bloger-kuliner-fitur2

8 Bloger Kuliner Nusantara yang Bisa Bikin Kita Ikutan Ngiler

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Enaknya makan di mana nih buat hangout? Mana ya tempat yang makanannya bisa bikin ngiler dengan suasana yang bisa bikin kita betah berlama-lama di sana? Itu adalah salah satu pembicaraan yang selalu melibatkan saya dan teman-teman sebelum memilih tempat makan. Biasanya, setelah 30 menit perdebatan kuliner tanpa arah, kami berakhir pergi ke suatu tempat makan yang sudah ratusan kali kami kunjungi. Padahal, kekonyolan itu bisa dihindari kalau kami ngecek ulasan para bloger kuliner yang selalu rutin membahas segala jenis restoran di tanah air.

Tidak hanya membicarakan soal makanan melulu, sudah banyak bloger kuliner yang juga membicarakan nuansa lokasi dan juga pengalaman makan secara lengkap dalam ulasan mereka. Ditambah dengan foto-foto yang meyakinkan, bloger kuliner adalah jawaban atas kegalauan netizen dalam mencari tempat makan baru.

Kurasi Bloger Kuliner Nusantara yang Berhasil Membuat Kita Ingin Ikutan Ingin Makan Juga

Berikut adalah daftar bloger kuliner yang paling sukses dalam memberikan ulasan hingga menggugah selera pembacanya pula.

1. Aline Chandra – FOOLOSOPHY

bloger-kuliner-2

Aline Chandra, si tukang makan, menyajikan ulasan restoran dan kafe selayaknya sebuah cerita kronologis. Ia memulai dengan gambaran yang selalu kita lihat ketika pertama kali memasuki suatu tempat makan‒seperti apa dekorasi, tata ruang, dan suasananya. Foto-foto mendetail akan interior juga disertakan Aline agar kita para pembaca memiliki gambaran visual yang nyata.

Terkadang, beberapa artikel ulasan dari Aline diikuti dengan laporan mengenai cara masak di restoran tersebut. Namun, satu hal yang pasti, puncak dari cerita makan Aline adalah first hand account yang personal mengenai pengalamannya dalam menyantap hidangan. Meskipun, pada awalnya, blog FOOLOSOPHY membahas segala jenis hal‒mulai dari cerita pribadi hingga resep makanan‒, saat ini Aline tampak konsisten dengan format ulasan makanan tersebut.

2. Cindy & June – LULABYSPOON

blogger kuliner 3

LULABYSPOON merupakan hasil kolaborasi dari Cindy yang berperan sebagai fotografer dan June sebagai penulis ulasan kulinernya. Dari berbagai post dalam blog mereka, bisa terlihat bahwa mereka memiliki gaya yang berfokus pada foto-foto hidangan dari berbagai angle dan juga ulasan ringkas yang menyertakan harga hidangan.

Secara sekilas, LULABYSPOON tampak membahas berbagai jenis makanan khas mancanegara di Jakarta. Namun, blog ini juga memiliki ulasan mengenai restoran-restoran di Bali, Malang, dan juga Bandung.

3. Daisy Caroline & Yu Kato – Food Escape

bloger-kuliner-4

Seperti yang dijelaskan pada halaman FAQ Food Escape, Daisy dan Yu memilih untuk memusatkan ulasan mereka pada pelayanan yang diberikan oleh pihak restoran. Duo bloger kuliner yang seringkali menulis dalam bahasa Inggris ini mengatakan:

A good restaurant will satisfy our bellies, but the best restaurant will also give the memorable great feeling that makes us want to come back.

Memang benar, pengalaman makan dapat dengan mudah menjadi rusak hanya karena pelayanan yang kurang baik. Mulai dari menunggu terlalu lama, hingga pelayan yang kurang sopan. Bahkan bila kamu termasuk orang yang penyabar, suasana hati teman-temanmu yang memburuk karena pelayanan lamban tetap akan mengacaukan acara makan-makanmu.

Oleh karena itu, Food Escape bisa menjadi senjata utama bagi kamu yang mencari pengalaman makan sempurna di daerah Jakarta.

4. Eddy Suryadi & Shelmi Setiawan – The Hooman Being

bloger-kuliner-5

The Hooman Being merupakan hasil kolaborasi antara dua bloger kuliner, Shelmi Setiawan (pemilik blog The Delicacies Journal) dan Eddy Suryadi (pemilik blog Eshtravaganza). Dari segi ulasan makanan, The Hooman Being melakukan pendekatan konservatif yang efisien. Mereka menjelaskan restoran tempat mereka makan dan secara sistematis mengulas hidangan demi hidangan yang mereka nikmati.

