Mbak Yuni

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Ngeblog dari Sekarang

Apa sih ngeblog itu? Kenapa harus ngeblog? Apa manfaatnya? Hal tersebut dan pertanyaan-pertanyaan lainnya pasti pernah terbersit dalam hatimu sebelum akhirnya memutuskan untuk mulai ngeblog.

Setiap orang tentu punya cerita tersendiri tentang bagaimana akhirnya ia memantapkan hati menjadi seorang blogger. Mulai dari sekadar coba-coba, penasaran, ikutan tren, hingga mantap karena keinginannya sendiri. Ragam kontennya pun bervariasi, dari sekadar cuap-cuap isi hati, ingin berbagi kisah, sampai tulisan yang mengandung informasi dan wawasan untuk khalayak.

Selain karena beberapa faktor tersebut, generasi milenial saat ini juga banyak memanfaatan aktivitas blogging sebagai ajang eksistensi diri atau yang sekarang tenar disebut sebagai personal branding. Bagi kamu yang merasa masih ragu untuk mulai ngeblog, ada baiknya kamu baca tulisan yang satu ini. Soalnya, post ini akan membahas mengenai 7 alasan mengapa kamu harus ngeblog dari sekarang.

Namun, sebelum kamu tahu apa saja alasannya, kamu juga perlu kenalan dong dengan narasumber sekaligus blogger perempuan yang akan mengedukasi kita seputar kegiatan ngeblog kali ini. Daripada semakin penasaran, langsung saja kita cari tahu jawabannya di bawah ini!

Sekilas tentang Mbak Yuni

Mbak Yuni

Blogger yang satu ini memiliki nama lengkap Yuni Andriani atau bisa juga disapa sebagai Mbak Yuni. Namun, bagi keluarga dekatnya, ia terbiasa dipanggil Andrie. Penggiat blogging yang satu ini adalah seorang ibu rumah tangga yang juga sibuk merintis usaha kuliner bersama sang suami.

Selain aktif ngeblog, Mbak Yuni juga memiliki aktivitas lain, salah satunya sebagai desainer grafis. Adapun kegiatan yang satu ini dilakukan untuk menghasilka material-material promosi indoor dan outdoor (baliho, billboard, poster, rountage, dan lainnya). Untuk menjalankan kesibukan yang satu itu, ia bekerjasama dengan biro advertising yang ada di Yogyakarta.

Perjalanan Ngeblog Mbak Yuni

Aktivitas ngeblog ala Mbak Yuni dimulai sejak tahun 2015. Blog pertamanya adalah ceritajengyuni, yang setahun kemudian dimigrasi menggunakan platform wordpress berbayar dan TLD dengan alamat  jengyuni.com. Agar blognya mudah diingat, ia memilih nama blog yang sesuai dengan namanya. “Jengyuni” sendiri adalah branding yang telah lama ia pilih, bahkan sebelum blog jengyuni dibuat.

Selain untuk ngeblog, nama “jengyuni” ini menjadi semacam “induk” atau “holding” dari aktifitas ekonominya,  seperti bidang kuliner, desain grafis serta online shop via media sosial yang baru saja beberapa bulan ini ia jalani.

Kalau ditanya tentang niche blog, ia sendiri cenderung membahas seputar inovasi teknologi secara umum dalam kerangka lifestyle. Pilihannya ini tidak terlepas dari ketertarikanya dengan perkembangan teknologi yang sedemikian masif. Terutama sejak internet dikenal di Indonesia pada dekade tahun 1990-an. Baginya, inovasi dan teknologi menyediakan materi tulisan yang luas dan tak terbatas untuk bahan ngeblog. Terlebih para milenial cenderung selalu ingin tahu dengan inovasi-inovasi terbaru.

Baca juga: Pesan Sang Belalang untuk Kawan-Kawan Blogger Setanah Air

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Ngeblog dari Sekarang

Mbak Yuni

Dari perjalanan ngeblog yang akan diuraikan Mbak Yuni, kamu akan tahu bahwa blogging bisa menjadi rutinitas yang sangat menarik untuk dilakukan bahkan di era ini. Nah, bagi kamu yang masih ragu untuk memulai blogging, sudah siap untuk mengetahui apa saja 7 alasan mengapa kamu harus ngeblog sekarang juga?

1. Aktivitas digital yang menyenangkan

Menurut pengalaman Mbak Yuni, ngeblog adalah aktifitas digital paling menyenangkan yang menjadikan hidup menjadi lebih hidup. Kita bebas mengekpresikan diri dengan cara yang kita mau, mendokumentasikan ide, gagasan, pikiran, kisah, dan berbagai pengalaman hidup yang akan didengar oleh dunia bahkan bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

2. Membangun personal branding

Blogging adalah cara cerdas membangun personal branding dalam meriahnya dunia digital. Lebih-lebih kalau blog kita mempunyai niche yang spesifik dan menjadi referensi bagi banyak orang.

