sepak bola

Kamu Penggemar Sepak Bola? Ini Dia 5 Tips yang Bisa Bikin Artikelmu Cetak Gol di Hati Pembaca!

Sepak bola adalah olahraga paling populer di dunia. Di Indonesia sendiri, olahraga ini nggak kalah tenar. Setiap akhir pekan bisa dengan mudah kita temui layar-layar nonton bareng pertandingan sepak bola. Dengan jumlah yang sedemikian masif, sangat masuk akal kalau kamu tertarik untuk bikin blog khusus untuk para pecinta sepak bola.

Dengan banyaknya blog ataupun situs yang membahas soal olahraga ini, tentu kamu perlu hal unik sehingga blog yang kamu kelola nggak cuma sekadar jadi blog sepak bola yang gitu-gitu saja. Nah, C2live punya beberapa tips yang wajib kamu pahami agar blog sepak bolamu bisa sesuai dengan kebutuhan pecinta bola tanah air.

1. Jangan Cuma Melaporkan Hasil Pertandingan

sepak bola

Kesalahan pertama yang wajib kamu hindari adalah hanya melaporkan hasil pertandingan saja dalam tulisan blogmu. Kalau hanya melaporkan hasil pertandingan, sudah ada ribuan situs berita dan juga akun Twitter yang melakukannya. Jadi, mau secepat apapun kamu memberikan update, pembacamu lebih memilih mendapatkan informasi tersebut lewat situs atau akun tersebut.

Nah, sebagai solusinya, cobalah untuk mengulas jalannya pertandingan dengan analisismu. Daripada hanya menceritakan hasil akhir, coba analisis strategi yang digunakan kedua tim. Coba kulik taktik menyerang mereka dan juga skema bertahan yang digunakan. Dengan begitu, pembacamu jadi tau analisa kenapa sebuah tim bisa menang. Ini adalah daya tarik tersendiri yang bisa kamu berikan kepada pecinta sepak bola.

2. Buktikan Lewat Statistik

sepak bola

Salah satu yang membuat sepak bola menarik adalah angka. Beberapa angka yang banyak disimak oleh pecinta sepak bola adalah perolehan angka sebuah tim dan pencetak gol terbanyak. Padahal, masih banyak angka menarik yang bisa kamu sajikan, dan tentunya akan dicari oleh para pembacamu. Kamu bisa mencari tahu angka dan statistik tersebut dari WhoScored atau Squawka.

Kamu bisa menyajikan statistik permainan seorang pemain. Berapa jarak yang ia tempuh, berapa persentase umpannya yang berhasil, dan berapa kali tembakan ke gawang yang ia hasilkan. Lebih jauh lagi, nantinya kamu bisa merilis rubrik Player of The Month berdasarkan statistik yang ada, yang nantinya rubrik tersebut pasti banyak ditunggu oleh pembacamu.

3. Hindari Keberpihakan

sepak bola

Ketika kamu memilih untuk mengembangkan sebuah blog dengan tema sepak bola, itu artinya kamu harus bersikap objektif layaknya jurnalis. Kamu ngga boleh menunjukan keberpihakanmu pada tim bola apapun. Pastikan bahwa kamu selalu menggunakan sudut pandang yang netral saat mengulas suatu pertandingan.

Jangan sampai pembaca menyadari bahwa kamu menganak-emaskan suatu klub , atau selalu menjatuhkan klub atau pemain tertentu. Karena jika itu terjadi, kredibilitasmu akan jatuh dan pembaca bisa saja nggak lagi percaya sama ulasanmu.

4. Menjauh dari Lapangan

sepak bola

Meskipun pertandingan sepak bola berlangsung di lapangan hijau, tapi sebenarnya banyak juga hal seru yang terjadi di luar lapangan. Coba bahas sepak bola dari aspek lainnya seperti sejarah berdirinya sebuah klub, kultur dari suatu supporter, hingga aspek finansial dari industri sepak bola.

Pada dasarnya, karakteristik seorang pecinta bola adalah mereka suka dengan hal apapun yang berkaitan dengan bola. Namun terkadang, jika kamu hanya memberikan informasi yang itu-itu saja bisa membuat mereka bosan. Itulah sebabnya pembacamu akan menyambut gembira konten-konten sepak bola di luar urusan lapangan.

5. Ramalan Awal Musim

sepak bola

Meskipun liga belum resmi dimulai bukan berarti nggak ada berita yang bisa kamu bahas. Justru banyak intrik menarik yang terjadi di awal musim yang bisa kamu olah. Salah satu yang isu panas yang pasti muncul adalah soal transfer pemain dan prediksi kinerja setiap tim di musim yang akan dimulai.

Kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan mengulas transfer pemain yang mungkin terjadi. Setelahnya, kamu pun bisa melakukan analisa bagaimana performa sebuah tim dengan materi yang mereka miliki. Kamu juga bisa membuat daftar pemain-pemain muda yang kamu ramalkan akan bersinar tahun ini. Meskipun tentu saja analisamu belum tentu benar, namun pecinta sepak bola sangat suka dengan analisa semacam itu. Dengan demand yang sedemikian besar, jangan sampai kamu sia-siakan!


Dengan jumlah pembaca yang sangat potensial, bukan berarti kamu lantas bisa seenaknya dalam mengelola blog sepak bola. Justru kamu harus sangat berhati-hati dan selektif dalam menyajikan konten, agar para pembaca mengakui bahwa informasi yang kamu berikan lebih berbobot dibanding sumber lainnya.

Dengan menghadirkan ulasan taktik yang didukung dengan statistik, blogmu akan dianggap sebagai sumber informasi yang kredibel. Apalagi kalau kamu bisa tetap netral, dan sesekali menghadirkan fakta unik yang mereka nggak tahu, tentu pembacamu akan semakin percaya dengan kontenmu. Kalau kamu bisa secara konsisten menghadirkan itu, nggak butuh waktu lama sebelum akhirnya blogmu dijadikan referensi utama para penggila bola tanah air. Bravo!

Sumber: Honest Betting Review, Gamerlimit, MyBookie, Global Sport Development, Learning English, Polecims Report.

Related Posts

Site Menu