7 Blogger Keren Indonesia yang Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar

Indonesia memilik begitu banyak blogger aktif hari ini, pada tahun 2017 lalu saja diperkirakan ada 3 juta blogger yang berasal dari Indonesia. Dengan jumlah yang sedemikian banyak, kadang membuat kamu kesulitan untuk mencari blogger dengan konten emas yang layak untuk disimak. Banyak blog-blog keren yang tersembunyi di tengah jutaan blogger lainnya. Padahal, dengan pilihan topik dan pasar yang sangat beragam, Indonesia memiliki banyak blogger dan content creator yang potensial.

C2live mencoba berkeliling ke ratusan blog yang dikelola oleg orang Indonesia untuk menghimpun beberapa nama blogger yang dirasa unik dan memiliki konten berkualitas. Siapa saja mereka? Yuk simak di bawah!

1. Darmawan

Sebagai blogger, kamu tentu ingin mengenal seluk beluk internet marketing, dan rasanya nggak ada blog yang lebih cocok untuk jadi bahan belajarmu selain PanduanIM. PanduanIM digagas oleh Darmawan, dan sukses menjadi salah satu blog yang menjadi referensi banyak blogger lainnya.

Dengan konten yang berbobot, blog PanduanIM memberikan sajian informasi yang sangat bermanfaat. Berbagai panduan dan teknik seperti affiliate marketing, SEO, penulisan konten, strategi promosi, dan strategi internet marketing lainnya sering dibahas tuntas.
Meski artikelnya cukup panjang, namun gaya penulisannya mudah dipahami dan nggak membosankan untuk dibaca. Itulah sebabnya blog ini menjadi idola di mata blogger baru yang memang baru berkenalan dengan dunia internet marketing.

Karena kualitas kontennya benar-benar jauh di atas rata-rata, wajar saja jika hampir semua artikel di blog Panduan IM selalu muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google.

2. Firsta Yunida

Berawal dari kecintaannya terhadap dunia traveling, Firsta Yundia akhirnya mendirikan blog Discover Your Indonesia. Berbeda dengan travel blog kebanyakan, Firsta memilih untuk berfokus menjelajahi Indonesia. Ia sudah pernah mengunjungi berbagai pelosok nusantara dan berkenalan dengan berbagai kearifan lokal di sana.

Dengan blognya itu, ia juga berharap bisa membantu lebih banyak orang untuk mengenali pesona Indonesia. Itulah sebabnya mayoritas tulisannya menggunakan Bahasa Inggris. Ia ingin bisa memberikan informasi dan membuat para wisatawan mancanegara penasaran untuk singgah ke Indonesia. Bahkan, berkaca pada traffic pengunjung blognya dan potensi wisata Indonesa yang ada, Firsta pun mulai merambah ke bisnis konsultasi travel untuk beberapa wilayah di Jawa. Sebuah ide monetisasi yang kreatif dan layak ditiru!

Baca juga: 5 Pilihan Profesi yang Bisa Berawal dari Blogger

3. Iwan Banaran

Otomotif adalah sebuah niche yang memiliki potensi dan pasar yang besar, namun belum banyak blogger yang memanfaatkannya. Peluang itulah yang dimanfaatkan oleh Iwan Banaran. Ia memutuskan nggak hanya menekuni hobi otomotifnya saja, tapi juga membagikan ilmu dan wawasannya lewat sebuah blog yang ia kelola.

Gaya tulisannya terkesan bebas, santai dan sangat personal. Nggak banyak keyword-keyword tertentu jadi ulasan yang ditulis pun terasa lebih genuine. Review dan pandangan yang jujur dan apa adanya inilah yang mungkin membuat blog Iwan disukai sesama pecinta otomotif.

4. Agus Mulyadi

Pria asal kota Magelang ini memiliki blog dengan konten yang sangat antimainstream. Gaya bahasanya yang fresh, ceplas-ceplos dan terkadang sedikit vulgar sukses membuat banyak pembaca terhibur. Kemampuan mengolah konten dengan gaya bahasa yang orisinil inilah yang membuat sosok Agus Mulyadi dianggap cukup inspiratif bagi banyak blogger muda.