Untuk potret hidangan, duo satu ini menggunakan cara yang cukup unik. Alih-alih mengandalkan pencahayaan dan nuansa foto yang cerah, mereka membuat foto hidangan yang terlihat lebih menggoda dengan memperkuat kontras warna dan bayangan.

5. Ellyna Tjohnardi – Culinary Bonanza

bloger-kuliner-6

Melalui blog kulinernya, Culinary Bonanza, Ellyna Tjohnardi berusaha menggambarkan dunia kuliner dalam warna yang positif. Secara jelas, Ellyna mengatakan dalam blognya bahwa ia hanya akan mengabadikan pengalaman menyenangkan dalam blognya karena ia tidak ingin melukai usaha kuliner secara tidak sengaja dengan ulasan negatif.

I only share the positive experiences of any place or food to my readers.

Sebagai seorang bloger kuliner yang hobi travel, tidak heran kalau kamu menemukan berbagai ulasan restoran dari luar negeri dalam Culinary Bonanza. Satu fakta yang cukup mengejutkan, hanya dengan bermodalkan kamera digital, Ellyna berhasil membangun blognya hingga mencapai lebih dari 2,4 juta views.

6. Hans Danial – Eat and Treats

bloger-kuliner-7

Hans Danial adalah salah satu bloger yang tampaknya sudah mengetahui arah blog mereka dari awal dan mengikutinya secara konsisten. Dari posting awal blognya di bulan Oktober 2012, sudah dapat terlihat tema kuliner yang pekat. Saat ini, Hans Danial sudah menulis 780 artikel di blog kulinernya.

Berkat pengalaman dan sekaligus kecintaannya di bidang kuliner, Hans cenderung memberikan rekomendasi makanan secara personal. Dia tidak takut dalam menyuruh para pembacanya untuk memesan menu tertentu yang ia anggap paling recommended dalam restoran tersebut. Selain foto-foto rapi yang menunjukkan variasi menu, komentar Hans mengenai bahan dan cara masak hidangan tersebut memberikan nuansa segar yang membuat pembaca jadi ikut tergoda.

7. Jiewa Viery – INIJIE

bloger-kuliner-8

Sebagai seorang bloger kuliner, blog milik Jiewa Viery dapat dikatakan cukup gado-gado. Tidak hanya mengenai ulasan tempat makan, Inijie juga dipenuhi dengan berbagai post mengenai workshop dan seminat fotografi, aksesoris pria, dan bahkan mengenai hobi (di luar makan).

Bahkan, ketika membicarakan hidangan pun, Jiewa juga tetap melakukan posting dalam range yang cukup luas. Mulai dari restoran yang terkesan fancy dan cozy untuk anak muda, hingga nasi babat gerobakan dan juga berbagai hidangan yang dipesan lewat GO-FOOD. Meskipun punya selera yang variatif, Jiewa selalu menunjukkan konsistensi dalam memberikan foto-foto yang terkesan bersih dan sudah diatur sedemikian rupa hingga tampak profesional.

8. Julia Veronica dan Marius Tjenderasa – AnakJajan

bloger-kuliner-9

Rasanya akan kurang bila kita membicarakan bloger kuliner, tanpa memasukkan AnakJajan. Blog kuliner satu ini dipelopori dan diorganisir oleh pasangan suami-isteri, Marius Tjenderasa dan Julia Veronica.

Dari segi fotografi, hidangan yang diabadikan oleh pasangan ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Cara mereka menampilkan foto hidangan lengkap dengan kilau minyak dan saus dijamin membuat para pembaca merasa tiba-tiba lapar.

Namun, di luar keindahan foto-fotonya, hal yang cukup mencolok dari blog AnakJajan adalah kurasi artikelnya yang teratur. Dengan mengkategorikan setiap ulasan berdasarkan lokasi dan juga jenis tempat makannya, pembaca dapat dengan mudah mencari rekomendasi tempat makan yang relevan dengan kebutuhan mereka.


Itu dia daftar bloger kuliner yang sukses dalam menghadirkan ulasan-ulasan yang menggiurkan berdasarkan kisah unik mereka. Bila menurut kalian ada bloger kuliner yang rasanya terlupakan, jangan sungkan-sungkan untuk mengungkapkannya dalam comment section di bawah!

Sumber gambar: Foolosophy, Foolosophy, LULABYSPOON, The Food Escape, The Hooman Being, ellynatjohnardi, @STANISLAUSHANS, Inijie, Anakjajan.

Related Posts

 
Site Menu