7 Lagi Situs Penyedia Free Image yang Wajib Kamu Kenali

Gilang is a young Indonesian Content Writer. He has huge interest to social issues, digital marketing, and pop cultures.

Sebagai blogger, kamu tentu sudah menyadari pentingnya elemen visual untuk menunjang kualitas artikelmu. Selain untuk membuat pembaca nggak jenuh membaca text wall, elemen visual seperti gambar juga penting untuk menambah unsur emosional sehingga pembaca lebih cepat relate dengan isi tulisanmu. Bahkan, gambar atau video bisa ikut membantu performa blogmu sehingga blogmu memiliki SEO rank yang lebih baik.

Beberapa waktu lalu C2live pernah memberikan rekomendasi situs penyedia free image yang bisa kamu gunakan. Nah, agar referensimu semakin meluas dan kamu bisa memilih lebih banyak gambar, C2live memberikan 7 lagi situs penyedia free image yang layak kamu kenali.

Apa saja situs-situs tersebut? Ini dia alternatifnya:

1. Barnimages

Barnimages adalah salah satu penyedia free image yang memberikan foto-foto berkualitas dan bebas lisensi. Tampilannya cantik, selain itu hasil pencariannya pun sangat bisa diandalkan. Mayoritas gambar yang ada di sini adalah foto beresolusi tinggi, sehingga cocok untukmu yang mencari foto landmark atau pemandangan sebagai elemen yang bisa menghidupkan artikelmu.

2. Pexels

Meskipun sudah pernah disebut di banyak artikel dan mungkin kamu sudah mengenalnya, Pexels tetap menjadi situs yang pantas untuk direkomendasikan ulang. Berbeda dengan Barnimages atau Pixabay, Pexels adalahaggregator. Artinya, ia mengumpulkan gambar dari berbagai sumber, meskipun sebenarnya ada juga beberapa gambar yang diunggah langsung oleh pemiliknya.

Dengan adanya sistem seperti ini, Pexels adalah pilihan tepat untuk menghemat banyak waktu dan tenaga.

3. Picjumbo

Picjumbo adalah salah satu contoh lain penyedia free image yang lengkap dan keren. Situs ini sangat user friendly, sistem navigasi serta kategori yang disediakan sangat memudahkan kamu dalam mencari gambar yang tepat.

Hasil pencariannya pun oke punya, jenis gambar yang disediakan pun beragam. Akan rugi banget kalau kamu nggak kenal dengan Picjumbo, karena ada banyak gambar yang bisa kamu pilih dan gunakan.

4. Kaboompics

Yang menarik dari Kaboompics adalah kamu bisa mengunduh langsung gambar dengan kualitas bagus dari halaman utama. Jadi kamu nggak perlu membuka satu per satu gambar yang kamu cari hanya untuk mengunduhnya.

Sistem ini sangat menghemat waktu untuk loading gambar, sehingga proses mencari gambarmu akan menjadi lebih ringkas.

5. Jay Mantri

Jay Mantri menjanjikan 7 foto baru setiap pekannya, jadi kamu wajib mengunjunginya secara rutin untuk menemukan konten visual terbaru. Apalagi, foto-foto yang diunggah di sini memang sangat baik dan artsy. Jadi kamu nggak rugi kalau rutin berkunjung!

6. Morguefile

Morguefile adalah situs penyedia free image dengan database terbesar, jadi ada banyak banget foto yang bisa kamu pilih. Sayangnya, dengan database yang sedemikian banyak, belum ada kategorisasi foto yang rapi. Jadi, untuk mencari foto yang sesuai di Morguefile akan butuh waktu dan tenaga yang nggak sedikit.

7. Compfight

Compfight ini semacam aggregator untuk foto-foto yang ada di flickr. Jadi, memang nggak semua foto bisa digunakan secara bebas di sini, tergantung masing-masing lisensi dari masing-masing pemilik.

Jadi kamu harus jeli mencari mana saja free image yang bisa kamu gunakan. Meskipun nggak semuanya, ketika kamu menemukan yang oke biasanya kualitasnya akan keren banget.


Sebagai seorang penulis kreatif, kamu tentu menyadari pentingnya menghargai karya orang lain. Untuk itu, kamu jangan sampai terbiasa menggunakan karya orang lain untuk kepentinganmu tanpa ada izin dari pemiliknya.

Apalagi sekarang ada banyak situs yang menyediakan free image yang bisa kamu gunakan secara gratis. Selain memang sudah diperbolehkan oleh pemilik untuk kamu gunakan, foto dan gambar yang tersedia di sana pun memiliki kualitas yang oke.

Jadi, nggak ada lagi ya alasan kamu sembarangan comot karya orang dan menggunakannya tanpa izin. Manfaatkan 8 situs di atas untuk mempercantik blogmu secara jujur dan bertanggung jawab.

Sumber: Eventbrite, Picjumbo, Barnimages, Pexels, Compfight , Morguefile.

Related Posts

 
Site Menu