aplikasi menulis artikel

5 Aplikasi yang Bisa Membuatmu Menjadi Blogger yang Produktif

Gilang is a young Indonesian Content Writer. He has huge interest to social issues, digital marketing, and pop cultures.

Semua penulis tentu ingin menjadi penulis yang produktif. Namun sayangnya, hal itu bukan hal yang mudah untuk dicapai. Ada banyak hal yang bisa mengganggumu, sehingga membuat produktivitasmu dalam menulis artikel terganggu.

Namun, perkembangan teknologi bisa membantumu mengatasi permasalahan tersebut. Kini, ada berbagai aplikasi yang bisa kamu gunakan secara gratis yang bisa membantumu lebih fokus saat menulis artikel, sehingga kualitas dan kuantitas artikel yang kamu hasilkan bisa semakin baik.

Mau tahu apa saja? Ini dia 5 aplikasi yang bisa membantumu dalam menulis artikel!

1. Google Docs

Memasang aplikasi Google Docs di handphone adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh seorang penulis kreatif. Seperti yang kamu tentu sering alami, ide sering kali muncul di saat-saat yang enggak terduga. Nah, agar ide itu tersebut enggak hilang begitu saja, kamu harus segera mencatatnya agar bisa kamu kembangkan lebih jauh.

Di sinilah peran penting Google Docs. Kamu bisa bisa mencatat ide-ide yang muncul di manapun dan kapanpun. Nanti ketika kamu sudah bisa membuka laptop dan ada waktu untuk menulis, kamu enggak perlu repot menyalin catatan tersebut. Kamu bisa mengakses Google Docs dari laptop, dan langsung melanjutkan catatan-catatan yang sudah kamu tulis di sana.

Dengan selalu mencatat berbagai ide yang muncul, akan ada banyak trigger yang bisa mencetuskan inspirasi menulis. Dengan begitu, kamu akan lebih produktif dan efisien dalam menghasilkan tulisan-tulisan baru.

2. FocusWriter

Salah satu hal yang bisa menghambat produktivitas penulis adalah distraksi dari hal-hal yang kurang penting. Contohnya, ketika kamu sudah mengalokasikan waktu untuk menulis, namun kamu malah terpancing untuk berselancar di media sosial, menonton video di YouTube, atau berbalas pesan di Whatsapp. Kalau kamu kerap mengalami ini, itu artinya kamu membutuhkan FocusWriter.

Cara kerjanya sederhana, FocusWriter akan ‘menyembunyikan’ berbagai aplikasi yang ada di laptopmu selama kamu sedang menulis. Dengan begitu, kamu enggak akan mudah terdistraksi untuk membuka aplikasi ini-itu selama proses menulis.Kamu pun jadi bisa fokus hanya pada tulisan yang ada di depanmu.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Gratis

3. Wunderlist

Penulis yang ideal biasanya memiliki content calendar. Mereka sudah menentukan judul atau topik yang akan mereka kerjakan dalam beberapa waktu ke depan, dan mereka disiplin dalam mengerjakannya tanpa menunda. Apabila kamu pun ingin seperti itu, kamu bisa mulau melatih diri dibantu dengan Wunderlist.

Kamu bisa mencatat content calendar-mu dalam aplikasi ini. Nantinya, Wunderlist akan mengirimkan notifikasi pengingat tentang kapan artikel-artikel harus dikerjakan, dan juga kapan deadline-nya.

Dengan adanya Wunderlist, enggak ada lagi alasan lupa. Dan kamupun juga bisa mengevaluasi diri, apakah kamu sudah bisa menyelesaikan content calendar rancanganmu sesuai rencana atau belum.

4. Rescue Time

Saat menulis, sering kali kamu perlu memuka internet untuk mencari referensi yang valid. Apabila ini terjadi, pastikan kamu sudah menggunakan Rescue Time agar kamu enggak kebablasan browsing yang bisa membuatmu kurang produktif.

Aplikasi ini akan memonitor kegiatanmu, dan mencatat waktu yang kamu habiskan di situs atau aplikasi tertentu. Sehingga, kamu bisa mengevaluasi apabila ternyata kamu terlalu lama berselancar di suatu situs, namun enggak menghasilkan manfaat yang signifikan.

Rescue Time juga bisa memberikan notifikasi padamu, apabila ia merasa kamu sudah menghabiskan terlalu banyak waktu di internet. Dengan adanya itu, harapannya kamu bisa sadar diri, dan kembali fokus menyelesaikan artikel yang sedang kamu siapkan.

5. Flipboard

Agar kamu bisa terus mendapat ide menulis, kamu pun perlu menyerap banyak berita dan informasi. Dan untuk memenuhi tuntutan itu, kamu bisa meng-install aplikasi Flipboard di handphone-mu.

Flipboard adalah sebuah aggregator berita yang bisa membantumu menemukan berbagai info dan berita terbaru dari seluruh dunia. Yang menarik, kamu bisa memilih topik-topik yang sesuai dengan minatmu, nantinya Flipboard akan mengkurasi artikel-artikel mana saja yang sesuai dengan minatmu dan perlu kamu baca.

Penulis yang handal tentu perlu memiliki wawasan yang luas. Maka dari itu, menulis saja enggak cukup. Kamu pun perlu memberi otakmu asupan gizi yang berkualitas dalam bentuk berita dan informasi yang kredibel.


Perkembangan teknologi yang ada hari ini jelas memberi banyak kemudahan. Sebagai penulis, kamu pun harus jeli memanfaatkan teknologi untuk membantumu menjadi penulis yang lebih produktif.

Lima contoh di atas adalah beberapa perkembangan teknologi yang patut kamu coba gunakan. Dengan bantuan aplikasi-aplikasi tersebut, niscaya kamu akan lebih efisien dan fokus dalam menulis, sehingga kualitas tulisanmu akan lebih terjaga dan kamu bisa menghasilkan artikel baru secara rutin dan konsisten. Selamat mencoba!

Sumber gambar: Jeff Bullas, GreenBot, FocusWriter, Juris Page, Wunderlist, Digital Trends.

Related Posts

 
Site Menu