3. Membuka cakrawala pemikiran dan pengetahuan

Ngeblog juga aktivitas dinamis yang berbeda dengan media sosial. Aktivitas digital ini selalu memberikan hal-hal baru setiap saat yang membuat kita akan selalu up to date. Selain itu, untuk membuat sebuah posting-an yang komprehensif misalnya, kita mungkin akan membaca referensi dari berbagai sumber. Tanpa disadari, kita akan mendapatkan berbagai informasi dan pengetahuan baru yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Informasi dan pengetahuan baru tersebut selanjutnya semakin membuka cakrawala pemikiran kita, yang bisa saja menjadi inspirasi baru untuk menghasilkan tulisan-tulisan selanjutnya. “Blogging makes you always think !”

4. Memacu diri untuk terus belajar dan kreatif tanpa batas

Ngeblog mendorong kita memacu diri melakukan hal-hal kreatif tanpa batas. Apalagi bagi mereka yang mempunyai pemahaman bahwa blogging adalah satu kesatuan holistik yang tidak hanya bicara tentang bagaimana merangkai kata menjadi sebuah informasi yang mudah ditelaah, tetapi juga bagaimana menyajikannya dalam tampilan yang segar dan menarik dengan berbagai elemen pendukung.

Disadari atau tidak, ini akan menggerakkan diri untuk terus belajar tentang segala sesuatu yang mendukung aktifitas blogging. Mbak Yuni sendiri membuktikan bahwa ngeblog memacunya untuk belajar beberapa software desain dan editing video seperti Corel Draw, Photoshop, Cinema 4D, Adobe Ilustrator, Vegas, After Effect, dan beberapa software lainnya.Software-software ini tidak hanya membantunya dalam mempercantik tampilan dan melengkapi blog, tetapi juga mendatangkan uang.

5. Mendapatkan teman baru dan membangun jaringan

Walaupun bukan sebuah keharusan, menjadi blogger tak asyik kalau tidak bergabung dalam komunitas-komunitas blogger tertentu. Bisa baik yang bersifat ekslusif karena terbentuk atas semangat primordialisme (daerah yang sama) atau yang terbuka (umum). Nah, dengan berkomunitas ini kita akan mendapatkan teman baru serta menjalin persahabatan atas dasar kesejajaran dan prinsip mutalisme. Ini artinya kita sedang membangun jaringan personal yang berguna untuk berbagai kepentingan seperti promosi produk yang kita miliki dan sebagainya.

6. Mendatangkan berbagai peluang finansial

Sudah menjadi rahasia umum kalau ngeblog atau blogging menciptakan berbagai peluang yang berpotensi mendatangkan keuntungan finansial (menambah penghasilan). Umumnya adalah dengan cara me-monetize blog atau bisa jadi dari content placement, product endorsement, iklan, maupun dari lomba-lomba blog. Tak sedikit blogger tanah air sukses meraup puluhan juta rupiah per bulan hanya dari aktifitas bloggingnya.

7. Menciptakan legacy

Blogging juga cara paling rasional menciptakan legacy berupa refensi dari tulisan-tulisan kita bagi generasi mendatang. Namun, kita perlu mempertimbangkan untuk menggunakan platform free daripada yang berbayar.

Baca juga: Mengenal Internet Marketing dari Blog Aff Moma


Itulah beberapa alasan mengapa kamu harus ngeblog dari sekarang. Tentunya, bagi kamu yang masih ragu untuk memulai ngeblog, sharing yang disampaikan oleh Mbak Yuni bisa menjadi bahan pertimbangan kamu juga. Jangan sampai disaat orang lain sudah merasakan manfaat dan nikmatnya ngeblog, kamu justru belum memulainya sama sekali! Duh, sayang banget, kan?

Jika kamu memiliki rencana atau target blogging saat ini, Mbak Yuni sendiri juga berencana untuk bisa berkolaborasi dengan blogger-blogger lain terutama yang berada di Yogyakarta dengan membuka kelas diskusi tentang blogging  untuk para pelajar SMP/SMA di kemudian.

Nah, jika di antara kamu ada yang masih bimbang dan ragu untuk ngeblog dari sekarang. Kamu bisa sharing dengan Mbak Yuni melalui kontaknya di sosial media. Seperti Facebook, Twitter, Instagram, juga channel YouTube. Dengan begitu, semoga kamu semakin mantap dan yakin untuk mulai ngeblog dan kelak kamu bisa menjadi blogger yang produktif dan inspiratif juga!


Artikel ini pertama kali dipublikasikan di Famotiva. Bila kamu juga ingin membagikan artikel kamu di C2live, segera hubungi putra@c2live.com.

Related Posts