihan Profesi yang Bisa Berawal dari Blogger

2. Annisa Sarah

Annisa Sarah adalah perempuan muda Indonesia yang bekerja sebagai salah satu dosen di Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta. Ia mengajar di fakultas Teknik Elektro, jadi nggak heran kalau dia memang memiliki minat di bidang akademik dan engineering yang cukup tinggi. Tapi nggak cuma mengajar, Sarah juga hobi berbagi cerita lewat tulisan di blognya.

Lewat blognya ia banyak bercerita proses bagaimana ia mendapat beasiswa LPDP dari pemerintah sekaligus cerita-cerita seru tentang bagaimana rasanya menjadi mahasiswi asal Indonesia di Swedia. Ia banyak berbagi tips untuk kamu yang bercita-cita ingin sekolah ke luar negeri lewat jalur beasiswa, jadi blognya memang penuh dengan informasi dan manfaat. Sebelumnya Sarah aktif blogging di platform Tumblr, sayang akhirnya platform tersebut diblokir oleh pemerintah sehingga kini Sarah terpaksa bermigrasi ke platform Wix untuk melanjutkan hobi menulis dan berbaginya.

3. Carolina Ratri

Carolina Ratri atau yang biasa dipanggil Carra ini bisa dibilang seorang blogger yang produktif. Ia gemar berbagi tips menulis di blognya, dan juga beberapa tips menggunakan media sosial untuk menunjang kebutuhan blogmu. Selain itu, Carra juga menyalurkan bakat menulisnya dalam bentuk fiksi. Ia cukup aktif di komunitas Monday Flash Fiction untuk membagikan fiksi pendek karyanya.

Dengan produktivitas yang demikian tinggi, nggak heran kalau akhirnya ada penerbit yang mengajaknya untuk merilis bukunya sendiri. Buku tersebut berjudul “Blogging: Have Fun and Get The Money” dan telah sukses menginspirasi banyak blogger untuk lebih giat lagi mengembangkan blog mereka.

4. Bellinda Putri

Buat kamu para perempuan, tentu sadar banget dong sama pentingnya skincare? Nah, meskipun penting, bukan berarti semua produk skincare bebas risiko, lho. Kamu pun harus memahami bahan-bahan yang terkandung di skincare-mu karena bisa jadi ada ketidakcocokan yang malah merusak kulitmu. Nah, biar kamu semakin memahami soal skincare, coba cek blog yang ditulis sama Bellinda.

Dengan pengetahuan yang ia punya, ia berusaha mengupas berbagai produk skincare secara mendetail. Ia menjelaskan berbagai kandungan yang ada dan plus-minus mereka bagi kulit kita. Dengan memahami kandungannya, kamu pun jadi bisa memilih skincare mana yang memang sesuai dengan karakter kulitmu. Ulasan seperti ini tentu jauh lebih bermanfaat dan kredibel dibanding hanya menulis ulasan subjektif, itulah yang membuat Bellinda berbeda dari beauty blogger lain.

Baca juga: Mengenal Content Marketing, Strategi Pemasaran Paling Efektif di Era Digital

5. Junanto Herdiawan

Junaro Herdiawan sebenarnya adalah seorang ekonom dan juga penggiat ilmu filsafat. Ia saat ini menempati salah satu posisi penting di Bank Indonesia, dan memiliki segudang prestasi kerja yang luar biasa. Selain itu, ia juga memiliki ketertarikan pada menulis, traveling, dan kekayaan kuliner. Ia pun juga menekuni dunia fotografi dan hobi berfoto dengan gaya levitasi, yaitu teknik mengambil foto yang membuat kita seolah-olah sedang melayang.

Melihat keahlian dan minat yang begitu banyak, nggak heran kalau blog yang ia kelola memiliki ragam bahasan yang cukup banyak. Ia terkadang mengulas soal isu ekonomi terbaru, tapi nggak jarang ia berbagi info kuliner atau pengalaman traveling-nya ke berbagai negara. Nggak hanya itu, ia pun kini telah merilis 3 buah buku yang ia tulis karena terinspirasi pengalamannya bekerja di Jepang pada tahun 2010 hingga 2013. Super produktif!

6. Harumi Sudrajat

Kalau di atas ada Bellinda yang suka mengulas skincare, kali ini ada Harumi yang gemar berbagi tips make-up lewat blog pribadinya. Jangan salah, meskipun sama-sama berkaitan dengan kecantikan wajah, make-up dan skincare nggak bisa disamakan, lho! Jadi ada baiknya kamu menggunakan mereka berdua sebagai referensi agar kulitmu bisa cantik dan tetap sehat.

Harumi sendiri menuliskan berbagai tutorial make-up dengan gaya bahasa yang fun dan mudah dimengerti. Ia bahkan juga sering melengkapi tutorialnya dengan video agar lebih mudah dipahami oleh pembaca.


Kelima blogger di atas adalah contoh blogger yang sukses mengembangkan konten dengan niche tertentu, dan terus konsisten memperdalam bahasan mereka. Dua prinsip itu yang bisa membuat mereka selalu menghadirkan konten berkualitas sesuai kebutuhan pembaca.

Selain itu, konsistensi mereka merilis artikel baru pun bisa menjadi contoh bagaimana kamu memang perlu mengalokasikan waktu untuk menulis secara rutin agar blog yang kamu kelola bisa terus tumbuh sesuai harapanmu. Dengan adanya konsistensi dan komitmen yang kuat, bisa jadi dalam waktu dekat blogmu lah yang menjadi salah satu blog acuan yang dianggap sukses dan bisa memotivasi blogger lainnya. Semangat!

Sumber: Junanto Herdiawan , Facebook Pramudya, My Mind, Ask.FM Bellinda, Harumi Sudrajat, Annisa Sarah, Junanto Herdiawan.

Related Posts

Site Menu