Ia juga tanpa ragu menggunakan bahasa Jawa dalam beberapa post-nya untuk mempertegas identitas yang ia punya. Selain hobi menulis di blog, Agus juga aktif menjadi redaktur di salah satu media online besar di Indonesia.

5. Vatih

Nama ini mungkin belum banyak didengar oleh kalangan blogger, padahal konten blognya cukup informatif dan bermanfaat bagi mereka yang ingin belajar agama dan juga internet marketing. Kombinasi yang unik kan?

Vatih memang seorang Ustadz sekaligus pengurus dari pesantren Sintesa. Selain menekankan nilai-nilai keagamaan, para santri di pesantren tersebut pun dibekali ilmu-ilmu internet marketing yang sangat bermanfaat dan mampu menghasilkan uang. Harapannya, Sintesa bisa memberikan pengaruh positif bagi anak-anak muda Indonesia untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari segi akhlak dan ekonominya. Dengan fakta ini saja, rasanya sudah cukup untuk memasukkan nama Vatih sebagai salah satu blogger dengan dampak positif yang layak ditiru.

6. Abduraafi Andrian

Indonesia sebenarnya mempunyai jumlah pembaca buku yang lumayan banyak, nggak heran kalau pameran buku dalam berbagai skala selalu ramai didatangi pengunjung. Sayangnya, nggak terlalu banyak blog yang memfokuskan diri mengulas buku-buku baik rilisan dalam maupun luar negeri. Kalau kamu kebetulan penyuka buku dan suka mencari ulasan atau rekomendasi bacaan yang oke, mampir aja ke blog milik Abduraafi Andrian.

Blog yang ia kelola rutin membahas berbagai buku dari dalam maupun luar negeri. Setiap buku ia ulas dengan lengkap, tapi tetap nyaman untuk dibaca. Blog ini pun cukup aktif dalam menghadirkan konten baru, sehingga sangat cocok untukmu yang emang hobi banget baca dan selalu butuh rekomendasi baru.

Baca juga: Kisah Amir Karimuddin, dari Blogger menjadi Editor-in-Chief

7. Romi Satrio Wahono

Romi Satrio Wahono ini merupakan pemilik IlmuKomputer.com yang membahas seputar komputer dan tutorial IT lainnya. Bahkan, Romi juga membuka kelas training khusus bagi mereka yang ingin belajar komputer secara lebih serius.

Blog penyedia konten pembelajaran komputer ini sepertinya memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang masih gaptek dan awam dengan komputer. Blog yang ia kelola juga sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang ingin menyimak pembahasan IT dari blog ini, karena informasinya benar-benar lengkap, kredibel, dan mudah dicerna.


Itu tadi beberapa nama yang layak untuk kamu kenal dan kamu kunjungi blognya. Mereka adalah contoh blogger yang sukses mengembangkan konten dengan niche tertentu, dan terus konsisten memperdalam bahasan mereka. Dua prinsip itu yang bisa membuat mereka selalu menghadirkan konten berkualitas sesuai kebutuhan pembaca.

Dengan masih banyaknya blogger-blogger Indonesia di luar sana, C2live akan terus mencari blogger-blogger unik dan berkualitas lainnya. Dengan harapan langkah ini bisa menjadi apresiasi bagi mereka untuk terus berkarya, serta bisa jadi inspirasi dan motivasi untuk blogger lainnya agar nggak bosan berkarya. Jadi kamu harus terus bersemangat mengembangkan blogmu. Siapa tahu, blogmu bisa masuk ke daftar kami berikutnya!

Sumber: Discover Your Indonesia, PanduanIM, Discover Your Indonesia, Iwan Banaran, Agus Mulyadi, Vatih, Indonesia Kreatif

Related Posts

Site Menu