Mau Ikut Berpartisipasi Menyukseskan Asian Games 2018 sebagai Blogger? Yuk Lakukan 4 Hal Ini!

Saat ini, Asian Games 2018 sedang berlangsung dengan negara kita tercinta sebagai tuan rumahnya. Pagelaran olah raga terbesar di Asia yang dilangsungkan di Jakarta dan Palembang ini sukses menyedot perhatian banyak orang. Enggak heran, berbagai media pun berlomba-lomba untuk meliput dan membuat konten berkaitan dengan Asian Games 2018.

Sebagai blogger, kamu pun enggak boleh ketinggalan untuk ikut memeriahkan Asian Games. Selain untuk berpartisipasi menyukseskan acara ini, tren positif Asian Games ini bisa mendatangkan banyak pembaca untuk blogmu.

Tertarik namun bingung harus menulis apa? Yuk simak 4 cara blogger bisa ikut berpartisipasi di Asian Games 2018 ini:

1. Mengulas Pertandingan secara Up to Date

Ini adalah cara yang cukup mudah, kamu hanya perlu menyaksikan pertandingan dari cabang olah raga yang dilombakan, lalu menuliskan hasil pertandingannya. Akan lebih baik jika kamu berani menyertakan opini dan analisis singkatmu dalam tulisan tersebut. Enggak perlu takut dicap sok tahu. Bia bagaimanapun, itu adalah blogmu. Jadi, pembaca yang datang tentu ingin tahu bagaimana pendapatmu.

Untuk menyaksikan pertandingan, kamu bisa menggunakan layanan streaming gratis dari Vidio. Di sana, kamu bisa menyaksikan berbagai pertandingan Asian Games yang sedang berlangsung. Apabila kamu kebetulan tinggal di Jakarta atau Palembang, enggak ada salahnya juga kamu datang dan menonton langsung di venue.

Ajak teman atau keluargamu untuk membeli tiket dan menonton salah satu pertandingan. Asian Games adalah event 4 tahunan dan kebetulan tahun ini Indonesia jadi tuan rumah, pengalaman nonton langsung pasti akan seru dan menarik untuk diceritakan di blog!

2. Bahas Profil Atlet Indonesia

Indonesia mengirimkan 941 atlet untuk mewakili negara di Asian Games 2018 ini. Jumlah ini adalah jumlah terbanyak apabila dibandingkan dengan negara-negara lain. Fakta ini menarik untuk kamu ulas lebih jauh.

Kamu bisa melakukan riset soal atlet-atlet mana saja yang berpotensi juara. Selain itu, cari tahu juga atlet yang menarik atau menjadi idola masyarakat Indonesia. Setelah menemukan beberapa nama, ulik lebih jauh tentang mereka dan tulis sebuah artikel lengkap tentang atlet tersebut. Dijamin pembaca akan berbondong-bondong mengunjungi blogmu.

Baca juga: Memadukan Kisah Perjalanan dengan Fotografi ala Traveler

3. Ceritakan Sejarah Asian Games

Asian Games 2018 bukanlah yang pertama kali diselenggarakan. Event ini diselenggarakan pertama kali pada tahun 1951. Tahun ini adalah edisi Asian Games yang ke-18. Artinya, ada banyak sejarah yang bisa kamu gali dan tuliskan.

Coba cari fakta-fakta unik dari Asian Games sebelumnya. Fakta-fakta semacam itu sangat digemari oleh pembaca, apalagi jika fakta tersebut berkaitan dengan atlet-atlet Indonesia. Mengulas sejarah Asian Games juga berpotensi menjadi artikel evergreen yang tetap ramai pembaca hingga beberapa waktu mendatang.

4. Soroti Hal-hal di Luar Lapangan

Meskipun Asian Games 2018 adalah perhelatan olah raga, namun bukan berarti kamu harus terfokus pada pertandingan yang terjadi di lapangan. Sebagai blogger, kamu harus cermat menemukan sudut pandang yang menarik, termasuk mengulas hal-hal yang terjadi di luar lapangan.

Ada begitu banyak yang bisa kamu sorot dari perhelatan akbar ini. Contohnya, kamu bisa mengulas soal bagaimana sistem kebersihan yang diterapkan untuk menjaga venue tetap bersih dan rapi.

Selain itu, kamu juga bisa membahas soal maskot-maskot yang digunakan, proses persiapan infrastruktur untuk menyambut Asian Games 2018, atau semarak euforia warga Indonesia menyambut acara ini. Intinya, kamu harus jeli melihat peluang cerita yang bisa kamu tulis di blogmu.


Sebagai blogger, kamu harus peka terhadap tren-tren yang bisa berdampak positif pada blogmu, salah satunya adalah Asian Games ini. Melihat tingginya antusiasme masyarakat, kamu bisa memanfaatkannya dengan menghadirkan konten informatif untuk memenuhi rasa ingin tahu mereka. Jika kamu cermat, artikelmu bisa menyedot belasan ribu pembaca setiap harinya.

Selain itu, menuliskan artikel tentang Asian Games 2018 adalah bentuk partisipasimu sebagai warga dari tuan rumah penyelenggara. Meskipun kamu bukanlah anggota panitia acara, bukan berarti kamu lantas enggak bertanggung jawab untuk ikut membantu. Kalau acara 4 tahunan ini sukses dan artikelmu pun dibaca banyak orang, kamu pun bisa berbangga hati karena telah memberi manfaat pada blog maupun Indonesia.

Sumber gambar: Jujitsu.id, Asian Games2018, Tribun PAlembang, Fajar.

Related Posts

Site Menu