Google-docs-untuk-freelancer

5 Alasan Setiap Penulis Freelance Wajib Pakai Google Docs

Sebagai penulis lepas, ada banyak aplikasi dokumen teks yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan produktivitas.

Mulai dari Microsoft Word (online maupun offline) dengan segudang fitur-fiturnya hingga aplikasi menulis yang minimalis, seperti Ommwriter dan PenZen.


Namun, bila kamu adalah seorang full-time penulis lepas (freelance) sejati, dilihat dari cara kerjanya, kami punya rekomendasi satu aplikasi online oke untukmu: Google Docs!

Nggak perlu basa-basi, yuk cari tahu kenapa!

1. Akses tulisanmu dari mana saja

Google DocsMenjadi penulis lepas identik dengan pekerjaan yang tidak terikat dengan satu lokasi kantor. Kamu bisa mengerjakan permintaan klien di rumah, kafe, ataupun di hotel ketika berlibur (seru ya).

Google Docs amat mendukung untuk penulis lepas yang sering berpergian dan menggunakan berbagai gadget dalam pekerjaannya.

Hanya dengan akses internet dan aplikasi chrome, kamu dapat mengakses tulisanmu dari mana saja secara real-time. Dari komputer pribadi, laptop, tablet, atau bahkan komputer milik orang lain.

2. Tidak perlu lagi menekan tombol save

Google DocsSelain memiliki sebagian besar fitur vital dari Microsoft Word (yang dibuat lebih sederhana), Google Docs memiliki satu fitur super penting, Auto-save di cloud.

Meskipun jarang terjadi, terkadang ada kejadian-kejadian ketika kita gagal menyimpan hasil tulisan kita. Entah itu karena mati lampu, kerusakan pada perangkat, atau hanya sekedar menutup dokumen tanpa menyimpannya terlebih dahulu.

Google Docs secara setia akan menyimpan setiap perubahan yang kamu lakukan di drive. Bahkan dalam ketiadaan internet, Google Docs masih melakukannya secara offline.

Nggak khawatir kehilangan!

Bagaimana jika hanya sebagian dokumenmu yang hilang? Misalnya terhapus kemudian tersimpan. Jangan khawatir, kamu dapat mengakses versi lampau dokumenmu di bagian revision history.

3. Apapun permintaan format klien, kamu bisa memenuhinya

Google DocsBila kamu sudah lama berkecimpung sebagai seorang penulis lepas, kemungkinan besar kamu sudah menghadapi berbagai klien dengan berbagai jenis permintaan.

Salah satu bentuk permintaan mereka adalah bentuk format file yang ingin mereka terima. Ada yang menginginkan file Word, pdf, atau bahkan link Google Docs yang memudahkan pemberian komentar dan proses revisi.

Bahkan, kamu juga memiliki opsi mempublikasikan dokumenmu di web!

Ketika kamu menyimpan dokumen Google Docs ke dalam hard drive, kamu dapat memilih format yang kamu inginkan. Pilihan tersebut sudah mencakup format yang lazim, seperti .docx, .pdf, .txt, dan bahkan .epub.

4. Kolaborasi dengan mudah

Google DocsBaik melakukan revisi untuk klien, melakukan kolaborasi dengan desainer, ataupun mengkonfirmasi informasi dari narasumber, Google Docs memiliki fitur yang mempermudah seluruh proses tersebut.

Dua fitur utama untuk melakukan kolaborasi adalah comment dan live chat. Fitur comment memungkinkan setiap orang yang memiliki akses ke dokumen untuk meninggalkan komentar pada suatu bagian spesifik dalam dokumen.

Kamu bahkan bisa melakukan assign untuk membagi tugas menangangi bagian komentar tertentu. E-mail notifikasi langsung muncul jika seseorang melakukan komentar.

Sementara itu, fitur live chat memungkinkan dua orang atau lebih untuk berkomunikasi secara live di dalam dokumen. Bayangkan kalau satu kelas/kantor memiliki akses ke satu dokumen. Mencatat pelajaran atau notulen nggak perlu ribet lagi.

5. Melakukan riset langsung dari dokumen

Google DocsDalam menulis sebuah artikel ataupun karya tulis lain yang autentik dan orisinil, pasti ada proses riset yang harus dilakukan. Di sinilah Google Docs tampil lebih cemerlang dari aplikasi lain.

Sebagai produk Google, Google Docs terhubung juga dengan mesin pencarian Google. Kamu tinggal mem-blok satu atau serangkaian kata, klik kanan, dan memilih explore “kata yang kamu blok”. Hasil pencarian Google akan langsung ditampilkan dalam bar kecil di bagian kanan dokumen.


Sebenarnya masih banyak keuntungan menggunakan Google Docs. Mulai dari penggunaannya yang tidak dikenakan biaya, sampai fitur Add-ons dari pihak ketiga dan kebebasan untuk melakukan kustomisasi template.

Namun, fitur-fitur yang paling vital untuk kegiatan penulis lepas sudah dijelaskan semua dalam lima poin di atas. Buat kamu yang belum atau masih skeptis menggunakannya, kami ada satu pertanyaan untukmu: Sudah siap memudahkan kehidupan menulismu dengan Google Docs?

Sumber : StockSnap, PDPics, Monoar, Unsplash, 422737.

Related Posts

Site Menu