mobile blogging

Supaya Makin Mudah Menulis, Yuk Simak 5 Aplikasi untuk Mobile Blogging Ini!

Perkembangan teknologi yang pesat di era digital masa kini membuat berbagai hal bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone. Bahkan, hanya dengan menggerakkan jempolmu pada layar smartphone, kamu sudah bisa melakukan mobile blogging.

Apa itu mobile blogging? Istilah ini merujuk pada kegiatan blogging yang dilakukan melalui gadget dengan memanfaatkan akses internet. Di tengah padatnya aktivitasmu sebagai bagian dari masyarakat modern, mobile blogging bisa menjadi pilihan bagimu untuk tetap bisa meng-update blogmu di manapun dan kapanpun.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan blogger-blogger seperti kamu, berbagai developer sudah mengembangkan beragam aplikasi yang bisa sangat membantumu untuk melakukan kegiatan blogging dengan mudah. Apa sajakah aplikasi tersebut? Yuk, langsung cek saja beberapa contohnya di bawah ini!

1. WordPress

mobile bloggingSebagai blogger, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan platform blog yang satu ini. Yup, WordPress sudah hadir dalam bentuk aplikasi mobile. WordPress sendiri merupakan salah satu blogging platform yang paling diandalkan oleh para blogger secara umum. Fitur-fiturnya yang cukup lengkap dianggap memudahkan para blogger untuk menampilkan karya-karya mereka dengan lebih baik.

Terinspirasi dengan kebutuhan zaman kini dengan gaya hidup masyarakat yang serba padat, WordPress berupaya untuk memenuhi kebutuhan para user-nya dengan mengembangkan aplikasi mobile yang memungkinkan mereka untuk menulis, menyunting, hingga mengelola blog mereka secara keseluruhan hanya dengan bermodalkan smartphone saja.

Enggak perlu khawatir, fungsi-fungsi yang ada pada aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan fitur-fitur yang ada pada situs WordPress itu sendiri. Malah, untuk mendukung kenyamanan pengalaman mobile blogging-mu, WordPress versi mobile ini juga memberikan tampilan interface yang disesuaikan.

2. Blogger 

mobile bloggingSelain WordPress, Blogger juga merupakan blogging platform yang populer. Mudah digunakan, Blogger dengan cepat menjadi pilihan favorit lain masyarakat untuk membagikan cerita yang mereka punya.

Tahukah kamu? Blogger ini merupakan hak milik dari Google. Google berkomitmen untuk mengembangkan diri dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para penggunanya, termasuk bagi blogger sepertimu. Karena itu, Google tidak segan-segan mengembangkan fitur-fitur yang memudahkanmu untuk blogging.

Hal itu diwujudkan dengan meluncurkan Blogger Mobile untuk para blogger. Melalui aplikasi ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas blogging dengan lebih mudah dan praktis. Tentunya, kamu juga tidak perlu menunda-nunda untuk menuangkan buah pikiranmu jika sewaktu-waktu ada ide yang terbesit. Kamu bisa langsung membuat draft-nya menggunakan aplikasi ini di smartphone-mu.

Blogger juga memiliki fitur sharing yang mudah dan cepat, termasuk dalam versi aplikasi mobile-nya. Blogger bekerja sama dengan beberapa media sosial populer, seperti Facebook, Instagram dan Google+ yang akan memudahkan kamu memberikan update pada feed mu. Selain itu, dengan fitur schedule time, kamu dapat membuat jadwal untuk mempublikasikan artikel blogmu.

 3. Blogo

mobile bloggingUntuk para pengguna iOS, kamu tentunya juga ingin mendapatkan pengalaman mobile blogging yang nyaman layaknya para pengguna Android. Enggak perlu khawatir, aplikasi seperti ini juga bisa kamu temukan di App Store, kok. Blogo merupakan aplikasi mobile blogging yang khusus dikembangkan untuk para pengguna iOS.

Blogo memiliki fitur yang menggabungkan tiga blogging platform, yaitu Blogger, Medium, dan WordPress. Dengan begitu, kamu dapat melakukan publikasi melalui tiga platform blog yang berbeda hanya dengan satu kali klik. Blogo fitur-fitur canggih yang dimilikinya untuk membuat aktivitas blogging-mu menjadi lebih sederhana dan praktis.

 4. Medium

mobile bloggingAplikasi blogging yang satu ini juga termasuk program yang khusus dikembangkan untuk kalian para blogger. Sebagai blogger, tentunya kamu sering mendapatkan ide dan sudut pandang baru untuk dituangkan menjadi sebuah tulisan baru. Nah, aplikasi Medium versi mobile ini bisa membantu mempermudah proses tersebut, karena kamu bisa langsung menuliskan idemu menggunakan aplikasi ini.

Lebih dari itu, Medium juga menawarkan fitur yang menampilkan kumpulan artikel-artikel dari blogger lain untuk kamu jadikan referensi dan sumber inspirasi. Hal yang sama pun juga akan terjadi pada tulisanmu ketika kamu sudah mempublikasikannya. Begitu artikelmu sudah published, maka akun Medium-mu akan langsung melakukan sinkronisasi pada situs Medium dan menjadikan tulisanmu sebagai salah satu referensi baru bagi pengguna lainnya.

5. ByWord

mobile bloggingWalaupun aplikasi yang satu ini bukanlah aplikasi untuk blogging, ByWord bisa kamu manfaatkan untuk membantu mempermudah aktivitas mobile blogging-mu. Pada dasarnya, ByWord sendiri adalah sebuah aplikasi yang akan memudahkanmu untuk menulis artikel menggunakan format markdown.

Setelah tulisanmu rampung, kamu bisa langsung mempublikasikannya dengan menggunakan tools yang tersedia, yakni tombol “Publish”. Selanjutnya, kamu tinggal melakukan konfirmasi metadata dan setelah itu artikelmu akan langsung terpublikasi. Enggak tanggung-tanggung, artikel yang telah kamu publikasi bisa langsung muncul sekaligus di berbagai platform blog, seperti Medium, WordPress, Blogger, dan sebagainya, selama akun-akun tersebut tersinkronasi dengan aplikasi ByWordmu.

ByWord juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik lainnya, seperti “Gesture”, variasi font , dan smart keyboard yang akan membuat pengalaman menulismu lebih menyenangkan. By the way, ByWord hanya terdapat di App Store, lho!


Pada fase awal, blogging mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama dan lokasi yang memadai bagimu. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, kini sudah bermunculan aplikasi-aplikasi yang bisa membantumu sebagai blogger untuk dapat menulis artikel blog dengan lebih mudah.

Semoga dengan mengetahui adanya aplikasi-aplikasi ini, kamu bisa mencobanya dan dapat menulis artikel blogmu kamu lebih mudah dan menyenangkan, ya. Semangat!

Source gambar: The Daily Beast , WordPress, dAppBuilder, Drop Down Menu Generator, iPhone Topics, JustinmindiMore.

Related Posts

Site Menu