Siap-siap, Konten Tulisan Ini Akan Viral di Tahun 2018!

Nggak cuma oleh penulisnya, konten tulisan juga merupakan hal yang paling diperhatikan oleh pembaca, khususnya di era digital masa kini. Sebab, sebagian besar masyarakat saat ini mengandalkan internet untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Menyajikan konten yang menarik nggak hanya akan meningkatkan angka pageviews, tetapi juga mengangkat nama sang penulis, terlebih lagi kalau ia bisa menghasilkan tulisan yang enak dibaca, mudah dimengerti, lugas, terpercaya, dan informatif.

Untuk menyajikan konten yang menarik, kamu harus tahu apa yang sedang menjadi perbincangan hangat atau topik menarik di masyarakat. Karena itu, kamu harus sering-sering cari tahu tentang trending topics. Trending topics bisa kamu lihat di berbagai laman, misalnya Twitter, Instagram, Facebook, YouTube, dan masih banyak lagi.

Nah, supaya kamu bisa menyajikan konten yang bakal diserbu pembaca, artikel kali ini akan memberikanmu hint tentang konten tulisan yang diramal akan nge-hits di tahun 2018 ini berdasarkan informasi dari Newscred. Yuk, simak daftar kontennya di bawah ini!

1. Artificial Intelligence

Konten Viral

*Artificial Intelligence * (AI) atau kecerdasan buatan adalah komputer atau mesin yang memiliki kecerdasan seperti manusia. Menurut data tahunan dari Facebook IQ, kepopuleran topik ini sudah tumbuh sebesar 4,55 kali sejak tahun 2016. Ada banyak konten tulisan yang bisa kamu garap menggunakan topik AI ini, mulai dari temuan terbaru, manfaat AI untuk kehidupan, dan lain-lain.

Sebagai penulis, gunakanlah peran kamu untuk membagi pengetahuan ini ke masyarakat. Seiring dengan perkembangan teknologi, AI akan banyak dikembangkan di tahun 2018 ini. Bahkan, menurut direktur Microsoft Asia, Ralph Haupter, AI akan memengaruhi berbagai aspek kehidupan di tahun 2018 ini dan menjadi hal yang biasa untuk masyarakat!

2. Augmented Reality

Konten Viral

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata dengan cara memproyeksikan benda-benda tersebut secara realitas ke dalam waktu nyata. Menurut data dari Facebook IQ, pembahasan AR di sosial media telah meningkat sebesar 9,67 kali sejak Januari 2016.

Konten tulisan yang bisa kamu buat dari topik ini adalah mainan terbaru yang menggunakan teknologi AR, aplikasi AR pada kehidupan sehari-hari, tips memainkan AR agar bisa eksplorasi secara maksimal, bahkan bahaya dari penggunaan teknologi AR.

3. Makanan Internasional

Konten Viral

Siapa, sih, yang nggak suka makan? Kuliner akan selalu menarik minat siapapun yang membacanya, apalagi kalau kamu bisa memberi pembaca informasi soal kuliner unik dan berkualitas. Konten tulisan yang bisa kamu tulis pun sangat beragam, lho. Mulai dari makanan terbaru, kuliner Indonesia maupun luar negeri, tempat makan hits, tempat makan legendaris, sampai resep masakan.

Sebagai referensi, menurut data Facebook IQ, di tahun 2016, ada beberapa jenis makanan yang dicari oleh warganet, yaitu Bangladesh (naik 7,9 kali), adobada (naik 1,82 kali), dan kaki ayam (naik 1,43 kali). Selain itu, riset lain menemukan bahwa makanan dosas, shawarmas, dan kuliner India selatan juga menjadi trend.

4. Generasi Milenial dan Budaya Kerja

Konten Viral

Generasi milenial diprediksi akan mendominasi setengah dari dunia kerja pada tahun 2020. Banyak sekali, lho, topik tentang generasi milenial maupun budaya kerja yang bisa kamu jadikan konten tulisan. Contohnya adalah trik untuk menghadapi persaingan global, ulasan tentang kepribadian dalam dunia kerja, cara menghadapi kompetitor dengan cara sehat, hingga cerita-cerita unik serta menginspirasi dari para generasi milenial di dunia kerja.

Kamu bisa juga berbincang dengan human resources specialist untuk memberi bocoran tentang kualitas yang dicari perusahaan di era ini. Soal budaya kerja, kamu bisa mengulas jenis-jenis profesi dari berbagai bidang, bagaimana cara meniti karier di suatu perusahaan, tips untuk unggul dari karyawan lainnya, cara untuk membuat presentasi yang ideal, dan masih banyak lagi.

5. Pemberdayaan Perempuan

konten-viral-6

Topik yang satu ini juga nggak kalah menarik, lho! Menurut data dari Facebook IQ, data di awal tahun ini menunjukkan bahwa banyak perempuan mengakses trailer film yang menampilkan perempuan dengan seragam pemadam kebakaran dibandingkan perempuan dengan pakaian seksi. Sebesar 75 persen responden perempuan mengatakan, brand harus berhenti menggunakan perempuan sebagai simbol seks.

Sementara itu, 45 persen laki-laki lebih memilih brand yang mempromosikan kesetaraan gender. Topik ini memang sensitif. Tapi, kalau kamu bisa bersifat objektif saat menulis tentang pemberdayaan perempuan maupun kesetaraan gender, konten tulisan kamu justru dapat mengedukasi masyarakat soal isu ini.


Selain topik di atas, masih banyak lagi topik yang bisa kamu jadikan konten tulisan di tahun ini, seperti science,mindful practices, dan digital currency. Akan tetapi, jangan jadikan topik-topik di atas sebagai satu-satunya sumber untuk berkreasi, ya! Para pembaca blog-mu pasti tetap membutuhkan informasi lainnya untuk menambah wawasan.

Sebagai penulis, kamu juga berhak mencurahkan ide serta gagasanmu, lho. Kamu juga bisa menulis hal-hal menarik lainnya, seperti travel, sejarah, info soal isu metropolitan, dan lain-lain. Jadi, tetaplah berkreasi dan menulis untuk mencerdaskan serta menghibur para pembaca, ya!

Sumber gambar: Reluctant Habits, Kick Starter, Skyvue, The Atlantic, Simple Inked, Tech Story.

Related Posts

Site Menu