6 Strategi Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Blogmu

Gilang is a young Indonesian Content Writer. He has huge interest to social issues, digital marketing, and pop cultures.

Sebagai seorang blogger, kamu tentu menyadari pentingnya mendapatkan backlink bagi blogmu. Untuk kamu yang belum tahu, backlink adalah suatu bentuk hyperlink pada situs/blog lain yang mengarah ke blogmu.

Backlink sendiri merupakan salah satu faktor yang penting dalam SEO. Semakin banyak situs/blog yang memberikan backlink menuju blogmu, search engine akan semakin mempercayai blogmu dan enggak ragu untuk menampilkan blogmu di halaman awal hasil pencarian.

Selain itu, backlink juga berpotensi mendatangkan traffic secara signifikan. Semakin banyak backlink, artinya semakin mudah juga blogmu ditemukan oleh orang. Alhasil, akan semakin banyak juga pengunjung yang datang untuk menjadi pembaca setiamu.

Mendapatkan backlink tentu enggak semudah memasang internal link di blog. Butuh strategi dan keseriusan agar blogmu bisa mendapat semakin banyak backlink. Jika salah strategi, bukannya membaik, bisa jadi blogmu dianggap buruk dan enggak berkualitas.

Mau tahu caranya? Yuk simak tips cara mendapat backlink berkualitas dari tim C2live:

1. Mempunyai Konten yang Layak Jadi Referensi

backlink SEO

Ini tentu saja adalah pondasi awal untuk mendapatkan banyak backlink. Konsep dari backlink adalah ada orang yang merekomendasikan artikelmu. Hal itu biasanya disebabkan karena mereka merasa artikelmu kredibel dan layak dijadikan referensi. Nah, kalau artikelmu sendiri sejak awal enggak memiliki kedalaman informasi yang cukup, maka artikelmu pun akan memiliki kemungkinan lebih rendah untuk direkomendasikan.

Untuk itu, pastikan setiap artikel yang kamu tulis mampu memenuhi rasa ingin tahu para pembacamu. Jangan sekadar menulis hanya untuk kejar target mingguan. Satu artikel yang informatif dan mendalam akan sangat membantumu dibanding lima artikel pendek yang minim manfaat.

Selain itu, belakangan, semakin banyak blogger yang menulis di blog hanya jika ada kerja sama dengan brand untuk mengulas suatu produk. Ini juga akan sangat menyulitkanmu untuk mendapat backlink. Karena bukannya menjadikan blogmu sebagai referensi, pembaca akan menganggap blogmu adalah situs untuk “jualan” produk pihak lain.

2. Bekerja Sama dengan Komunitas

mendapatkan backlink

Bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan minat atau profesimu tentu akan memberi dampak positif, termasuk bergabung dengan komunitas blogger.

Bergabung dengan komunitas juga merupakan salah satu cara mendapatkan backlink berkualitas yang wajib kamu coba. Lewat komunitas, kamu bisa membuat berbagai program bersama yang bisa dimanfaatkan untuk link-building blogmu.

Contohnya adalah dengan mengadakan kegiatan backlink berantai, kegiatan interview sesama anggota, atau saling menanggapi artikel satu sama lain sambil menyertakan backlink secara relevan.

Baca juga: Cara Menerapkan Prinsip Dasar SEO pada Blogmu

3. Manfaatkan Content Aggregator

cara mendapatkan backlink

Cara mendapatkan backlink berkualitas lainnya adalah dengan mendaftarkan artikelmu ke sebuah content aggregator. Content aggregator adalah layanan yang mengumpulkan artikel dari berbagai sumber, untuk kemudian diteruskan ke pembaca mereka. Salah satu content aggergator yang wajib kamu manfaatkan adalah C2live.

Dengan mendaftarkan artikelmu ke sebuah content aggregator seperti C2live, artikelmu akan semakin mudah ditemukan dan kemudian dibaca oleh lebih banyak orang. Pihak content aggregator tentunya juga akan menyertakan blogmu sebagai sumber asli, sehingga akan sangat bermanfaat bagi SEO blogmu. Apalagi, biasanya content aggregator memiliki Domain Authority dan Page Authority yang lebih baik dari blogmu, sehingga akan membuat Google semakin mempercayai kredibilitas blogmu.

Untuk menggunakan layanan content aggregator dari C2live, kamu bisa mendaftarkan diri untuk membuat akun C2live Portfolio lalu “submit” artikel yang ingin kamu sebar luaskan lewat halaman “Sindikasi Artikel”. Layanan ini 100% bebas biaya, jadi sayang untuk kamu lewatkan.

