peduli-SEO

Inilah Alasan Mengapa Penulis Freelance Harus Peduli SEO!

Peluang yang cukup menarik dan menguntungkan untuk menjadi penulis freelance menyebabkan populasi mereka yang semakin meningkat dari hari ke hari, terutama dalam komunitas dunia maya. Hal tersebut tentunya berdampak pada meningkatnya pula kompetisi di antara mereka.

Kini, para penulis freelance mulai mencari berbagai cara agar hasil karya mereka dapat menarik perhatian pembaca yang juga sekaligus mencerminkan kredibilitas mereka sebagai penulis. Untuk itu, penulis freelance sebaiknya mulai peduli terhadap pemanfaatan teknik-teknik SEO yang dapat mengoptimalisasikan promosi karya mereka.

Memahami SEO

peduli seo 1

Sumber: 377053

Sebelum mencari tahu kenapa penulis freelance harus peduli terhadap SEO, ada baiknya kita memiliki pemahaman mengenai SEO itu sendiri. Tidak harus mempelajari teknik-teknik yang rumit, setidaknya pahamilah dulu dasar-dasar SEO.

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, sebuah metodologi strategis untuk meningkatkan jumlah pengunjung suatu situs web. Salah satu tolak ukur SEO yang baik adalah penempatan situs web pada halaman-halaman pertama dari dari hasil pencarian search engine. Oleh karena itu, secara tidak langsung SEO sering digunakan sebagai salah satu alat ukur quality control suatu situs web.

Lalu, mengapa SEO menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan oleh penulis freelance? Berikut merupakan beberapa hal yang menunjukkan mengapa penulis freelance harus peduli terhadap SEO.

1. Mudah diakses

Kemudahan dalam mengakses situs web akan sangat berpengaruh terhadap traffic suatu situs web. Semakin mudah diakses, semakin rendah pula tingkat keengganan para pembaca untuk mengunjungi situs web Anda.

Optimalisasi search engine akan membantu Anda dalam meningkatkan kemudahan akses situs web dan memungkinkan lebih banyak pembaca mengunjungi situs web Anda!

2. Meningkatkan daya tarik

peduli seo 3

Sumber: Fresh Egg

Seperti suatu perumpamaan yang berbunyi “posisi menunjukkan prestasi”, hal tersebut juga berlaku bagi hasil karya penulis freelance. Ketika situs web Anda berada pada posisi golongan teratas dari hasil pencarian search engine, pembaca akan berpikir bahwa isi tulisan Anda merupakan sebuah karya yang menarik, berbobot, terpercaya, dan banyak dibaca oleh orang-orang.

Hal tersebut secara tidak langsung juga dapat memberikan pengaruh positif terhadap kredibilitas Anda sebagai penulis freelance. Oleh karena itu, penting bagi Anda, para penulis freelance untuk peduli terhadap SEO!

3. Memperluas peluang pasar dan tingkat permintaan

Dengan semakin banyaknya pengunjung yang melihat isi situs web Anda, maka semakin banyak orang yang tahu dan mengapresiasi hasil karya tulisan Anda. Dengan demikian, tulisan Anda dapat dikenal dan dipercaya oleh khalayak yang lebih luas.

Ketika hal tersebut terjadi, jangkauan pasar Anda sebagai penulis freelance pun menjadi semakin luas. Untungnya, hal tersebut biasanya juga akan diiringi oleh peningkatan demand jasa menulis Anda.

4. Memantau perkembangan kemampuan Anda sebagai penulis

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya. Secara tidak langsung, SEO dapat dijadikan sebagai salah satu alat ukur kualitas situs web. Posisi teratas situs web dalam hasil pencarian search engine menunjukkan bahwa tulisan Anda banyak diminati. Tulisan yang diminati tentunya merupakan tulisan yang memiliki kualitas baik serta sesuai dengan preferensi komunitas pembaca.

Ketika situs web Anda berada pada golongan urutan teratas, Anda akan tahu bahwa kemampuan Anda sebagai penulis sudah diakui dan dipercaya oleh kalangan masyarakat. Jika tidak, hal tersebut merupakan sinyal bagi Anda untuk mengasah kembali skill menulis Anda.


Bagaimana readers? Sudah tahu mengapa penulis freelance kini harus peduli dengan pemanfaatan teknik-teknik SEO? Semoga artikel ini memberikan pencerahan bagi kamu para penulis freelance ataupun kalian yang berminat untuk menjadi penulis freelance agar mulai menggencarkan strategi SEO kamu.

Related Posts

3 Comments

  • Galang Adhi Wirasto Posted at June 2, 2017 at 8:12 pm

    Sebenarnya nulis itu enak kalau fokus ke nulis doang (gak mikirin seo”an). Cuma ya gimana lagi, nulis tanpa SEO ibarat jalan doang tapi gak tau mau kemana.

    • Tommy Young Posted at July 29, 2017 at 11:19 am

      Setuju. Namun, kembali lagi dari sifat tulisan yang dibuat. Bila bergantung pada tren dan update berit, sebenarnya tidak perlu menggunakan SEO, karena, pada dasarnya orang lebih mudah menemukan ketika tren sedang berlangsung. Di samping itu, bila tren sudah lewat, hampir tidak mungkin ada orang yang mencarinya.

      Beda halnya dengan menulis artikel timeless seperti tips, resep, dan teknik-teknik lainnya. Karena bakal dicar- dan dicari lagi, maka SEO menjadi sangat penting.

      bagaimana menurut mas Galang?

  • Pingback: Topik Blog Ini Bisa Jadi Tema Utama Cerita Blogmu! Yuk, Dicoba!

Comments are closed.

 
Site Menu