Opini

6 Tips Jitu Menulis Artikel Opini!

I’m a writer at Content Collision

Menulis opini memang menjadi suatu hal yang menyenangkan. Pasalnya, kita dapat menyampaikan isi pikiran kita sehingga dapat diketahui oleh orang banyak. Namun demikian, menulis artikel opini tidaklah sekedar menuangkan apa yang ada dalam pikiran kita secara mentah-mentah. Terlebih, jika kita ingin artikel kita dimuat di media massa atau dibaca oleh kalangan masyarakat luas secara layak.

Nah, apa saja sih tips untuk menulis artikel opini yang jitu? Yuk, simak hal-hal berikut ini!

1. Pahami apa itu opini

Menulis Artikel Opini 1

Sumber: Pixabay

Sebelum mulai menulis artikel opini, ada baiknya kita mencari tahu dan memahami apa itu yang dimaksud dengan opini. Opini merupakan gagasan atau pendapat yang muncul dari suatu sudut pandang tertentu atas sebuah isu aktual. Artikel opini sendiri merupakan sebuah tulisan non-fiksi bersifat subjektif yang dituangkan secara sistematis

2. Peka terhadap isu-isu yang hangat, pilih tema

Untuk menyajikan artikel opini yang menarik bagi kalangan luas, kamu harus jeli dan cermat dalam melihat isu-isu apa saja yang sedang menjadi fokus perhatian masyarakat. Hal ini sangat menentukan dalam membuat artikel opini yang jitu, karena isu-isu hangat memuat topik yang menarik dan tidak basi bagi masyarakat.

3. Kenali calon pembaca

Menulis Artikel Opini 3

Sumber: Techglows

Jika kamu ingin artikel opini kamu tepat sasaran di mata publik, kenali dulu siapa yang akan menjadi calon pembaca tulisanmu. Sesuaikan penggunaan bahasamu dengan karakteristik pembaca untuk memastikan artikel opinimu dapat dipahami dan menarik bagi mereka. Pastikan penyampaianmu dapat diserap oleh mereka dan dapat memenuhi kebutuhan informatif mereka akan suatu sudut pandang dalam melihat suatu masalah.

4. Buat outline

Menulis Artikel Opini 4

Sumber: Pexels

Artikel opini yang baik ialah artikel yang dapat menyampaikan pendapatmu secara terstruktur. Untuk itu, kamu perlu membuat outline yang berisi rancangan bagaimana kamu akan menyampaikan pendapatmu secara runut. Hal ini akan sangat membantu pembaca dalam memahami gagasan/ide yang ingin kamu sampaikan. Penyampaian opini yang tidak sistematis akan membuat gagasan terkesan kabur sehingga akan membingungkan pembaca.

5. Bersikap kritis

Menulis Artikel Opini 5

Sumber: Quotemaster

Sampaikan opini kamu dengan kritis dan lugas. Jangan bertele-tele dan terkesan dangkal. Opini yang menarik ialah opini yang orisinil dan tajam. Hal tersebutlah yang akan membuat opini kamu berbeda dari yang lain dan terkesan berkualitas.

Penulisan opini secara kritis dapat dimulai dari bersikap kritis terhadap isu-isu yang kamu temui. Cari tahu dan lakukan analisa terhadap topik yang kamu angkat. Dengan melakukan pendekatan yang kritis sebelum menyampaikan opini, kamu dapat menciptakan artikel opini yang juga kritis dan membuat pembaca berpikir.

6. Sertakan fakta dan data yang mendukung

Menulis Artikel Opini 6

Sumber: Meditations

Karena artikel opini merupakan tulisan non-fiksi, maka dukungan data dan fakta akan memperkuat opini yang kamu sampaikan. Data dan fakta tersebut berperan sebagai bukti pendukung bahwa opinimu memiliki dasar yang nyata dan faktual, sehingga artikelmu akan lebih meyakinkan bagi pembaca. Ini merupakan salah satu kunci utama untuk membuat artikel opini yang jitu!

Bagaimana readers? Apakah 6 tips tadi sudah menginspirasi kamu untuk membuat artikel opini yang jitu? Sudah nggak bingung lagi kan harus bagaimana kalau ingin menulis artikel opini yang akan diminati masyarakat luas?

Bagi kamu yang penasaran dengan penulisan artikel opini beserta dengan contoh-contohnya, kamu bisa langsung kunjungi C2Live.com! Kalau kamu merasa sudah siap untuk menulis artikel opini yang jitu, kamu juga bisa menyertakan artikel opinimu sendiri di sana, lho! Kamu hanya tinggal melakukan pendaftaran dan unggah artikel opinimu. Siap mengunggah banyak artikel opini jitu?

Related Posts

 
Site Menu