Setelahnya, pihak editorial C2live akan meninjau artikel-artikel mana yang layak untuk disiarkan ulang, dan tentunya tetap memberi backlink ke artikel asli milikmu. Jika pembaca menyukai tulisanmu mereka pun akan berkunjung ke blogmu untuk membaca artikelmu lainnya. Jadi, enggak hanya mendapat backlink berkualitas, traffic blogmu pun akan bertambah.

4. Cari Kesempatan untuk Guest Posting

Salah satu cara mendapatkan backlink lainnya adalah dengan melakukan ke guest posting, terutama di blog-blog yang memang kamu yakini memiliki pembaca yang lebih luas dibanding blogmu.

Coba tawarkan diri ke beberapa blogger yang lebih senior atau lebih matang. Ajukan tema artikel yang sesuai dengan blog mereka, atau bahkan outline dari tulisan yang akan kamu tulis. Jika topik yang kamu ajukan menarik dan sesuai dengan pembacanya, blogger tersebut biasanya enggak akan menolak, mereka justru senang karena terbantu dengan adanya variasi konten.

Nah, jika kamu sudah mendapat kesempatan untuk melakukan guest posting, jangan menyikapi itu hanya sebagai cara mendapatkan backlink saja. Tetap berfokuslah pada kualitas tulisanmu, dan hanya menyematkan 1-2 backlink saja.

Menjadi guest posting adalah kesempatanmu untuk merebut perhatian dari audiens baru, jadi jangan sampai kamu sia-siakan dengan malah membanjiri artikel dengan backlink, bukannya informasi yang bermanfaat.

5. Lakukan Online Marketing, bukan Spamming

Ini adalah salah satu kesalahan konsep yang harus dibenahi. Banyak blogger yang menebar backlink di mana-mana secara sembarangan, mulai dari grup Facebook, kolom komentar blog lain, atau di forum-forum online. Alhasil, kegiatan ini jadi terlihat seperti spamming, alias nyampah. Bukannya berdampak positif, hal ini justru berdampak buruk, baik di mata Google ataupun pembaca.

Membagikan banyak backlink yang enggak relevan justru membuat kredibilitasmu jatuh di mata calon pembaca. Google pun kin memiliki algoritma yang sangat cerdas, sehingga bisa menentukan mana backlink yang baik dan mana yang termasuk spam.

Jadi, pastikan kamu memasarkan blogmu dengan cermat. Masuklah ke diskusi-diskusi online, lalu sertakan blogmu sebagai sumber referensi. Bangun juga engagement dengan anggota forum/grup online tersebut sehingga mereka lebih percaya dengan link blogmu.

Ingat, enggak ada yang salah dari sering membagikan backlink. Hanya saja perlu strategi yang tepat agar apa yang kamu lakukan membuahkan hasil positif, bukannya merugikanmu.

6. Strategi Broken-Link Building

Strategi ini banyak dianjurkan oleh para pakar SEO. Caranya pun mudah, meskipun memang enggak bisa instan. Kamu hanya perlu blogwalking ke banyak blog sambil meninjau link-link yang ada di blog tersebut. Jika kamu menemukan ada broken link atau link yang sudah enggak hidup, segera sapa pemilik blog dan beritahukan temuanmu itu. Lalu, rekomendasikan artikelmu yang relevan dengan bahasan sebagai penggantinya.

Pemilik blog akan merasa sangat terbantu, karena kamu membantunya menemukan broken link di blognya sekaligus menawarkan konten pengganti yang relevan. Sementara kamu akan mendapatkan backlink berkualitas, sekaligus relasi baru sesama blogger. Seru kan?


Mencari backlink memang bukan perkara yang mudah, karena hal itu termasuk faktor eksternal yang enggak terjadi di dalam blog kamu. Artinya, kamu enggak punya kendali penuh atas hal itu, sehingga harus mengandalkan orang lain agar proses link building-mu sukses. Namun, bukan berarti kamu hanya bisa pasrah dan menunggu, kamu tetap bisa berusaha dengan strategi yang tepat.

Di atas adalah 6 cara mendapatkan backlink yang layak kamu coba. Tentu hasilnya enggak akan instan, butuh kesabaran dan ketekunan. Namun, dengan menerapkan itu secara konsisten semakin lama akan semakin banyak backlink yang mengarah ke blogmu.

Jika sudah mulai membuahkan hasil, backlink ini akan memberi sangat banyak dampak positif. Mulai dari Domain Authority, Page Authority, SERP, hingga traffic blogmu akan bertambah dan terus tumbuh. Jadi, jangan patah semangat untuk mendapatkan backlink, ya!

Sumber gambar: Bigfish, TalentSpiral, GovLoop, Job4Good, Alliance-Scotlan, SarjanaMalas.

Related Posts

 
Site Menu