kelas blogger

Ingin Lebih Mahir Blogging? Yuk, Kenalan dan Join dengan Kelas Blogger

Dikenal pula sebaga Uut yang nulis di anakjuli.id
Mulai ngeblog sejak jaman sekolah pake celana pendek biru. Selain sebagai umat kuil FX F4, ia juga orang yang berkeyakinan pada wi-fi.

| Blogger | Writer | Dreamer |

Guys, tahu nggak kalo ada kelas yang bisa kamu ikuti untuk menjadi blogger? Nah, untuk mencari tahu lebih dalam soal ini, beberapa hari lalu, C2live ketemuan, lho, dengan Kelas Blogger. Kelas Blogger ini adalah sebuah komunitas blogger yang rutin mengadakan kelas untuk menambah ilmu para blogger, terutama bagi blogger pemula.

Komunitas ini awalnya didirikan karena ada rasa prihatin yang lahir dari fakta bahwa sebenarnya banyak kesempatan belajar yang ditawarkan bagi para blogger, namun sayangnya masih berbayar. Hal ini menyebabkan kesempatan tersebut nggak bisa dinikmati oleh semua orang karena alasan biaya. Menyadari hal ini, akhirnya didirikanlah Kelas Blogger, yang juga terinspirasi oleh keberadaan Akademi Berbagi.

Meskipun terinsipirasi dari Akademi Berbagi yang sudah berjasa dalam menyebarkan ilmu pengetahuan ke berbagai penjuru Indonesia, di tahap awal, Kelas Blogger berusaha untuk dengan realistis mendirikan komunitasnya sendiri. Komunitas ini berusaha untuk fokus dulu dalam berbagi ilmu bagi bloggers di Jakarta. Namun, hal ini nggak menutup kemungkinan bagi mereka juga untuk berbagi dengan teman-teman blogger di luar Jakarta, bahkan seluruh Indonesia.

Kesempatan untuk Menggali Berbagai Ilmu Blogging

kelas bloggerSumber: @KelasBlogger

Jika kamu berpikir bahwa mengikuti kelas blogging akan menjadi hal yang membosankan, rasanya hal tersebut nggak akan terjadi kalau kamu bergabung dengan Kelas Blogger. Alasannya adalah karena komunitas ini rutin membuka kelas setiap bulan dengan tema blogging yang berbeda-beda. Misalnya tentang bagaimana membuat blog, memperindah blog, dan juga seputar SEO. Semuanya dapat diikuti blogger secara gratis-tis-tis-tis! Menarik, kan?

Ketika ditanya kenapa kelas yang ditawarkan bisa nggak memungut biaya sama sekali, ternyata alasannya adalah karena Kelas Blogger bekerja sama dengan berbagai pihak yang memang peduli akan kemajuan dunia blogging! Hal ini juga berkaitan dengan sebuah prinsip yang dipegang oleh Kelas Blogger, yaitu “Selama kita punya tujuan yang benar, pasti ada jalan”.

Selain kelas rutin bulanan, ada juga kegiatan lain, lho. Kegiatan tersebut antara lain adalah bekerja sama dengan beberapa brand untuk membuat tulisan terkait program-program atau produk yang sedang dipromosikan oleh brand terkait. Beberapa brand yang pernah bekerja sama dengan Kelas Blogger adalah XL (provider selular), Oppo Smartphone, dan Raksa Online.

Kerja sama yang dilakukan Kelas Blogger ternyata nggak hanya dengan brand dari perusahaan ternama lho, guys. Soal ini, Kelas Blogger juga bercerita ke C2live bahwa mereka pun pernah diundang ke Pangkal Pinang khusus untuk membuat konten-konten positif tentang kota tersebut. Mereka bahkan sampai diundang dua kali, lho, karena Walikotanya senang dengan hasil kerja mereka. Kedatangan kedua tersebut dikhususkan untuk membuat konten seputar Festival Ceng Beng yang berlangsung di kota tersebut. Seru, ya, bisa jalan-jalan dan diundang khusus sambil belajar blogging?.

Maju dan Berkembang Bersama

kelas bloggerSumber: Kelas Blogger

Untuk kamu yang penasaran untuk gabung dengan Kelas Blogger, bisa, lho langsung cek di page Facebook Kelas Blogger. Anggotanya saat ini sudah berjumlah 1179 orang dan tersebar di berbagai penjuru Indonesia seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua. Kamu bisa join dan dapatkan informasi seputar blogging dan kelas yang akan diadakan oleh Kelas Blogger. Nah, kelas terdekat yang dapat kamu ikuti ada di bulan Januari nih, guys. C2live sih dapet bisikan soal temanya nih, katanya untuk next class mereka mau bahas soal Infografis! Ini baru bisikan lho, untuk tema fix bisa kamu cari tau aja di akun media sosial Kelas Blogger, ya.

Tahun selanjutnya Kelas Blogger berharap makin banyak blogger yang mau terlibat dengan komunitas, terutama Kelas Blogger. Diharapkan ada blogger militan yang mau mengurus komunitas agar terus aktif meskipun blogger tersebut tidak dibayar. Hal ini untuk menghindari terjadinya vakum yang terlalu lama di komunitas yang ada.

Meningkatkan Jiwa Sosial sambil Belajar Blogging

kelas blogger
Sumber: Instagram @KelasBlogger

Kelas ini juga berharap adanya kolaborasi antar komunitas agar bisa saling sinergi dalam berbagai aktivitas. Terkadang sesama komunitas perlu untuk melakukan kegiatan bareng tanpa memikirkan projeknya datang dari mana. Kegiatan yang dilangsungkan juga tidak harus bersifat profit-oriented, bisa juga bentuk amal atau kegiatan lain yang punya impact besar terhadap masyarakat.


Selesai sudah ngobrol-ngobrol C2live dengan komunitas blogger kali ini. Nantikan ngobrol bareng selanjutnya, ya. Pantengin aja Blog C2live untuk update tentang komunitas blogger lain. Jangan lupa, kita juga punya section Blogging 101 dan Writing 101 yang bisa kamu intip-intip, lho.

Buat kamu yang mau komunitasnya ngobrol bareng C2live juga bisa lho, hubungi aja putra@c2live.com untuk janjian lebih lanjut.

Related Posts

 
Site Menu