Belajar dari Artikel Joe Candra, Blogger Pemenang Lomba C2live Creator Contest 2

Gilang is a young Indonesian Content Writer. He has huge interest to social issues, digital marketing, and pop cultures.

Beberapa waktu lalu C2live mengadakan lomba blog dengan tema “Kenapa Harus Ngeblog?”. Lomba sudah ditutup, dan Joe Candra sudah diumumkan sebagai juara pertama lewat artikel 7 Alasan yang Membuatku Jatuh Cinta pada Dunia Blog.

Penasaran kenapa Joe Candra yang terpilih sebagai pemenang? Apa saja sih keunggulan artikelnya? Adakah hal positif yang bisa kamu terapkan di blogmu?

Nah, agar kamu pun bisa belajar dari blogger Jogja satu ini, yuk mari kita kupas keunggulan artikel Joe Candra yang bisa kamu terapkan untuk artikelmu di masa mendatang:

1. Lebih Personal dengan Pengalaman Pribadi

Ketika seseorang berkunjung ke blogmu, tentu mereka ingin tahu soal pengalaman atau opinimu. Mereka ingin melihat sesuatu dari sudut pandangmu. Mereka enggak ingin membaca hal-hal yang generik, karena mereka bisa menemukan itu di media-medial mainstream lain. Itulah yang membuat sebuah blog istimewa. Dan itu jugalah yang membuat artikel Joe Candra memiliki daya tarik.

Dalam menulis artikel dengan tema “Kenapa Harus Ngeblog?” yang disyaratkan, Joe dengan jeli melibatkan pengalaman-pengalaman pribadinya selama ia ngeblog. Ia mengungkapkan apa saja motivasinya, manfaat-manfaat apa yang telah ia rasakan, dan hal-hal apa yang ingin ia raih.

Kalau sebatas alasan umum kenapa harus ngeblog dan manfaat apa saja yang bisa didapat, tentu sudah banyak media yang mengulasnya. Namun dengan menambahkan pengalaman dan opini personalnya, Joe Candra menawarkan sesuatu yang berbeda. Pembaca bisa menemukan wawasan dan pembelajaran baru dari sudut pandang yang menarik, sehingga mereka bisa lebih memahami motivasi dan kehidupan seorang blogger.

2. Sesuai dengan Tema yang Diminta

Setiap lomba tentu memiliki syarat dan ketentuan, dan sebagai peserta kamu wajib menyadari pentingnya mengikuti syarat tersebut. Salah satunya adalah tema yang diminta.

Karena mencoba kreatif, banyak peserta yang akhirnya menulis kemana-mana dan akhirnya melenceng dari tema yang diminta. Ini tentu perlu kamu hindari. Carilah sudut pandang yang unik tanpa harus kehilangan fokus bahasan yang sudah menjadi syarat lomba.

Joe Candra sendiri sangat cerdik dalam mengeksploitasi tema yang diminta. Dia lantas membuat list alasan kenapa ia ngeblog, tuntutan yang ia rasakan, serta manfaat yang telah ia dapat. Ia pun menutup artikel dengan menuliskan harapan bagi dirinya sendiri sebagai seorang blogger, serta harapan untuk blogger Indonesia pada umumnya.

Joe Candra membahas begitu banyak hal dan menghadirkan banyak insight, namun semua bahasannya tetap bermuara pada satu tema: “kenapa harus ngeblog?”. Kejelian inilah yang harus kamu coba tiru dan kembangkan, agar kamu pun semakin lihai mengolah tema tulisan.

Baca juga: C2live Meet-up X PopBox: Tips Sukses Blogger Bekerja Sama dengan Brand

3. Estetika Blog yang Memikat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dengan semakin ketatnya persaingan blogger, memiliki konten berkualitas saja terkadang belum cukup. Di Indonesia sendiri ada banyak blogger yang enggak hanya memiliki artikel yang oke, namun juga estetika blog yang memikat. Salah satunya adalah Joe.

Secara keseluruhan, tampilan blog Joe rapi dan bersih. Enggak banyak pernak-pernik atau widget yang kurang perlu. Hal ini memfasilitasi cukup banyak ruang kosong di blognya, yang membuat mata pembaca jadi enggak mudah lelah. Penggunaan fitur yang ada di blognya sangat efisien.

Di dalam artikelnya pun, Joe Candra tetap menyadari pentingnya estetika. Artikelnya dilengkapi dengan berbagai elemen visual. Elemen visual tersebut enggak hanya berfungsi sebagai dekorasi agar artikel lebih hidup, tapi juga dimanfaatkan oleh Joe untuk merangkum beberapa informasi sehingga lebih mudah dicerna.

Enggak hanya itu, dalam membaca artikelnya, ada beberapa animasi. Detail kecil yang berperan penting untuk membuat artikelnya enggak monoton. Keren!

4. Struktur Penulisan yang Rapi

Salah satu tantangan menulis panjang adalah mengemasnya agar enggak membosankan untuk pembaca. Artikel Joe Candra sendiri bisa dibilang cukup panjang. Tepatnya, panjang artikel tersebut adalah 1282 kata. Lalu bagaimana cara Joe Candra mengemasnya?

Pertama, ia membagi artikelnya menjadi dua bab, yaitu bab “Ekspansi Zona Nyaman” dan bab “Harapan untuk Dunia Blog”. Kedua bab tersebut memiliki fokus yang berbeda, namun masih memiliki benang merah yang sama.

Kedua, setelah membagi artikelnya menjadi dua bab, Joe pun mengisi bab tersebut dengan list singkat namun padat informasi. Penggunaan format list ini memang efektif untuk mengatasi attention span pembaca zaman sekarang yang relatif singkat.

Dengan struktur penulisan yang rapi dan runtut ini, Joe berusaha mengantisipasi agar pembaca enggak jenuh di tengah jalan. Apalagi tata letak penulisannya sendiri juga enggak monoton. Jadi kemungkinan pembaca bosan bisa diminimalisir sekecil mungkiin


Agar kamu menjadi blogger yang lebih baik, kamu tentu perlu belajar dari blogger-blogger lain. Salah satunya adalah Joe Candra, blogger yang sudah beberapa kali memenangkan lomba blog di Indonesia.

  • Belajar dari artikelnya, ada beberapa hal yang perlu selalu kamu perhatikan:
  • Berikan sentuhan personal, agar blogmu memiliki perbedaan dengan media lain;
  • Pahami dan taati syarat dan ketentuan yang diminta;
  • Buat outline agar artikelmu enggak melebar dari tema utama;
  • Terus belajar untuk menata estetika blogmu;
  • Selalu lakukan self edit agart penulisan lebih rapi dan bebas typo.

Tentu saja, belajar dari Joe Candra bukan berarti kamu harus menjadi Joe Candra. Tetap percaya pada kualitas dan keunikan dirimu sendiri, sambil belajar dari blogger-blogger lain agar kamu bisa terus termotivasi dan menemukan bahan pengembangan diri. Nikmati prosesnya, dan pelan-pelan skill blogging-mu akan terus terasah. Semangat, ya!

Sumber gambar: Joe Candra, Entrepreneur, Joe Candra.

Related Posts

 
Site Menu