influencer indonesia

4 Keunggulan Blogger yang Tidak Dimiliki Influencer Lain

Gilang is a young Indonesian Content Writer. He has huge interest to social issues, digital marketing, and pop cultures.

Seiring terus berkembangnya industri digital, lahir pula sebuah profesi yang disebut dengan influencer. Influencer adalah sebutan bagi orang-orang yang memiliki presence atau pengaruh yang kuat di ranah digital. Platform-nya pun beragam. Bisa mencakup blog, Twitter, Instagram, atau bahkan YouTube.

Di Indonesia sendiri, sudah cukup banyak influencer yang lahir dengan tema bahasan yang beragam. Pertanyaannya, bagaimana kamu sebagai blogger perlu memposisikan diri di tengah banyaknya influencer Indonesia yang ada? Apa keunggulan blogger dibanding influencer jenis lain?

Untuk mengetahui jawabannya, mari simak ulasan berikut:

Menguasai Mesin Pencari

influencer indonesia

Jika kamu sedang ingin mencari informasi tentang sesuatu, hal apa yang akan kamu lakukan? Tentu saja, mencari informasi tersebut di Google akan terbesit di kepalamu. Google memang menawarkan kemudahan dan juga kualitas informasi yang cukup kredibel. Tidak heran, peran mesin pencari ini sulit tergantikan di kehidupan masyarakat zaman sekarang.

Di sisi lain, tentu sangat jarang ada yang mengetikkan “review mobil Avanza” atau “tips traveling murah” di kolom pencarian Instagram. Informasi-informasi tersebut lumrahnya dicari menggunakan mesin pencari seperti Google. Hal ini tentu merupakan hal positif bagi para blogger, karena memang di sanalah blogger berkuasa, dan tidak terganggu oleh influencer-influencer dari media lain.

Artikel yang mereka tulis akan diindeks oleh Google untuk ditampilkan pada pembaca. Inilah keunggulan yang sulit dicapai oleh para influencer dari media lain seperti Instagram atau Twitter, karena memang foto atau tweet mereka tidak terindeks oleh Google, sehingga tidak muncul di hasil pencarian.

Meskipun tidak terganggu oleh influencer lain, bukan berarti persaingan akan menjadi mudah. Sebab, jumlah blogger sendiri tidaklah sedikit. Kamu harus memastikan kualitas artikelmu cukup informatif dan bermanfaat, agar blogmu bisa bersaing dengan artikel blogger lain.

Lebih Dipercaya dengan Ulasan yang Mendalam

influencer indonesia

Dalam teori pemasaran, ada prinsip yang dikenal dengan nama AIDA, yaitu awareness, interest, desire, action.

Blogger dan influencer Instagram memiliki peran yang berbeda. Influencer Instagram efektif untuk tahap awareness dan interest. Sementara tahap desire dan action lebih efektif bagi blogger.

Mudahnya, seseorang tidak akan membeli sebuah smartphone terbaru hanya karena ia melihat seorang influencer Instagram mempromosikan produk tersebut. Ia hanya akan mengenal dan mengetahui brand dan produk tersebut.

Apabila ia ingin membeli smartphone tersebut, tentu ia akan mencari lebih jauh tentang spesifikasinya ulasan pengguna, hingga keunggulannya dibanding smartphone lain. Informasi ini biasanya mereka temukan dari artikel di internet, salah satunya tentu artikel blog.

Baca juga: 5 Blog Olahraga Indonesia yang Populer

Bukan Hanya Buzz Sesaat

Inilah alasan yang juga membedakan blogger dengan influencer lain. Berbeda dengan hasil pencarian Google, linimasa media sosial terus berganti setiap menitnya. Itu artinya, post seorang influencer akan mudah tertimbun oleh post-post lain. Masa tayang mereka sangat singkat sebelum akhirnya hilang dari linimasa.

Sebaliknya, apabila artikelmu sudah terindeks Google, artikelmu bisa terus tayang di hasil pencarian selama mungkin. Bahkan, kamu bisa meng-update artikel tersebut agar bisa terus relevan seiring waktu. Pembaca pun akan terus berdatangan meskipun artikelmu sudah berumur lebih dari 2 tahun.

Ini tentu merupakan daya tarik yang unik, yang membedakan blogger dengan influencer kebanyakan. Sebagai blogger, kamu harus menyadari keunikan ini agar kamu bisa menjual blogmu dengan lebih cerdik pada pihak brand.

Mampu Sajikan Data yang Lebih Komprehensif

Hari ini, hampir semua brand mengambil keputusan berdasarkan angka dan data yang mendalam. Angka dan data itu bisa kamu berikan kepada brand. Mulai dari page views, impressions, click-through rate, waktu kunjung, durasi baca, hingga keyword apa saja yang paling banyak mendatangkan pembaca.

Semua data itu bisa kamu akses via Google Analytics dan Google Search Console. Kelengkapan data inilah yang sulit dilakukan oleh influencer dari platform Instagram atau Twitter, yang biasanya data hanya sebatas jumlah impressions dan engagement saja.

Apalagi kalau kamu bisa mampu membantu mengolah data tersebut menjadi beberapa insight atau rekomendasi yang berguna bagi brand, tentu kamu akan semakin memiliki value yang tinggi di mata brand.


Membaca ulasan di atas, kamu tentu menyadari apa yang menjadi kelebihan blogger dibanding influencer dari platform lain. Untuk itu pastikan kamu memanfaatkan kelebihan itu dengan menerapkan:

  • Terus berlatih menulis artikel ulasan yang mendalam dan kredibel
  • Menerapkan strategi SEO agar blogmu terindeks dengan baik oleh Google
  • Menyesuaikan angle penulisan yang sesuai untuk tahap desire dan action
  • Berusaha menghasilkan konten yang evergreen
  • Menguasai Google Analytics dan Google Search Console.

Jika kamu mampu memanfaatkan keuntungan blogger dan menerapkan beberapa tips di atas, niscaya kamu akan sulit tergantikan oleh platform lain. Apalagi jika semua itu didukung dengan gaya bahasamu yang luwes dan karakter personal-mu yang supel namun bisa diandalkan. Bisa dipatikan, brand akan terus berdatangan, dan bahkan betah bekerja sama denganmu secara berulang.

Happy blogging!

Sumber gambar: B&T, Make Use Of, ANC Movers, Cygnet.

Related Posts

 
Site Menu