6 Jurus Jitu Membuat Judul Artikel Blog yang Efektif Menggaet Banyak Pembaca

Apa, sih, yang pertama kali dilihat oleh pembaca sebelum akhirnya memutuskan membaca artikel di blogmu lebih jauh? Betul, tentu saja judul adalah hal pertama yang disimak oleh pembaca.

Judul memang merupakan senjata utama untuk menjaring pembaca. Enggak peduli seberapa keren isi artikelmu, kalau judul yang kamu buat enggak menarik, maka pembaca pun enggak akan masuk lebih dalam untuk mengetahui isi artikelmu.

Untuk itu, yuk pelajari 5 tips membuat judul artikel blog yang bisa membantumu jadi peramu judul yang handal:

1. Incar Target Pembaca yang Spesifik

membuat artikel

Ini adalah hal penting yang perlu kamu sadari sejak awal. Banyak blogger yang ingin judul mereka bisa menarik pembaca, namun mereka belum memetakan siapa pembaca mereka.

Mengetahui target pembaca yang kamu incar sangat membantu dalam menentukan gaya bahasa yang akan kamu gunakan pada judul. Bahkan, pertimbangan ini seharusnya sudah kamu terapkan sejak proses pemilihan topik dan angle penulisan.

Kalau kamu enggak memiliki target pemabca yang jelas, judul dan isi tulisanmu bisa jadi malah terlalu general dan malah gagal memikat siapapun.

2. Tunjukan Manfaat untuk Pembaca

Hari ini, pembaca memiliki attention span yang pendek. Mereka mudah terdistraksi dan beralih ke artikel lain dengan cepat. Untuk itu, dengan judul, kamu sudah harus bisa memberi gambaran pada mereka manfaat apa yang akan kamu berikan di artikel ini.

Contohnya, judul “5 Jenis Masakan Hemat yang Bisa Kamu Kuasai dalam Waktu 20 Menit Saja”. Judul tersebut secara jelas menunjukan manfaat dan informasi apa yang tersedia di artikel. Dengan begitu, orang-orang yang sedang ingin berhemat dan ingin belajar memasak dengan instan akan merasa tertarik, dan akhirnya membaca artikel tersebut.

3. Masukkan Angka pada Judul

Salah satu tren yang sedang terjadi dan perlu kamu terapkan adalah memasukkan angka pada judul. Angka ini merupakan list yang ada di isi kontenmu. Dengan adanya angka di judul, pembaca bisa berekspektasi soal kedalaman informasi yang akan kamu sampaikan.

Untuk pembaca yang sedang sibuk dan enggak punya banyak waktu luang, mereka bisa jadi hanya ingin membaca artikel yang ringkas. Sementara untuk seseorang yang memang sedang mencari suatu informasi atau topik, mereka akan mencari artikel panjang dengan info yang mendalam. Nah, adanya angka bisa membantu pembacamu menemukan jenis artikel yang mereka cari.

Baca juga: Perbandingan 5 Web Hosting Paling Terpercaya di Indonesia

4. Ciptakan Urgensi

Setiap menitnya, ada artikel baru yang rilis di internet. Untuk itu, kamu harus berusaha menciptakan urgensi lewat judul artikelmu, agar artikel itu enggak terabaikan begitu saja oleh pembaca. Kamu harus bisa meramu judul yang memberi kesan bahwa artikel ini penting dan harus segera dibaca

Salah satu trik yang bisa kamu coba, kamu bisa mengulas sesuatu yang sedang hangat diperbincangkan di internet. Tentunya, pembacamu enggak mau ketinggalan info atau isu terbaru, sehingga mereka akan tertarik membacanya.

Trik lainnya, kamu bisa memberikan batasan waktu di judul artikel, sehingga pembaca mau enggak mau akan segera membukanya sebelum informasi di artikel tersebut kadaluarsa. Contohnya, buat artikel dengan judul “13 Film Drama yang Patut Ditunggu Bulan Ini”.

5. Jangan Sampai Melupakan Keyword

Keyword pada judul memiliki 2 peran vital yang sebaiknya enggak kamu abaikan. Pertama, keyword berfungsi untuk memberi gambaran pada pembaca garis besar topik yang kamu ulas di artikel tersebut. Jadi, pastikan keyword yang kamu pilih relevan dengan isi, jangan sampai pembaca kecewa dan merasa tertipu judul yang clickbait.

Selain itu, keyword juga penting untuk urusan SEO-mu. Percuma saja kamu lihai membuat judul namun pembaca sulit menemukan blogmu. Dengan adanya SEO, blogmu semakin mudah ditemukan, sehingga judul-judul yang kamu buat bisa menarik lebih banyak orang.

6. Hindari Judul Clickbait yang Mengecoh

Salah satu strategi yang banyak digunakan content writer belakangan ini adalah menggunakan judul yang clikcbait. Clickbait bisa diartikan dengan judul yang terdengar menarik, namun ternyata sama sekali enggak berhubungan sama isi artikel.

Strategi ini tentu efektif dalam menjaring pembaca, apalagi biasanya judul clickbait memang menggunakan gaya bahasa yang cenderung bombastis sehingga terasa heboh. Namun, cara ini sangat enggak disarankan, karena membuat merasa terjebak dan enggak mendapat informasi yang sudah dijanjikan di judul.

Jadi, meskipun dianggap bisa membuat artikelmu dibaca banyak orang, judul clickbait justru berpotensi menghancurkan kredibilitasmu dalam jangka waktu yang lebih panjang. Karena itu, sebaiknya hindari penggunaan strategi ini.


Jika kamu perhatikan, media-media ternama seperti BuzzFeed dan UpWorthy bisa mendapat banyak page views dan pembaca setia karena mereka lihai memberi judul artikel-artikel mereka. Judul mereka enggak hanya memberi informasi tentang apa yang ada di dalam artikel tersebut, tapi juga memantik rasa ingin tahu pembaca.

Tentu perlu banyak berlatih agar kamu bisa melahirkan judul-judul yang efektif menggaet pembaca. Jika akhirnya skill membuat judulmu diimbangi dengan kemampuan menulis konten yang mendalam serta estetika blog yang cantik, bisa dipastikan blogmu akan ramai pengunjung dan jadi tolak ukur blogger-blogger lain. Jadi, nikmati proses belajarnya dan jangan mudah bosan belajar, ya!

Sumber: Alex Wong, TechFunnel, Kim Komando, MentalFloss, NZ Parliement, Psafe.

Related Posts

Site Menu